Tips Cabut Berkas Kendaraan Terbaru Dan Biayanya

Cara Cabut Berkas Kendaraan – Proses Mutasi atau pindah domisili, Misal sebelumnya kendaran ini berada di kota Jakarta dan inggin pindah ke Cirebon, biasanya kejadian ini terjadi akibat jual beli kendaraan, dari pemilik lama ke pemilik baru dengan kota yang berbeda, sesuai dengan alamat pemilik kendaraan yang baru, hal ini sering kita sebut dengan istilah Cabut Berkas atau Mutasi, Sebenarnya untuk Biaya mencabut berkas itu tidak terlalu mahal, asal kita bersedia mengurusnya sendiri.

Memang saat megurus mutasi sangat memakan waktu yang lama namun untuk prosedur nya tidak terlalu rumit ko asalkan kita ikutin aturan dari SAMSAT, kebanyakan orang untuk menggurus hal seperti ini katanya ribet, harus ke SAMSAT Tujuan dari pemilik kendaraan sebelumny. kuncinya hanya satu untuk hal seperti ini yaitu kalian harus memberikan waktu luang satu hari untuk mengurus Cabut Berkas seperti ini.

Sebab jika anda mengurus hal seperti ini menggunkan jasa calo, padahal  untuk biaya jasa calo lebih dari cukup untuk mencabut berkas kendaraan kita, klo orang-orang yang mengunakan calo ini, biasanya orang-orang yang karakternya tidak mau ribet untuk mengurus hal seperti ini, dia taunya sudah terima beres saja, padahal klo kita abil sendiri itu biaya yang di keluarkan itu lebih murah.

Jika anda inggin mengurus sendiri angap ajah semua ini seperti jalan-jalan ajah. jika anda inggin menggurus sendiri, ada perlu mengetahu apa saja yang di bawa ketika inggin mencabut berkas supaya anda tidak bolak-balik ke rumah untuk mengambil berkas-berkas yang harus di bawa. inilah berkas yang harus di bawa ketika inggin mencabut berkas kendaraan kalian :

  1. STNK Asli dan Salinannya
  2. BPKB Asli dan Salinannya
  3. KTP Asli Pemilik Baru dan Salinannya
  4. Kuwintansi pembelian motor yang sudah ada materai 6000 nya
  5. Cek Fisik Kendaran
Artikel Terkait :  Cara Bikin Rem Tromol Pakem Dengan Mudah

Setelah Membawa semua dokuman-dokumen kendaraan kita, kita langsung bawa kendaraan kita ke SAMSAT asal  daerah kendaraannya, ada membawa kendaraan tersebut untuk di lakukan cek fisik oleh petugas SAMSAT, untuk biaya pengecekan fisik ini ada yang bayar ada jga yang tidak tergantung dari SAMSAT daerah nya masing masing. biasanya biaya untuk cek fisik kendaraan sekitar 10rbu sampai 30rbu an lah sekitar segitu.

Nanti petugas akan mengesek nomor mesin, dan nomor rangka kendaraan dengan kertas khusus, lalu petugas akan memberikan hasilnya ke tempat verifikasi yang tidak jauh dari cek fisik,besamaan dengan berkas-berkas kendaraannya.

kita sebenarnya bisa juga melakukan cek fisik di SAMSAT kota tujuan, asalkan kita bilang ke petugas cek fisik bila akan di gunakan untuk cabut berkas. nanti petugas fisik akan menyiapkan blangko yang akan di isi keperluan untuk mutasi, Bisa juga, kertas gesekan dari nomor mesin dan rangka di berikan begitu saja untuk nanti dilampirkan pada blangko mutasi di kota asal.

Lalu kita kasih berkas kendaran nya ke loket verifikasi data kelengkapan berkas untuk mutasi.petugas akan memerikasa dan melegalisir  berkas dan kelengkapan untuk mutasi. Tunggu sebentar nanti akan di panggil oleh petugas loket untuk di kembalikan ke anda, petugas akan memberikan arahan ke pihak mutasi kendaraan, setelah semua berkasi selesai di Verifikasi data kendaraan nya.

Artikel Terkait :  Jarak Menyalakan Lampu Sein Motor dan Mobil yang Aman berapa meter ?

Lalu kita perlu ke loket pendaftaran mutasi untuk memmita formulir pendaftaran mutasi.

Biaya yang harus di keluarkan ketika  Cabut Berkas

Setelah semua dinyatakan beres, atau anda mengalami kesulitan saat mengisi formulir pengisian cabut berkas anda bisa memberitahu atau menanyakan hal yang tidak mengerti ke petuga untuk mempercepat untuk proses cabut berkasnya, setelah semua data yang diisi sudah lengkap dan benar, petugas akan memberikan tanda terima pembayaran pendaftaran mutasi kendaraan anda sebesar 75.000 setelah itu,  anda lakukan pembayaran dan anda ambil bukti pembayarannya ke petugasnya, biasanya kendaraan di wajibkan bisa di ambil 5 hari setelahnya.

Pada hari yang sudah di jadwalkan, anda perlu datang kembali ke SAMSAT Kota untuk pengambilan berkas dengan menunjukan tanda terima yang di berikan, serahkan tanda terima lalu anda tunggu sampai nama anda terpangil oleh petugas, setelah nama anda di panggil dan berkas di serahkan ke anda, maka petugas akan mengarahkan anda ke petugas fiskal dan kembali di berikan tanda terima, di loket fiskal ini anda perlu membayar sebesar 10 rbu, setelah berkas keluar dan sudah bisa di ambil kini saatnya anda datang ke SAMSAT Tujuan anda,

blank

Maka total dari keseluruhan tidak kurang dari 200rbu rupiah lebih murah bukan dari pada anda menggunakan jasa orang lain (calo) kuncinya satu ikuti aturan dari SAMSAT dan sabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami