Ternyata Ini Penyebab Kopling Mobil Tidak Berfungsi

Kopling Mobil Tidak Berfungsi – Apa sih Kopling mobil adalah salah satu materi penting dari bagian mobil. Keberadannya adalah untuk menjadi penghubung antara gigi transmisi dan poros engkol mobil. Sebagian besar pemilik mobil tidak mengetahui penyebab kopling mobil tidak berfungsi dan bagaimana cara mengatasinya. Berbagai perlakuan sepele, ternyata juga dapat menjadi penyebab tidak berfungsinya kopling. 

Ketidaknyamanan  timbul akibat tidak berfungsinya kopling mobil tidak baik, kemungkinan untuk menghambat perjalanan juga semakin tinggi. Apabila keadaan kopling  tidak berfungsi terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan kecelakaan di jalan.

Untuk itu, perlu diketahui penyebab dan cara penanganan ketika kopling mobil tidak berfungsi.

1. Paksaan Pengemudi

Terkadang kopling macet, keras, atau sulit diinjak ketika sedang digunakan untuk mengganti gigi. Kebanyakan pengemudi juga memaksakan kopling  macet tersebut untuk tetap berfungsi dengan kasar, spontan, dan dadakan. Akibatnya kemungkinan kopling untuk rusak dan berakibat pada bearing  akan membuat kopling tidak berfungsi.

Apabila suatu ketika kopling mobil sulit untuk diinjak, maka jangan memaksakan untuk menginjak kopling. Dapat dilakukan dengan menunggu terlebih dahulu atau menepi sebentar untuk melihat keadaan perangkat kopling. Selain itu, dapat diakali dengan menyetel ulang ke posisi bawaan kopling agar tidak terjadi slip.

2. Kampas Kopling

Kampas kopling  aus biasanya ditandai dengan kopling mobil tidak berfungsi, kemungkinan digunakan melewati medan curam atau dipakai terlalu lama. Tanda lainnya apabila kampas kopling aus adalah bau  menusuk hingga ke dalam kabin.

kopling mobil aus wajib ganti
gambar kopling mobil aus wajib ganti

Satu-satunya jalan untuk memperbaiki kampas kopling ini Sobat GAET wajib menggantinya yaa..

3. Kabel Kopling

Komponen satu ini memiliki andil besar dalam kinerja dan performa kopling, dalam melakukan pekerjaannya kabel kopling seharusnya dilapisi pelumas. Karena, apabila kabel tidak dilumasi dapat menyebabkan garing dan memperberat kopling dalam proses transmisi gigi.

Kegunaan cairan pelumas kabel kopling memengaruhi kinerja kopling dan menjadi penyebab jika kopling menjadi tidak berfungsi.

Tidak lupa untuk mengecek dan melumasi kabel kopling menggunakan pelumas adalah salah satu cara untuk mencegah hambatan kinerja kopling mobil. Hanya dengan melumuri kabel kopling menggunakan pelumas agar meminimalisir gesekan dengan sarung pembungkus.

4. Release Bearing dan Pilot Bearing

Sistem kerja release bearing dan pilot bearing sebenarnya saling bersinggungan, jadi beberapa tanda kerusakan pada keduanya hampir mirip. Tanda kerusakan pada release bearing adalah terasa berat ketika menginjak pedal kopling.

Sedangkan untuk pilot bearing sendiri memiliki tanda dengan kesulitan dan lebih keras ketika memindahkan gigi.

Tanda-tanda mengenai kerusakan  telah disampaikan sebelumnya pada release bearing dan pilot bearing, biasanya dirasakan ketika menginjak kopling. Selain itu apabila rusak, sebaiknya release bearing dan pilot bearing diganti dengan  baru karena menkut masalah keamanan mobil.

5. Kopling Blong

Apabila kopling terasa lembut atau lebih ringan dibanding biasanya, maka itu adalah tanda dari ketidakberfungsian kopling. Dapat terjadi apabila ada udara terjebak di sistem hidrolik atau kemungkinan kebocoran sistem hidrolik.

Pemeriksaan dibutuhkan apabila menemukan gejala kopling  lebih ringan ketika diinjak.

Hal  perlu diperiksa adalah kondisi minyak rem  digunakan oleh sistem hidrolik dan kebocoran pada selang dan silinder. Kemudian apabila telah diketahui, dapat menambahkan minyak rem agar ketidakberfungsian kopling tidak merambat ke rem. Dapat juga dengan memperbaiki kebocoran pada selang dan dilinder di bengkel.

Nah itu adalah beberapa penyebab, alasan, dan cara menangani ketika kopling mobil tidak berfungsi  perlu diperhatikan. Melalui hal tersebut dapat dilakukan pencegahan dan penanganan agar mobil tidak mengalami kerusakan lebih parah. Apabila masalah kopling  tidak berfungsi terus berlanjut, lebih baik untuk dibawa ke tenaga ahli atau bengkel terpercaya.

Baca Juga :  5 Cara Membersihkan Jok Mobil Beludru Tanpa Ribet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.