Honda dan Yamaha Ternyata Pernah Kerjasama Membuat Motor Listrik | GAET.co.id

Honda dan Yamaha Ternyata Pernah Kerjasama Membuat Motor Listrik

Beginilah yang dinamakan persaingan yang sehat, ternyata bukan hanya sebagai kompetitor saja Honda dan Yamaha juga pernah berkolaborasi lho dalam sebuag proyek. Kolaborasi yang dilakukan adalah proyek pengadaan motor listrik bernama E-KIZUNA pada September 2017.

Proyek ini bertujuan untuk pengujian evaluasi terhadap perluasan penggunaan sepeda motor listrik khususnya di kota Saitama. Kerja sama antara 3 pihak yaitu Honda, Yamaha, dan kota Saitama ini untuk mempromosikan penyebaran kendaraan listrik.

Tujuan lain dari proyek ini adalah menyelesaikan masalah di daerah yang kurang aksesibilitas transportasi. Pengujian evaluasi proyek ini memanfaatkan teknologi listrik Honda dan Yamaha serta infrastruktur yang ada di Kota Saitama. Nah proyek ini menghasilkan sebuah motor listrik yaitu Yamaha E-Vino.

Sebelumnya, Honda dan Yamaha juga sempat menggarap sebuah motor skutik bermesin 50 cc bernama Yamaha Vino. Pada saat itu, sistematis proyek ini menggunakan sistem rental atau penyewaan. Ada satu pusat rental dan penukaran baterai yang berada di pintu keluar timur Stasiun Saitama-Shintoshin saat itu. Nah Yamaha E-Vino di pusat rental ini sendiri masuk ke dalam golongan Class 1.

Golongan ini adalah kategori kendaraan dua roda atau lebih dengan kapasitas total 50 cc atau kurang, plus motor listrik dengan tenaga 0,60 kW atau kurang. Honda dan Yamaha sendiri menyiapkan 30 unit Yamaha E-Vino di pusat rental tersebut.

Kedua pabrikan ini mengambil inisiatif agar lebih banyak pengendara dapat menjalani gaya hidup yang lebih memuaskan dengan sepeda motor listrik. Hingga sekarang, belum ada kabar kembali apakah Honda dan Yamaha akan bekerja sama lagi dalam menggarap motor listrik.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.