Kenali Penyebab Rem Motor Tidak Pakem

Rem Motor Tidak Pakem – Rem motor berfungsi sebagai alat atau komponen untuk menghentikan atau memperlambat laju motor, salah satu bagian yang vital pada motor maka rem motor tidak boleh blong atau tidak pakem, harus pakem dan memiliki kinejra yang maksimal, ga mau kan ketika rem mendadak rem malah tidak pakem? Mari kita kenali beberapa penyebab nya.

Ada dua jenis rem pada motor, rem cakram dan rem tromol, keduanya sama-sama memiliki fungsi yang vital, beberapa penyebab rem tromol motor tidak pakem salah satunya karena kampas rem yang sudah mulai mengeras, karena ketika melakukan pengereman kampas rem yang bergesekan dengan piringingan menjadi lebih licin tidak kesat.

Jika penyebabnya terdapat pada rem tromol maka cukup dengan amplas agar permukaan kampas rem menjadi lebih kasar, dan pengereman pun akan kembali menjadi normal. Itu untuk rem tromol motor tidak pakem ya sob, jika terjadi pada rem cakram bisa beberapa kemungkinan yang terjadi, untuk lebih memahami yuk ah simak pembahasan dibawah ini.

5 Penyebab Rem Cakram Pada Motor Tidak Pakem

penyebab rem tromol motor tidak pakem kampas vario 150

1. Kampas rem

Bila kalian lagi hadapi rem sepeda motor telah tidak pakem lagi bisa jadi cara awal ini dapat kalian jalani. Cek dahulu bagian kampas rem, bagian ini terdapat di kaliper yang melekat pada cakram cakram yang melekat ke roda. Coba amati apakah sedang lumayan tebal ataupun justru telah amat pipih dan wajib diganti.

Bila didiamkan tanpa terdapat penukaran kampas, justru dapat mengganggu cakram cakram sepeda motor kalian. Bayaran servisnya jadi kian mahal, deh.

2. Minyak rem

Nah, bagian yang satu ini mudah amat sangat untuk kalian cek. Letaknya melekat pada atang sisi kanan. Betul, benar yakni ahli rem, kalian dapat mengecek minyaknya pada tempat kaca yang telah diadakan. Terdapat pula kenapa, penanda garis di ahli rem, ialah low serta full. Pas di sisi spion kanan kalian ya.

Bila minyak rem telah habis, lekas isi lagi betul. Umumnya buat minyak rem sepeda motor memakai yang DOT- 3. Metode menambahnya mudah kenapa, tinggal buka tutup ahli rem dengan membuka 2 bautnya. Nah, buat menjauhi masuk angin, kalian dapat memencet dongkel rem nama lain memompa 2 hingga 3 kali setelah itu tuas rem ditahan. Sehabis itu bermukim ditutup, deh.

3. Masuk angin

Bukan cuman kalian saja yang dapat masuk angin. Nyatanya pengereman yang terdapat di sepeda motor kalian pula dapat, loh. Perihal itu terjadi sebab dikala pengisian minyak rem tidak dipompa terlebih dulu.

Alhasil hawa turut masuk ke dalam selang rem kalian serta mengusik prinsip hidroliknya. Dapat perihal ini terjadi sepeda motor kalian tidak hendak pakem dikala melakukan pengereman. Di rem hari Senin menyudahi di hari Kamis. Astaga, dapat ancaman tuh.

4. Seal master rem telah mengeras

Lalu bagian ke- 4 yang butuh kalian cek ialah Seal ahli rem yang telah membeku sebab aspek konsumsi. Sehingga menyebabkan menimbulkan minyak rem jadi masuk melalui seal mulanya. Jadinya zat alir tidak hendak mendesak kampas rem dengan cara maksimum sebab masuk tadi.

Nah, kalian dapat meninjaunya dengan gampang, coba amati bagian ahli rem yang di stang motor kalian. Bila terdapat sisa minyak rem, dapat ditentukan seal ahli telah keras serta wajib diganti.

5. Selang rem bocor

Semacam seal ahli rem yang memiliki waktu pakai, sedemikian itu juga selang rem. Part yang satu ini hendak cacat serta butuh ditukar dikala telah lama digunakan. Selang ini sendiri berperan selaku penghantar zat alir yang dipompa dari ahli rem ke kaliper yang melekat di piringan cakram.

Buat mengecek apakah telah bocor apa belum amat gampang, kalian dapat amati bagian selang rem dikala kalian menarik tuas rem depan, bila timbul minyak yang pergi dari selang, mendingan langsung ganti saja.

Nah, sudah pada tau kan kenapa rem motor tidak pakem lagi? Semoga kelima tips diatas dapat membantu sobat untuk menghindari kecelakaan akibat masalah rem, berbahaya jangan disepelekan jika masalah rem ya sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.