Tips Merawat Rantai Motor Dengan Mudah Agar Awet

Merawat Rantai Motor – Salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor adalah rantai, fungsi rantai motor sebagai penerus putaran mesin ke gear roda belakang sehingga roda bisa berputar dan laju motor dapat berjalan.

Namun banyak pengendara yang lalai merawat dan membersihkan rantai motor ini sehingga ke awetan rantaipun tidak terjaga dengan baik, yuk cek tips cara mudah merawat rantai motor agar selalu awet dan tetap bersih.

Bentuk perawatan rantai motor misal dengan menggunakan pelumas rantai motor, ini menjadikan kinerja dan performa rantai motor tetap halus dan terhindar dari korosi atau karatan, jika rantai motor karatan maka bisa menyebabkan terjadinya putus rantai yang dapat menyebabkan bahaya yang fatal sampai kecelakaan.

5 Cara Merawat Rantai Motor Agar Tidak Berkarat dan Tetap Bersih Yang Awet

cara merawat rantai motor pembersih agar awet

1. Rajin memeriksa situasi rantai

Paling utama untuk motor yang kerap dipakai, memeriksa situasi rantai motor telak memanglah wajib dicoba. Bila dirasa telah terasa berkedut, lekas kencangkan bagian rantai motor supaya cocok dengan tekanan ban. Tetapi wajib diketahui, janganlah mengencangkan rantai motor sangat kokoh sebab hendak membuat laju motor tersendat serta rawan musibah.

2. Cek fisik rantai sampai bagian terdetail

Ingat senantiasa betul, jalani lihat raga dengan cara teratur pada bagian- bagian motor( tercantum rantai) sampai bagian- bagian terdalam. Dengan mengeceknya dengan cara terperinci, kalian hendak ketahui terdapat sebagian barang kecil serta lembut yang umumnya terlekat di bagian dalam rantai motor. Lepaskan serta bilas senantiasa rantai motor dari barang- barang kecil yang nyangkut dikala dipakai di jalan raya.

Baca Juga Cek 5 Cara Membersihkan Rantai Motor Mudah

3. Potong rantai satu kali saja bila telah sangat kendur

Bila dirasa rantai motor telah sangat kendur, potong biji rantai lumayan satu kali buat mengimbangi arah putaran gear. Bila tidak dapat melaksanakannya sendiri, jalani pemotongan di bengkel- bengkel terpercaya supaya situasi motor senantiasa prima.

Terlebih bila pengetahuan kalian mengenai otomotif terbatas, hingga membawanya ke bengkel ialah salah satu metode efisien buat membuat motormu senantiasa terpelihara.

4. Teratur membersihkan dengan pelumas spesial rantai

Tidak hanya mensterilkan langsung rantai motor, kalian pula butuh melumasi dataran rantai motor dengan pelumas spesial rantai. Buat melindungi keawetannya, janganlah sekali- kali memakai oli sisa buat melumasi permukaan rantai. Melumasi rantai motor dengan pelumas spesial hendak membuat situasi motor senantiasa aman dipakai.

5. Senantiasa maanfaatkan rantai serta gear asli dari pabrikannya

Bila betul- betul telah akut, lekas ganti rantai serta gear motor supaya tidak mengganggu bagian- bagian motor yang lain. Satu yang wajib dicermati, maanfaatkan gear serta rantai motor yang asli supaya mutu motor dapat terpelihara dengan bagus. Keamanan berkendara ditopang oleh situasi bagian- bagian motor yang prima serta anti abal- abal.

Nah, sudah pada faham kan betapa pentingnya keberadaan rantai motor untuk kendaraan, jangan sampai sobat malas membersihkan dan merawatnya dengan berkala ya karena akan berisiko fatal lho. Gunakan selalu pelumas rantai motor terbaik agar selalu memiliki umur yang panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.