Sepeda Motor untuk difabel, Modifikasi dan Harganya | GAET.co.id

Sepeda Motor untuk difabel, Modifikasi dan Harganya

GAET, sepeda motor difabel – Meskipun sering dianggap berbeda dan memiliki kekurangan, orang-orang difabel sebenarnya memiliki kesamaan dengan orang-orang non difabel.

Kesamaan tersebut termasuk ke dalam perihal hak dan keinginan untuk memiliki dan menggunakan transportasi seperti motor.

Namun tentunya jenis dan harga motor untuk difabel tidak dapat disamakan dengan jenis dan harga motor pada umumnya.

 Aspek inklusivitas merupakan aspek penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan ketika menciptakan produk motor tertentu.

Hal ini karena motor inklusif akan mampu memenuhi kebutuhan orang-orang difabel dengan tepat. Tidak perlu khawatir, saat ini termasuk di Indonesia, sudah tersedia beberapa motor khusus untuk difabel. Berikut daftar jenis dan harga motor untuk difabel:

1. Motor Beroda Tiga

modifikasi motor difabel
modifikasi motor difabel

Jenis motor untuk difabel dan sering ditemukan adalah motor beroda tiga. Motor beroda tiga dengan modifikasi biasa ditujukan untuk orang-orang difabel dalam kondisi ringan seperti orang difabel pengguna kruk.

Modifikasi ini disebut sebagai jalan keluar bagi difabel untuk bisa berkendara. Bahkan modifikasi dapat dilakukan dari jenis motor matik pada umumnya.

Dengan menambahkan as roda panjang pada bagian roda belakang menggunakan bantuan alat penggerak, motor beroda tiga untuk difabel bisa didapatkan.

Motor beroda tiga dengan modifikasi biasa ini diperkirakan dijual dengan harga sekitar Rp 4-6 juta. Selain itu, proses pembuatan biasanya membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga minggu.

2. Motor dengan Sespan

Selanjutnya adalah motor dengan sespan dan disediakan untuk orang-orang difabel. Sesuai dengan namanya, jenis motor dengan sespan ini mudah untuk dibuat.

Proses pembuatan dan modifikasi motor ini dilakukan dengan hanya menambah sespan di samping kiri atau kanan dari motor. Sespan berfungsi untuk memberikan akses bagi orang difabel dengan kursi roda.

Dilengkapi dengan sespan berbentuk seperti bak atau boks bagi tempat duduk orang difabel, motor ini dihargai sekitar Rp 5 juta. Proses pengerjaannya pun dapat dikatakan tidak lama, hanya membutuhkan waktu sekitar tiga minggu.

3. Motor Beroda Tiga dengan Sespan

Motor ketiga ini merupakan kombinasi antara jenis motor beroda tiga dan motor dilengkapi dengan sespan. Dengan menggunakan jenis motor ini, para pengguna kursi roda bisa mengendarai motor tanpa bantuan orang lain.

Dibanderol dengan harga lebih mahal, yaitu berkisar Rp 6-7 juta, motor ini memiliki kualitas akses lebih bagi orang-orang difabel.

Memiliki waktu pengerjaan sekitar empat minggu, motor ini memiliki modifikasi berupa perpindahan setang motor pada bagian sespan.

Dengan modifikasi tersebut, bisa dibayangkan bahwa kemudi bisa dilakukan buka dari tubuh motor melainkan dari bagian sespan.

4. Motor Beroda Tiga dengan Memiliki Setang di Sespan

Motor berikutnya untuk orang difabel adalah motor beroda tiga dilengkapi oleh setang di sespan. Harga motor ini bisa dikatakan terjangkau, yaitu berkisar mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.

Selain itu, motor ini cocok bagi difabel pengguna kursi roda. Proses pembuatan dan modifikasi memerlukan waktu sekitar empat minggu.

Modifikasi pada motor ini meliputi modifikasi dimana rem dipindah dan diletakkan pada wilayah setang. Selain itu, agar orang difabel semakin nyaman saat berkendara, ada juga modifikasi rem menjadi seperti pijakan di atas lantai sespan.

5. Motor Sespan dengan Roda di Depan

Terakhir, jenis motor untuk orang difabel adalah motor sespan dengan roda di bagian depan. Jenis motor ini dibanderol mulai dari harga Rp 6 juta hingga Rp 7 juta.

Walaupun memiliki harga lebih mahal dibandingkan lainnya, waktu pengerjaan dan modifikasi dari motor ini memang cukup lama, yaitu minimal sekitar satu bulan.

Motor sespan dengan roda terletak di bagian depan ini memiliki modifikasi terbilang susah namun cocok dikendarai oleh pemakai kursi roda. Setang dipasang pada bagian sespan dan roda depan untuk memudahkan ketika digunakan oleh orang difabel.

Sudah tahu kan apa saja jenis dan harga motor untuk difabel dari info di atas. Kelima motor tersebut memiliki modifikasi, waktu pengerjaan, dan harga bervariasi. Ada motor untuk orang difabel pengguna kruk dan ada pula untuk pengguna kursi roda. Tidak perlu khawatir, saat ini orang-orang difabel sudah bisa memenuhi hak dan keinginan untuk berkendara.

 

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.