Penyebab Lampu Motor Redup Tidak Terang

Lampu Depan Motor Redup – Fungsi lampu motor adalah sebagai penerang ketika kondisi jalanan gelap kurang cahaya, agar visibilitas pengemudi dapat tetap terjaga dan situasi jalanan menjadi terang, namun jika lampu depan motor redup alias tidak terang maka akan mengganggu perjalanan sobat khususnya pada malam hari jika di gas atau kecepatan konstan.

Diberbagai kasus yang terjadi, lampu motor bukan hanya redup saat langsam namun juga lampu tidak mau menyala, penyebab utama lampu motor tidak terang atau redup adalah karena kabel lampu meleleh dan rusak, kabel lampu motor sendiri berfungsi sebagai pengantar arus listrik dari aki ke bola lampu, jika kabel ini bermasalah maka lampu akan redup bahkan tidak menyala baik tidak di rem atau saat di rem.

Selain masalah kabel, penyebab lain biasanya karena saklar lampu yang sudah waktunya diganti, lampu led motor tidak terang karena penyebab saklar lampu sudah terlalu lama dipakai dan kurangnya perawatan, jika saklar lampu ini berkarat atau berdebu maka menyebabkan bola lampu kadang terang kadang redup.

5 Penyebab Bola Lampu Motor Redup Sebelah Saat Tidak Digas

penyebab fitting lampu led depan motor redup

1. Fiting lampu

Buat yang awal, kalian dapat mengecek bagian fiting lampu. Bagian ini rentan hangus yang disebabkan panas dari lampu itu sendiri. Bila perihal itu didiamkan sangat lama, bagian kontak kuningan pada fiting hendak meleleh serta memunculkan kerak.

Betul, lapisan itu justru dapat membatasi tekanan yang masuk ke lampu alhasil tidak maksimum. Jadinya, lampu di motor kalian justru jadi gelap, terangnya sebelas 2 simpati seperti lilin rumah.

2. Soket kabel

Soket kabel pula dapat jadi bibit mengerik yang harus kalian cek. Kerapkali bagian yang satu kotor atau telah berkedut yang menyebabkan tekanan yang masuk kurang maksimum.

Kalian dapat mulai mengecek soket kabel dari kiprok apakah telah masuk kokoh. Yakinkan pula soket yang mengarah fiting lampu pencerahan sepeda motor kalian. Bilas kerak bila ada.

3. Kiprok ataupun regulator rectifier

Buat yang ke- 3, kalian dapat berupaya mengecek bagian kiprok. Bagian yang satu ini mempunyai fungsi buat menyearahkan tekanan yang berawal dari alternator ataupun spul buat diteruskan ke aki serta lampu- lampu.

Terdapat 3 perihal yang terjadi bila kiprok mulai bermasalah antara lain lampu- lampu mulai agak gelap nama lain tekanan drop( tidak dapat memasok tekanan minimun 12 volt) serta daya motor diputaran atas jadi lemah. Dampak yang ke- 2 tekanan yang masuk ke aki lebih dari 12 volt apalagi dapat hingga 18 volt lebih yang menimbulkan lampu motor mati, accu juga serupa. Lalu yang terakhir kiprok mati serta tidak menghasilkan tekanan serupa sekali.

Serta satu lagi nih, kalian pula dapat mengenali apakah kiprok wajar apa tidak dengan coba menggenggam kiprok dikala motor lagi hidup. Bila kiprok kalian terasa hangat, berarti masih lumayan normal.

4. Alternator ataupun spul lampu

Spul lampu ataupun dapat pula diucap alternator mengutip salah satu kedudukan berarti dalam suatu sepeda motor. Selaku sumber listrik di sepeda motor, beliau wajib senantiasa dalam situasi yang bagus. Spul ataupun alternator hendak gampang terbakar dikala temperatur mesin amat besar, diakibatkan oleh sebagian aspek salah satunya terlambat mengganti oli mesin.

Nah, bila lampu pada sepeda motor kalian mulai gelap ataupun tidak dapat jelas. Perihal itu dapat jadi sebab spul ataupun alternator telah mulai melemah yang jadi ciri awal saat sebelum spul benar- benar mati nama lain tidak menghasilkan arus listrik serupa sekali.

5. Ganti Lampu

Nah, terakhir kalian dapat mengecek bagian lampu. Coba amati energi dari lampu itu. Jika memanglah energi lampu sangat kecil, contoh lampu depan mempunyai energi 18 w ganti dengan energi 35 w ataupun kalian dapat mengubahnya dengan lampu LED.

Lampu LED hendak mengarah lebih jelas bila dibandingkan bohlam biasa yang meski mempunyai energi serupa. Konsumsi lampu LED pula memudahkan kerja spul serta kiprok loh.

Nah,, jika lampu motor sobat redup dan mengganggu perjalanan khususnya ketika malam hari, segera ganti bola lampu atau periksa bagian kabel dan saklar ya sob, jangan dibiarkan karena akan membahayakan sobat dalam berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.