6 Cara Setting Motor Balap. Mudah dan Bisa dilakukan Sendiri! | GAET.co.id

6 Cara Setting Motor Balap. Mudah dan Bisa dilakukan Sendiri!

GAET Otomotif – Balap motor seringkali identik dengan hobi para anak muda dan kian menjadi buah perbincangan hangat di banyak tempat. Hobi ini sekarang  bisa dilakukan dengan cara setting motor balap menggunakan motor-motor standar  biasa. Sehingga membuat peminat hobi ini, bisa datang dari banyak kalangan pengguna berbagai jenis sepeda motor.

Rata-rata pemilik kendaraan sepeda motor standar melakukan setting motor tertentu untuk membuat kinerja sepeda motor meningkat atau dikenal dengan tune up.

Ketika hendak melakukan tune up maka perlu melewati beberapa cara modifikasi pada sejumlah komponen. Terutama pada sejumlah  komponen sepeda motor dengan peranan penting pada kinerja mesin di bawah ini:

Inilah 6 Cara Penyetelan Motor Balap dengan Mudah

1.  Memodifikasi Porting In dan Ex

Upaya memodifikasi porting in dan ek menjadi rekomendasi pertama cara setting motor balap termudah dan bisa dilakukan pemilik sepeda motor standar.

cara pengapian motor balap
ilustrasi cara pengapian motor balap

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas volumetric  melalui pengoptimalan aliran gas pada ruang bakar. Pengoptimalan aliran gas ruang bakar bisa memiliki dampak meningkatnya kinerja dan kecepatan mesin sepeda motor.

2.  Mengganti Standard Kompresi

Kedua, cara setting motor balap adalah dengan meningkatkan standar kompresi untuk mendapatkan performa sepeda motor balap.

Peningkatan kompresi rasio pada mesin ini bermanfaat untuk meningkatkan power mesin dan berdampak pada naiknya kecepatan sepeda motor.

Pada saat menaikan kompresi ada baiknya mempertimbangkan penggunaan jenis piston dan bahan bakar pada kendaraan bermotor.

Perlu untuk diingat bahwa dengan mengubah standar kompresi menimbulkan dampak baik dan buruk pada kendaraan bermotor.

Baiknya kompresi ini membuat sepeda motor memiliki power lebih tinggi sehingga bisa digunakan untuk keperluan balap.

Buruknya, selain dapat menjadikan mesin sepeda motor mengalami overheating juga berakibat pada engine break kasar dan lebih besar.

3.  Pembesaran Piston

Sudah menjadi rahasia umum, jika melakukan pembesaran piston merupakan cara setting motor balap penting dan harus dilakukan.

Besar kecilnya ukuran piston mempengaruhi pembakaran pada dapur pacu dan menjadi penentu cepat lambatnya kendaraan.

Piston dengan ukuran besar mampu menghasilkan pembakaran lebih besar dan tenaga hasil pembakaran dihasilkan lebih besar juga tentunya.

4.  Menyesuaikan Pir Klep dan Klep

Komponen ini memiliki fungsi penting dalam sistem pengaturan tenaga pada kendaraan sepeda motor dan harus diperhatikan saat melakukan tune up.

Terutama berkaitan dengan pengaturan keluar masuknya bahan bakar pada mesin sepeda motor. Penyesuaian jenis pir klep dan klep pada mesin setelah dilakukan setting balap akan mengoptimalkan kinerja mesin pasca tune up dilakukan.

5.  Memperbaiki Karburator

Karburator menjadi komponen penting dalam meningkatkan kinerja sepeda motor dan tidak boleh diabaikan pada saat melakukan tune up.

Terutama hal ini berkaitan dengan fungsinya sebagai sistem pengapian yaitu mencampur bahan bakar dan udara di ruang bakar.

Mengabaikan komponen ini pada saat melakukan tune up bisa berakibat fatal terutama pada keborosan.

6.  Pergunakan Pelumas Sesuai Kebutuhan

Pasca dilakukan tune up pada motor balap, biasanya tidak jarang terjadi overheating sebagai akibat oli atau pelumas mesin tidak sesuai atau spesifikasinya kurang.

Menggunakan jenis pelumas terbaik sangat disarankan pada motor settingan balap agar kinerjanya terjaga.

Lebih dari itu, penggantian pelumas secara rutin dan berkala sebaiknya dilakukan secara tepat.

Menjalani hobi seperti memodifikasi sepeda motor standar menjadi setting balap memang sebuah hal menyenangkan dan memberi kepuasan saat dilakukan. Penting kiranya untuk tetap diingat sebagai pelengkap cara setting motor balap di atas adalah kebijaksanaan. Bijaksana dalam melakukan tune up akan menghindarkan dari dampak buruk di kemudian hari.

 

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.