[Tips] 4 Cara Memperbaiki Starter Rusak Tidak Berfungsi | GAET.co.id

[Tips] 4 Cara Memperbaiki Starter Rusak Tidak Berfungsi

Tips Memperbaiki Starter Rusak Tidak BerfungsiPada kendaraan motor ada elemen yang penting, yakni starter. Selain dengan stater, motor masih dapat hidup dengan cara di slah.

Tapi, di jaman saat ini banyak motor keluaran paling baru yang tidak di bekali dengan kick starter atau slah. Lantas bagaimana bila starter elektrik itu tidak berfungsi? Anda harus mendorongnya, dan itu akan menyusahkan anda.

Sebelum anda akan melakukan perbaikan starter anda yang ruksak, anda harus juga tahu apa unsur permasalahan serta tanda-tanda awal pada starter rusak serta tidak berfungsi.

Permasalah pertama bila anda menstater, mesin motor tidak akan mengeluarkan bunyi yang benar-benar kasar serta tidak ada suara apapun yang keluar saat stater di pencet.

cara memperbaiki stater motor yang rusak
cara memperbaiki stater motor yang rusak

Dapat dipastikan itu akibat dari Aki motor anda yang telah menurun. Umumnya, starter ruksak ini di pemicunya ada 4(empat) elemen yang ruksak.

Yakni relay starter, baterei, serta serangkaian pada starter itu. Kita ulas langkah melakukan perbaikan starter yang ruksak.

Tips Memperbaiki Starter Rusak Tidak Berfungsi :

Check Aki atau baterei

Aki atau seringkali di katakan baterei benar-benar sangat berperanan penting untuk sepeda motor. Sebab, part ini bisa kerja menyalurkan listrik pada motor, misalnya pada starter elektrik.

Bila anda memencet tombol starter tapi tidak berjalan seperti umumnya, anda harus check Aki. Triknya anda harus gunakan multimeter atau mungkin dengan Avometer untuk mengecek tenaga yang di hasilkan oleh Aki itu.

Bila Aki anda masih bagus ada pada tegangan dari 12 volt. Sedangkan kalau Aki motor anda ruksak, tegangan tentu kurang dari 12 volt. Hal tersebut 2 pemicu yakni pemenuhan ruksak serta Aki itu juga ruksak.

Check serangkaian starter

Jika aki masih bagus, anda coba cek skema serangkaian starter. Umumnya ada kabel yang putus atau soket serta tombol starter telah berkarat.

Nah langkah mudah untuk check itu semua anda pakai multimeter, adakah listrik atau mungkin tidak. Bila kabel terputus upayakan tukar dengan yang baru atau hubungkan kalau tempat kabel masih bagus.

Untuk tombol starter cukup mudah anda pakain saja hampelas alus.

Check pada relay starter

Part ini kerja untuk saklar elektromagnetik yang menghubunghkan atau putuskan arus listrik yang ke arah Aki kemudian ke motor starter.

Langkah kerja nya gampang, anda coba hubungkan kabel aki bermuatan positif serta negatif ( +,-), kalau mucul suara itu pertanda masih bagus, bila tidak muncul suara pastinya telah ruksak serta mati.

Bagian ini tidak bisa di perbaiki sendiri, anda harus beli yang baru.

Check dinamo

Banyak starter motor yang ruksak, anda harus juga teratur mengeceknya.

Langkah kerja check bagian ini dengan multimeter. Yaitu probe (+) di hubungkan dengan kabel yang ke arah motor starter serta probe bermuatan (-) anda harus gunakan massa.

Bila telah dipasang anda coba pencet tombol starter adakah listrik yang mengalir, bila tidak ada itu pertanda starter motor anda ruksak. Ini adalah penyebab dari kumparan yang telah terputus.

Jika hanya brush yang ruksak, anda dapat menukarnya dengan brush yang baru, tapi tidak dengan kumparan atau spul yang telah putus, anda harus bawa dinamo ke bengkel dinamo.

Baca juga : Inilah Penyebab Aki Motor Cepat Tekor Terus

Demikianlah pembahasan tentang Tips Memperbaiki Starter Rusak Tidak Berfungsi. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami, mudah-mudahan apa yang kami infokan mengenai Tips tersebut dapat bermanfaat serta menginspirasi anda semua.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.