Tips Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Merawat Motor Agar Awet – Memiliki motor baru atau lama merupakan impian bagi banyak orang, karena fungsi motor untuk memudahkan sobat untuk mencapai suatu tujuan dengan lebih cepat dari berjalan kaki, namun motor juga butuh perawatan secara berkala agar selalu awet dan panjang umur. Untuk itu kenali tips bagaimana cara merawat motor agar tetap kinclong dan awet dipakai sehari hari.

Salah satu bentuk perawatan motor adalah dengan melakukan servis rutin di bengkel resmi, bukan hanya mencuci bagian luarnya saja namun bagian dalam juga perlu diperhatikan ya sob, lalu servis motor berapa bulan sekali sih? Jawaban idealnya adalah minimal sebulan sekali, namun itu tergantung dari pemakaian sobat sehari hari ya, alternatf lainnya servis motor scoopy atau jenis lainnya bisa dilakukan per 3.000 km aja ya.

Cara merawat motor matic injeksi juga sama kok, komponen vital seperti mesin, rem, ban, lampu dll harus dilakukan secara berkala, jika motor kopling maka cek juga kampas kopling nya dan kualitas koplingnya ya, komponen diatas menjawab pertanyaan servis motor apa saja yang di servis, paling utama ketika melakukan servis jangan lupa untuk mengganti oli motor.

5 Tips Cara Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Prima

Cara merawat motor bebek injeksi matic servis

1. Servis dengan cara berkala

Bila kalian memutuskan buat membeli suatu motor terkini, pabrikan hendak berikan ketentuan jasa yang wajib diiringi sehabis jarak tempuh 1000 kilometer awal serta berikutnya. Yakinkan kalian mengikuti ketentuan ini buat menghindari kerusakan pada mesin.

Bila kalian kandas menjajaki, kalian dapat mengakibatkan kerusakan berat pada motor. Membiarkan motor tidak diservis sehabis jarak tempuh yang jauh ataupun mengendarainya dengan cara kasar dapat lebih mengakibatkan ancaman untuk motor serta pengemudi.

2. Kendarai dengan cara layak

Terdapat asumsi salah pada banyak juru mudi, hanya sebab mengemudikan superbike yang didesain buat penampilan besar, mereka melajukan motornya hingga melewati batasan. Sementara itu perihal itu amat tidak direkomendasilan. Salah satu metode termudah supaya motor abadi merupakan dengan mengendarainya secara layak.

Pengereman dengan cara kasar serta seketika dapat berakibat kurang baik pada ban serta rem motor. Melajukan kecepatan dengan cara berlebihan dapat mengakibatkan panas serta mematikan mesin. Ingat kalau jalur tidak senantiasa lembut serta kehancuran pada motor dapat pula dipicu oleh situasi jalan.

3. Mencuci dengan cara rutin

Membersihkan motor sendiri tidak hanya irit durasi serta duit, tetapi pula melindungi motor senantiasa nampak bersih. Membersihkan motor dapat mensterilkan bagian- bagian berarti motor dari material pemicu karat. Saat sebelum membersihkan motor, yakinkan kalian ketahui tipe sabun apa yang bisa serta tidak bisa dipakai, alhasil tidak mengganggu cat motor.

4. Cek serta lumasi rantai

Dikala membersihkan motor, kalian pula butuh mengecek rantai serta melumasinya secara pantas. Pengecekan rantai amat genting supaya motor senantiasa awet. Perihal ini wajib dicoba, sebab rantai merupakan suku cadang berarti motor yang wajib dirawat.

Yakinkan kalau ketegangan rantai senantiasa dalam dimensi yang betul. Rantai yang sangat kaku dapat mengakibatkan permasalahan pada gearbox serta roda. Rantai wajib senantiasa dibersihkan saat sebelum dilumasi.

5. Bersihkan serta ganti filter udara dengan cara berkala

Filter udara merupakan alat buat motor bernapas, tersendat ataupun kotor dapat mengakibatkan ancaman pada mesin sebab hawa bersih tidak dapat masuk. Filter yang tersendat menghindari terjadinya kombinasi bensin serta udara, alhasil motor tidak menciptakan tenaga.

Kalian dapat melihat panduan manual pemeliharaan motor buat mengenali gelombang filter hawa wajib dibersihkan ataupun ditukar. Amat berarti buat mensterilkan ataupun mengganti filter hawa sehabis berkendara dari jalanan yang becek ataupun berdebu.

6. Cek tekanan ban

Membenarkan ban motor senantiasa dalam tekanan cocok merupakan metode gampang serta berarti supaya motor abadi. Bila tekanan ban motor sangat kecil hendak tingkatkan panas serta mengakibatkan ban meletus. Perihal ini mematikan bentuk ban serta mengakibatkan bahaya di jalur. Piket tingkat tekanan udara ban dalam situasi cocok supaya ban serta motor senantiasa awet.

Nah,, udah pada faham kan bagian apa saja yang harus utama diservis, jangan malas untuk melakukan servis rutin ya, jangan sampai nunggu motor mogok sampai tidak bisa dihidupkan karena akan memakan biaya yang mahal lho, baik motor baru atau motor lama sama-sama harus dirawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.