Tips Merawat Ban Motor Dengan Benar Agar Selalu Awet

Merawat Ban Motor Tetap Awet – Ban motor merupakan bagian vital pada kendaraan, berfungsi sebagai penopang peredam segala jenis getaran yang terjadi dari jalanan dan sebagai penahan beban berat motor. Karena memiliki fungsi yang penting maka sobat perlu memahami cara dan tips bagaimana merawat ban motor kesayangan agar tidak cepat rusak dan membahayakan pengemudi ketika di jalan, serta agar ban motor dapat selalu awet dan tidak retak.

Salah satu tips agar ban motor awet adalah jangan sampai bobot berat kendaraan berlebihan, karena fungsi ban motor yang memiliki kapsitas bobot yang bisa di topang, maka sobat perlu memahami dengan betul agar tidak terjadi ban motor pecah karena bobot yang berlebihan. Saat ini banyak jenis ban yang dipakai pada sepeda motor, untuk motor keluaran terbaru biasa memakai ban tubeless karena dinilai lebih efisien dan awet serta memiliki keamanan yang lebih dari ban biasanya.

5 Cara Merawat Ban Motor Agar Awet dan Tidak Retak Yang Benar

tips merawat ban motor semin ban tubeless

1. Janganlah lupa cek tekanan angin ban motor dengan cara rutin

Mengecek tekanan angin ban motor ialah salah satu perihal penting yang telak wajib dicoba oleh para pengemudi saat sebelum berjalan. Tekanan angin yang cocok pasti saja hendak membuat ban motormu terpelihara dengan bagus. Tekanan angin yang sangat kokoh ataupun sangat lemah hendak membuat situasi ban motor jadi cepat rusak.

2. Jauhi memoles ban sangat sering

Janganlah sebab mau senantiasa nampak konclong, kalian menyemir( memoles) ban motor sangat kerap sampai hampir tiap hari. Dapat jadi, memoles ban sangat kerap hendak membuat situasi ban motor cepat berkurang serta rawan keausan. Buat melindungi kebersihannya, kalian lumayan mengusap ban motor dengan gesekan ringan serta simpel.

Baca Juga Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Tahan Lama

3. Cek pula alur ban dari batu, kotoran, antara ban serta velg

Bila digunakan di jalanan yang kurang lembut, ban motor umumnya hendak dihinggapi oleh batu serta kotoran yang menelusup masuk ke dalam antara ban. Batu serta kotoran itu umumnya masuk sempurna ke dalam alur ban ataupun antara antara ban serta velg. Buat melindungi supaya ban senantiasa abadi, bilas tiap batu serta kotoran yang melekat pada celah- celah kecil ban.

4. Metode meletakan posisi motor di parkiran

Tidak cuma melaksanakan pemeliharaan raga langsung pada kendaraan, kalian pula harus mengerti gimana menaruh posisi motor di dalam parkiran. Dikala terparkir, upayakan supaya memakai standar tengah supaya ban senantiasa pada posisi yang nyaman. Tidak cuma itu, menaruh motor di posisi yang tidak terjangkau matahari pula wajib kalian jalani buat melindungi keawetan ban motor.

5. Janganlah bawa beban sangat berat serta berlebihan

Nah, ini nih yang umumnya diabaikan oleh banyak pengendara dikala bawa motornya pergi rumah. Janganlah sekali- kali bawa bobot yang sangat berat serta kelewatan di atas motor sebab hendak mempengaruhi pada tekanan ban di bawahnya. Janganlah sebab mau melaksanakan kemampuan, kalian tidak mencermati situasi ban motor yang keunggulan beban.

Nah, sekarang udah pada faham kan cara merawat ban motor yang benar, jangan sampai membiarkan ban motor botak dan bisa menyebabkan kecelakaan apalagi ketika jalanan habis hujan dan licin. Segera ganti dengan ban yang baru ya sob, kenali ciri ciri ban motor yang perlu diganti juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.