Tips Cara Setting Karbu Mio Biar Kenceng dan Efisien

Mio merupakan salah satu jenis motor matic favorit dan banyak digunakan sebagai motor bore up demi keperluan balap. Untuk membuat motor Mio standar diperlukan cara-cara untuk meningkatkan performanya, terutama pada bagian karbu.

Lazimnya setting karbu mio biar kenceng dan efisien dilakukan dengan mempertimbangkan range antara gas dan udara pada karbu.

Kali ini, secara khusus akan membahas mengenai tips untuk dapat memaksimalkan setting karbu agar bisa efisien apalagi tarikan gas makin enteng.

Meliputi cara untuk mensetting keluar masuknya pasokan bahan bakar gas ke dapur bakar mesin karbu.

Hingga cara pengaturan masuknya udara pada sekrup karbu untuk mendapatkan nilai idle ideal dan efisien, di antaranya sebagai berikut:

6 Cara Setting Karburator Motor Mio Supaya Optimal

1.  Mengadakan Alat Penyettingan

Cara setting karbu mio biar kenceng pertama dan paling penting adalah menyiapkan alat untuk melakukan setting karburator motor Mio.

Alat untuk menyetel karbu cukup sederhana, hanya obeng plus minus untuk menutup dan membuka sekrup.

Jika obeng sudah didapatkan, maka langkah untuk melakukan setting karbu Mio selanjutnya dapat dengan mudah dilakukan.

2.  Memposisikan Sepeda Motor

Persiapan setting karbu Mio biar kenceng berikutnya adalah dengan mengatur posisi sepeda motor dalam posisi menggunakan standar tengah.

Ini penting untuk dilakukan agar proses setting karbu sepeda motor Mio mudah dilakukan gan…

Posisi karbu berada di bawah sehingga lebih leluasa untuk dilakukan penyetelan saat sepeda pada posisi standar tengah atau ganda.

3.  Menghidupkan Motor

Kegiatan menghidupkan sepeda motor di awal merupakan hal penting saat melakukan setting karbu Mio biar kenceng dan efisien.

Penghidupan kendaraan ini memiliki fungsi utama untuk mengetahui kondisi kendaraan sebelum dilakukan penyetelan lebih lanjut.

Apabila sampai di sini tidak ditemukan masalah semisal brebet, maka bisa langsung lanjut untuk melakukan langkah berikutnya.

4.  Mengatur Sekrup Gas

Tahap keempat adalah melakukan pengaturan sekrup gas atau oleh banyak orang biasa juga dikenal sebagai sekrup langsam.

sekrup putaran angin karbu mio
gambar : 1. screw putaran angin, 2. screw putaran gas

Putar sekrup ini menggunakan obeng plus ke arah kanan atau mengikuti arah putaran jarum jam.

Sambil diputar sekira 1,5 putaran sambil digas untuk memastikan suara dari sepeda motor Mio dapat terdengar semakin keras.

5.  Pengaturan Sekrup Akses Udara

Sesudah mengatur sekrup gas, beralih pada pengaturan pada sekrup udara tempat akses udara masuk ke dalam dapur bakar.

Memutar sekrup menggunakan obeng minus ke arah jarum jam akan membuat udara masuk lebih besar dan suara motor mengecil.

Lalu putar balik ke posisi awal untuk mendapatkan suara sepeda motor Mio terkeras.

Umumnya motor Mio menggunakan karbu jenis vakum, memerlukan 2 ½ hingga 2,8 putaran saja.

Berbeda dengan jenis  lain semisal motor bebek, memerlukan putaran lebih sedikit dari 1 ½ putaran hingga 1,8 putaran cukup.

Setelahnya, kembali pada sekrup gas dengan cara memutar ke kiri untuk mendapatkan suara nyaring dan idle terbaik.

6.  Uji Coba Pasca Setting Dilakukan

Terakhir setelah menemukan ide terbaik dari karbu pasca pengaturan sekrup gas dan sekrup udara maka perlu untuk dilakukan uji coba.

Pentingnya uji coba ini diperlukan untuk meyakinkan bahwa setting karbu Mio telah berhasil. Jika masih ada kendala pada karbu Mio, maka mengulang penyetelan karbu kembali pada sekrup- sekrup harus dilakukan.

Bagaimanapun juga setiap jenis kendaraan bermotor memiliki tipikal berbeda tergantung kondisi dan pemakaian oleh pemiliknya. apalagi ketika sehari hari anda berkendaraa memakai mesin kendaraan mio bore up

Sebaiknya cara mudah setting karbu Mio biar kenceng dan efisien di atas disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sepeda motor. Selamat mencoba melakukan setting karbu hingga mendapatkan idle terbaik dari motor Mio kesayangan.

GAET Otomotif

Gaet.co.id | Gaet Otomotif Website peristiwa dan teknologi otomotif terlengkap Indonesia.Tips, modifikasi serta info terkini mengenai komponen dan aksesori kendaraan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.