Cek 5 Cara Membersihkan Rantai Motor Mudah

Membersihkan Rantai Motor – Rantai motor berfungsi sebagai penyambung antara mesin dan roda agar motor bisa berjalan dengan baik, jika rantai motor ini mengalami kendala atau bahkan putus karena kotor, maka performa motor pun akan kurang maksimal, rantai motor juga komponen yang rentan kotor, sobat perlu tau cara membersihkan dan mencuci rantai motor yang efisien agar selalu awet.

Banyak para biker yang tidak mengerti bagaimana cara mencuci rantai motor menggunkan pembersih rantai motor, bayangkan kotoran jalanan atau genangan air yang ada pada jalanan yang dilalui menempel dirantai dan mengering, jika tidak dibersihkan dengan sunlight atau pembersih lainnya maka bisa menyebabkan rantai motor karatan.

Sebenarnya merawat rantai motor agar selalu bersih dan awet tidaklah susah kok sob, sobat bisa membersihkan rantai motor dengan bensin ataupun pelumas agar tidak kering, ada semprotan khusus untuk membersihkan rantai o ring juga yang bisa sobat dapatkan ditempat aksesoris motor dengan mudah. Setelah rantai bersih lakukan pemeriksaan sprocket sepeda motor ya.

5 Tips Cara Membersihkan Karat Pada Rantai Motor Yang Kotor

cara membersihkan rantai motor yang kotor berkarat

1. Bilas rantai hanya dikala motor telah hangat

Hangat yang diartikan merupakan situasi sedetik sehabis motormu dipakai. Ini berarti amat sangat biar rantai motor lebih siap dikala dibersihkan.

Dikala hendak dibersihin, yakinkan motor distandar tengah. Ini berarti supaya cara pembersihan rantai terus menjadi gampang.

2. Maanfaatkan spray spesial buat menyiram serta membersihkan rantai

Sehabis posisi motormu cocok, semprot spray spesial buat menyiram serta mensterilkan rantai motor. Spray ini berarti buat membuat rantai lebih gampang dibersihkan dari bercak gelap membandel sisa oli ataupun abu jalanan.

Nah, supaya tak menyiram serta mengotori lantai janganlah kurang ingat maanfaatkan kertas karton di dasar rantai cocok menyemprot spray ya!

3. Maanfaatkan gosok gigi sisa buat menggosok rantai

Sehabis disemprot dengan spray spesial, lanjutkan cara bersih- bersih dengan menggosok semua bagian rantai memakai gosok gigi sisa. Upayakan janganlah tertinggal satu bagian juga cocok mensterilkan rantai, supaya rantai motormu tak cepat rusak ataupun karatan.

Jika kalian memiliki budget lebih sih, beli aja gosok spesial rantai yang penampakannya semacam gambar di atas.

4. Cuci rantai dengan air yang mengalir

Nah, jika cara gosok menggosok telah berakhir cuci rantaimu gunakan air mengalir. Tetapi, janganlah cuci rantaimu dengan memancarkan langsung airnya ke dataran rantai.

Cukup dengan menyemprotkan air ke arah permukaan rantai, bisa menggunakan selang disarankan untuk lebih mendekatkan aliran air terhadap rantai ini bertujuan agar kotoran yang menempel pada rantai dapat terbawa bersama air mengalir.

5. Terakhir, semprot rantai gunakan pelumas

Jika cara membersihkan rantai telah berakhir seluruh. Janganlah kurang ingat keringkan rantaimu serta sehabis itu langsung semprotkan pelumas ke dataran rantai.

Semprotkan pelumas menyeluruh ke semua bagian rantai. Lagi- lagi, alasi rantai gunakan kertas karton supaya pelumas tak mengotori lantaimu.

Jangan biarkan kotoran menumpuk pada rantai motor sob, karena itu akan menumbuhkan karat dan membuat rantai motor karatan, jika rantai motor karatan maka lambat laun akan putus dan merepotkan apalagi putus di tengah jalan.

Diusahakan jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor ya sob, itu akan membuat rantai motor lama kelamaan akan berkarat, gunakan pelumas yang dianjurkan, setelah merawat rantai motor tinggal keamanannya di tingkatkan, caranya dengan memasang alat pelacak pada motor atau gps motor yang bisa anda pantau 24 jam non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.