Cara Membuka Kunci Stang Motor Yang Terkunci

Gaet Otomotif – Para pemilik kendaraan bermotor pasti akan mengalami kendala teknis pada motornya tak terkecuali dengan masalah mesin dan hal kecil seperti kunci stang yang terkunci. Salah satunya adalah masalah kunci stang sepeda motor. Buka kunci stang sepeda motor yang terkunci macet di rumah. Pemilik tidak perlu buru-buru membawa kendaraannya ke toko untuk memperbaiki kunci kemudinya, yuk simak cara membuka kunci stang motor yang terkunci dengan mudah yang bisa dipraktekan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai.

Kerusakan kunci kemudi sering terjadi, terutama pada sepeda yang cukup tua dan perawatannya rendah. Kelihatannya seperti hal kecil, tetapi ketika kunci kemudi menjadi masalah, itu menjadi sangat mengganggu. Cara mengatasi dan penyebab kunci stang sepeda motor macet.

3 cara membuka kunci stang motor yang terkunci Dengan Mudah

cara membuka kunci stang motor yang terkunci

Untuk membuka kunci stang yang macet tanpa bantuan tukang kunci, Anda harus memilih bahan yang tepat dan berhati-hati. Perbaikan kunci kemudi yang salah justru dapat menyebabkan kunci putus dan tertinggal di lubang kunci.

1. pakai minyak goreng

Bahan pertama untuk membuka kunci stang motor yang tersumbat menggunakan minyak goreng yang bisa sobat temukan dikehidupan sehari-hari. Menggunakan minyak nabati untuk membuka kunci stang sepeda motor yang terkunci adalah yang paling mudah, karena bahan ini sangat umum di rumah tangga.Pilih minyak Anda. Pemilik sepeda motor

cukup menyiapkan oli dalam wadah dan mencelupkan ujung kunci inggris ke dalam minyak goreng. Masukkan dan lepaskan kunci beberapa kali hingga minyak merata di lubang kunci. Putar kunci secara perlahan hingga melompat ke tanda kunci on-off. Jika kunci masih tidak terbuka, ulangi proses ini.

2. Menggunakan Penetran Cair

Kunci kemudi yang macet biasanya disebabkan oleh kotoran di lubang kunci. Kotoran dapat dihilangkan dengan penetran cair seperti Rexco 50 atau WD40. Cairan ini dapat dibeli di bengkel atau toko perlengkapan sepeda motor dengan kisaran harga Rp 45-55.000.

Cairan ini dikemas dalam botol semprot dan sangat mudah diaplikasikan. Semprot lubang kunci yang tersumbat dengan cairan dan biarkan bekerja melalui cairan untuk menghilangkan kotoran. Masukkan kunci untuk menguji apakah kunci kemudi berfungsi. Jika kunci kemudi masih tidak berputar, ulangi prosesnya.

Baca Juga Mobil Toyota bZ4X Mulai Dipasarkan Di Jepang

3. Gunakan oli baru

Anda juga dapat menggunakan oli atau pelumas untuk membuka kunci setang sepeda motor Anda. Dengan cairan tersebut maka lubang kunci yang tersumbat akan dapat mudah dilumasi oleh cairan oli yang baru dan mengembalikan kondisi komponen menjadi normal kembali.

Oleskan oli atau oli pelumas pada kunci dan teteskan ke dalam lubang kunci. Biarkan beberapa saat agar oli benar-benar menembus lubang kunci. Masukkan kunci dan putar perlahan. Jika kunci kemudi masih tidak berputar, ulangi prosesnya sampai kunci kemudi bisa diputar dengan normal kembali.

Nah, jadi cara membuka kunci stang motor yang terkunci diatas bisa menjadi referensi sobat untuk mengatasi masalah ketika kunci motor utama sobat hilang atau tertinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.