Inilah 5 Kelebihan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil BBM | GAET.co.id

Inilah 5 Kelebihan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil BBM

Kelebihan Mobil Listrik – Belakangan ini mobil listrik menjadi topik yang cukup ramai diperbincangkan karena pemerintah berencana mengganti secara perlahan kendaraan dengan Bahan Bakar Minyak atau BBM. Tentu saja Sobat GAET wacana tersebut diputuskan bukan tanpa sebab mengingat ada beberapa kelebihan mobil listrik yang tidak dimiliki mobil BBM.

Hingga saat ini memang jenis mobil yang paling sering digunakan adalah mobil BBM. Meskipun belum ada rencana untuk beralih menggunakan mobil listrik, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja kelebihan dari mobil listrik. Antara lain, yaitu:

1. Ramah Lingkungan

Salah satu kelebihan mobil listrik yang tidak akan dimiliki oleh mobil berbahan bakar minyak adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan daya yang digunakan oleh mobil listrik berasal dari baterai, bukan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi. Maka, sebanyak apapun jumlah mobil listrik diproduksi dan sesering apapun penggunaannya tidak akan merusak ekosistem alam.

mobil listrik ramah lingkungan
mobil listrik ramah lingkungan

Selain itu, penggunaan baterai dalam mobil listrik juga tidak menimbulkan pembakaran yang dapat memicu terjadinya polusi udara. Hal ini tentu saja berbeda dengan pemakaian bahan bakar minyak pada mobil dengan BBM. Selain mengeluarkan asap yang dapat mencemari udara, hasil pembakaran dari mobil BBM juga tak jarang tidak sempurna sehingga berpotensi mengeluarkan gas beracun yang mengandung karbon monoksida.

2. Mengeluarkan Suara yang Tidak Bising

Seperti diketahui, mobil BBM pada umumnya mengeluarkan suara yang cukup bising. Apalagi mobil yang mengandalkan bahan bakar minyak solar.

Namun, hal ini tidak akan terjadi jika menggunakan mobil listrik. Suara yang dihasilkan dari penggunaan baterai dalam mobil listrik lebih lembut daripada mobil BBM sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan pengendara, penumpang, serta orang – orang yang berada di jalan.

3. Lebih Fleksibel Mengisi Bahan Bakar

Mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum atau SPBU adalah hal yang cukup menjengkelkan karena harus antri dengan pengendara lainnya. Namun, hal ini tidak berlaku bagi pengendara mobil listrik.

Pengisian bahan bakar mobil listrik, yaitu mengisi daya baterai tidak harus dilakukan di tempat umum. Pengendara bisa mengisi di rumah atau bahkan membawa baterai cadangan sehingga tidak perlu antre mengisinya di jalan ketika daya baterai yang sedang digunakan habis.

4. Perawatan Mobil Listrik Lebih Simpel

Bagi orang awam atau orang yang sama sekali belum pernah menggunakan mobil listrik pasti berpikir bahwa merawat mobil listrik lebih merepotkan dari mobil BBM. Hal ini tentu saja tidak benar karena justru perawatan mobil listrik lebih simpel.

Mengapa demikian? Sebab, mobil listrik dirancang dengan komponen yang tidak dipasang sistem pembuangan sehingga sebagian komponen memiliki masa pemakaian yang relatif lebih lama. Selain itu, mobil listrik juga tidak menggunakan oli sehingga pemilik mobil tidak perlu repot – repot datang ke bengkel secara rutin hanya untuk mengganti oli seperti halnya mobil BBM.

5. Harga Lebih Murah

Siapa bilang mobil listrik memiliki harga yang lebih mahal dari mobil BBM? Mobil listrik justru relatif dijual dengan harga lebih murah dan saat ini sudah banyak digunakan di negara – negara maju.

Selain mengena harga, pemakaian mobil listrik juga lebih efisien sehingga pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan seperti mengganti oli dan komponen mobil secara berkala. Dengan begitu, menggunakan mobil listrik akan lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan mobil BBM.

Untuk Sobat GAET OTOMOTIF Sebagian besar masyarakat di Indonesia memang belum memiliki mobil listrik, tetapi setelah membaca artikel ini apakah mulai tertarik untuk membelinya?

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.