Cara Mudah Merawat Ban Motor Agar Tahan Lama

Merawat Ban Motor Agar Awet – Ban motor merupakan komponen penting, dan termasuk elemen vital untuk kendaraan, sebab ban berfungsi sebagai penopang beban berat kendaraan dan komponen yang langsung bergesekan dengan jalanan, oleh karena itu mengetahui cara merawat ban yang benar akan memberikan umur ban tahan lama dan tidak cepat aus, yuk intip tips mudah nya dibawah ini.

Fungsi ban motor selain menjadi penompang bobot kendaraan, juga berfungsi sebagai parameter kenyaman dan keselamatan berkendara, jika ban motor kurang tekanangan angin atau kempes pasti tidak nyaman dikendarai bukan? Dan itu juga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan karena keseimbangan motor terganggu.

Banyak jenis ban sekarang ini, salah satunya jenis ban tubeless yang memiliki ketahanan dan fungsi melebihi ban biasa, salah satu cara merawat ban motor agar tidak retak adalah dengan menjaga kecepatan guna menghindari rem mendadak, dan menghindari jalanan rusak serta cek berkala benda atau batu yang menempel pada ban ya sob, congkel aja batu mah jangan dibiarkan sampai merobek karet ban.

5 Tips Cara Merawat Ban Motor Biar Awet Yang Benar

cara merawat ban motor agar awer tubeless

1. Teratur cek tekanan hawa ban

Perihal awal yang bisa kamu jalani merupakan dengan mengecek tekanan hawa ban dengan cara teratur. Pada dikala pengecekan, yakinkan kalau tekanan ban tidak kurang serta lebih dari 29 ataupun 30 Psi betul guys.

Alasannya, tekanan angin sebesar itu amat sempurna sekali paling utama buat motor bebek.

2. Jalani isi angin dengan gas nitrogen

Berikutnya bisa kamu coba jalani merupakan memuat angin ban dengan gas nitrogen. Dengan memuat angin ban dengan nitrogen tidak hanya bisa membuat ban jadi lebih abadi serta kuat lama.

Tahap itu pula membuat kalian jadi lebih nyaman pada dikala berkendara. Karena, dikala maju ban lebih normal serta energi cengkram di aspal lebih kokoh.

3. Jaga kecepatan dan jauhi pengereman mendadak

Perihal ini butuh sekali buat kamu lakukan guys. Dengan melindungi kecekatan dikala berkendara pastinya bisa meminimalisir terbentuknya pengereman tiba- tiba. Walhasil, ban juga tidak cepat dahaga serta membuat ban jadi lebih kuat lama.

Tidak hanya itu, khasiat lain berkendara dengan melindungi kecekatan nyatanya pula akan tingkatkan keamanan bukan.

4. Janganlah parkir motor di tempat terbuka

Jauhi parkir motor pada zona yang terbuka terlebih pada dikala situasi amat panas ataupun amat. Perihal sangat terburuk yang dapat terjadi bila memarkir motor pada zona terbuka merupakan ban dapat saja meledak sebab tidak kuat kepada temperatur yang diperoleh.

Oleh karena itu kalian cuma butuh menyiasatinya dengan metode mencari parkiran atau tempat yang lumayan reda.

5. Bilas ban dari batu yang terselip

Tahap terakhir ini bisa jadi beberapa dari kita tidak sangat fokus pada perihal ini. Sementara itu, batu ataupun batu yang terdapat di ban dapat saja jadi momok menyeramkan loh. Karena kadang- kadang dapat saja mencabik ban kita. Untuk itu usahakan buat teratur membersihkan ban betul guys.

Tips sederhana untuk merawat ban dan menjaga nya agar selalu dalam perfoma yang maksimal, jika ban motor yang tidak dipakai dan terlalu sering di diamkan di rumah, usahakan ban motor jangan menempel langsung dengan lantai, untuk solusinya sobat bisa pakai standar dua atau alas seperti papan kayu. jika ban motor sudah mengalami kebotakan atau aus, segera lakukan pergantian dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.