Makin Mudah untuk Tahu Cara Cek Pemilik Kendaraan. Begini Caranya! | GAET.co.id

Makin Mudah untuk Tahu Cara Cek Pemilik Kendaraan. Begini Caranya!

Memang tidak mudah mengetahui siapa pemilik kendaraan walaupun kita tahu identitas pelat nomornya. Tetapi jika memang dibutuhkan, ada kok cara cek pemilik kendaraan yang langsung kasih kita informasi tentang pemiliknya. Yuk simak!

Kenapa harus Cek Pemilik Kendaraan?

Hal urgen mungkin saja terjadi. Bisa kapan dan di manapun tanpa melihat waktu dan tempat. Anda sangat mungkin mengecek pemilik kendaraan jika sesuatu yang tidak terduga terjadi. Misalnya ada mobil yang ditinggalkan oleh pemiliknya (orang tidak dikenal). Entah kabur ke mana. Sementara Anda harus memindahkan mobil tersebut karena menghalangi. Anda bisa saja mengetahui siapa pemilik mobil tersebut. Pelat nomor yang menempel pada mobil tersebut bisa menjadi petunjuk.

Kita saja sebagai manusia punya identitas, yang membedakan kita dengan orang lainnya. Identitas kita bisa dilihat selain dari fisik, dan penampilan. Tetapi juga bisa dilihat melalui bukti identitas sah/resmi. KTP misalnya, identitas setiap orang pasti tidak akan sama. Meski namanya sama, bisa saja nomor KTP-nya berbeda. Bisa juga beda alamat dan tanggal lahirnya.

Nah, mobil atau kendaraan bermotor lain juga seharusnya memiliki identitas. Ada pemiliknya. Nah identitas jelas sebuah kendaraan biasanya tercatat dalam sebuah bukti dan surat. Namanya Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor BPKB dan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Keduanya memiliki beberapa kesamaan seperti nama pemilik, pelat nomor kendaraan, nomor mesin dan nomor rangka. Itulah yang menjadi identitas sebuah kendaraan yang membedakan satu dengan yang lainnya. Dan akan membuat mudah pencarian siapa pemiliknya.

Alasan Lain Kenapa harus Cek Pemilik Kendaraan?

Selain alasan urgen yang sudah dijelaskan di atas. Ada alasan lain kenapa kita harus mengecek kepemilikan kendaraan bermotor. Salah satunya adalah untuk menemukan informasi terkait jumlah pajak yang harus dibayar. Atau untuk mendapatkan informasi denda pajak. Ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap motor curian. Misal dengan mengunjungi aplikasi Ranmor dan Cek Pajak DKI Jakarta. Anda bisa mengetahui data tersebut.

Atau semisal Anda punya masalah dengan seorang pengemudi di jalanan. Anda berniat melaporkannya karena melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan. Beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan untuk mengetahui identitasnya.

Bagaimana Cara Cek Pemilik Kendaraan?

Teknologi semakin canggih, tentu cara mengetahui pemilik mobil atau motor juga bisa dilacak dengan cara-cara yang mudah. Bahkan untuk mencarinya Anda cukup menggunakan nomor pada pelat nomor mobil atau motor tersebut. Mudah sekali, bukan?

Kemajuan ini selaras juga dengan kebutuhan yang ada. Dengan dimudahkannya pencarian, proses pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa menjadi lebih mudah, atau misal polisi yang sedang mencari pelaku yang menggunakan mobil atau motor yang melanggar aturan. Atau bahkan menemukan pelaku kriminal.

Karena kemudahan itu, kita sebagai orang yang bukan anggota kepolisian pun sebetulnya bisa juga mencari informasi tersebut. Kita bisa melacaknya berdasarkan nomor yang ada pada pelat mobil atau motor saja. Tentunya dengan memanfaatkan 3 cara berikut ini :

3 Cara Cek Pemilik Kendaraan

Sejauh ini ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengecek pemilik kendaraan. Pertama dengan menggunakan situs web SAMSAT yang disediakan daerah Anda, kedua dengan mengunduh aplikasi khusus, ketiga menggunakan layanan pesan singkat (SMS).

Semuanya bisa dilakukan dari rumah tanpa harus mendatangi kantor SAMSAT. Anda jadi bisa menghemat waktu.

Cek Pemilik Kendaraan Menggunakan Situs Web SAMSAT

Pertama yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan ini bisa menggunakan situs web SAMSAT. Dengan sistem canggih yang saling terhubung melalui internet, kita bisa mudah mengetahui informasi pemilik mobil/motor lewat situs web SAMSAT masing-masing daerah.

Dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, tidak semuanya mendukung situs web SAMSAT. Sejauh berdasarkan informasi yang kami dapat, hanya ada 5 Provinsi yang memiliki situs web tersebut. Berikut adalah datanya.

  1. Aceh

Provinsi pertama yang memiliki web untuk mengecek kendaraan adalah Aceh. Anda yang merasa mencari kendaraan dengan kode  yang masih termasuk Provinsi ini, bisa menggunakan situs web https://eSAMSAT.acehprov.go.id.

  1. Banten

Selanjutnya ada di pulau Jawa. Banten sudah memiliki situs web yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan langsung dari situs https://ditlantas.banten.polri.go.id/e-SAMSAT-nasional.

Jadi jika Anda atau rekan yang sedang mencari identitas pemilik kendaraan yang plat nomornya masuk provinsi ini, Anda bisa mengeceknya menggunakan situs situs web tersebut.

  1. Jawa Barat

Akses https://bapenda/jabarprov.go.id/sipolin-SAMSAT-jabar/ untuk Anda yang sedang mencari informasi terkait pemilik kendaraan yang berada di wilayah hukum Jawa Barat.

  1. Jawa Tengah

Untuk Anda warga Jawa Tengah yang ingin mengecek surat-surat kendaraan, bisa melalui situs web berikut Https://ddpad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

  1. Jawa Timur

Klik tautan berikut Https://eSAMSAT.jatimprov.go.id untuk Anda warga Jawa Timur atau ingin mengecek kendaraan yang berasal dari Jawa Timur.

  1. Yogyakarta

Untuk mengecek kendaraan yang berasal dari DI Yogyakarta, Anda bisa menggunakan tautan berikut https://infonjkbdiy.com/.

Setelah mengetahui bahwa provinsi Anda termasuk yang memiliki situs untuk mengecek kendaraan. Dan kebetulan Anda memang sedang mencarinya, jadi bisa langsung klik di tautan masing-masing tiap Provinsi.

Cek Pemilik Kendaraan Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan situs web di masing-masing Provinsi, Anda juga bisa mengecek kepemilikan kendaraan dengan mengunduh aplikasi khusus yang sudah disediakan pemerintah setempat. Berikut ini sudah kami rangkumkan untuk Anda. Daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kepemilikan kendaraan. Untuk setiap daerah yang berbeda-beda.

  1. Aceh – PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH

Pelayanan elektronik lalu lintas untuk informasi tercepat (PELUIT) ini merupakan aplikasi untuk melayani publik Aceh yang berhubungan dengan DITLANTAS POLDA ACEH. Salah satunya adalah mengecek pemilik kendaraan yang ada pada daerah tersebut. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetahui pemilik mobil/motor yang berasal dari Aceh.

  1. DKI Jakarta – Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta

Masuk sebagai nomor 5 aplikasi gratis dan populer di otomotif dan kendaraan. Aplikasi untuk mengecek Ranmor dan Pajak DKI Jakarta ini juga bisa digunakan untuk mengecek pemilik kendaraan. Cara menggunakannya cukup mudah, setelah menginstall, Anda hanya perlu masuk dengan akun Google. Memasukkan nomor polisi kendaraan yang ingin dicari. Lalu klik cari.

  1. Jawa Barat – SAMBARA

Jawa Barat juga punya aplikasi untuk melakukan pengecekan pemilik mobil/motor. Anda bisa mengunduh Aplikasi SAMBARA di Playstore. Login menggunakan akun Google untuk menggunakan aplikasi ini. Dibuat oleh BAPENDA Jawa Barat untuk memudahkan proses identifikasi Pajak Kendaraan Bermotor.

  1. Jawa Tengah – SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

SAKPOLE adalah akronim dari Sistem Administrasi Kendaraan Online. Digunakan untuk melayani masyarakat Jawa Tengah yang ingin mengurus perihal SAMSAT via online (e-SAMSAT). Dengan aplikasi ini warga Jawa Tengah tidak perlu lagi keluar rumah untuk mengurus kewajibannya dengan SAMSAT.

  1. Jawa Timur – e-SMART SAMSAT JATIM

Aplikasi e-SMART adalah sistem manajemen administrasi dan registrasi terpadu. Aplikasi khusus untuk melayani warga Jawa Timur yang ingin mengecek hal-hal terkait dengan kendaraan yang dimilikinya.

  1. Kalimantan Tengah – RC Polda Kalimantan Tengah

Regident Center (RC) Polisi Daerah Kalimantan Tengah. Bisa melakukan banyak hal terkait dengan kendaraan bermotor, selain mengecek perpajakan. Bisa juga digunakan untuk melacak Ranmor dan identitas pemilik kendaraan bermotor.

  1. Kalimantan Utara – e-SAMSAT Kalimantan Utara

Kalimantan Utara juga memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan bermotor. Namanya adalah e-SAMSAT Kalimantan Utara. Anda bisa mudah menemukannya di Google Play.

  1. Lampung – Info Pajak Kendaraan Bermotor BAPENDA Lampung

Di Lampung, BAPENDA setempat meluncurkan juga aplikasi Android yang memiliki fungsi seperti aplikasi SAMSAT lainnya. Untuk warga Lampung bisa mengunduh aplikasi ini di Playstore.

  1. NTB – SAMSAT Delivery

SAMSAT Delivery NTB adalah cara mudah mendapatkan informasi kendaraan bermotor yang berasal NTB. Anda hanya perlu menuliskan nomor polisi dengan benar, lalu klik proses untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

  1. Pontianak – SAMSAT Pontianak

Pontianak Kalimantan Barat juga punya aplikasi untuk memudahkan warganya mengecek kendaraan bermotor mereka. Selain aplikasi ini, Anda juga bisa memanfaatkan SAMSAT Kalbar untuk mengidentifikasi motor/mobil yang berasal dari Pontianak.

  1. Riau – e-SAMSAT KEPRI

Untuk wilayah Kepulauan Riau, Anda bisa mencari aplikasi bernama e-SAMSAT KEPRI untuk mendapatkan fasilitas pengecekan identitas kendaraan secara online.

  1. Sumatera Selatan – e-Dempo SAMSAT online Sumatera Selatan

Anda yang berada di Sumatera Selatan bisa langsung mencari dan mengunduh aplikasi ini. Sudah pasti ada di Google Play ya.

  1. Sumatera Utara – Info Pajak Kendaraan Sumatera Utara
  2. Yogyakarta – Pajak Kendaraan Yogyakarta.

Cek Pemilik Kendaraan Menggunakan SMS

Saat ini, cek pemilik kendaraan menggunakan SMS hanya bisa dilakukan di beberapa daerah saja. Ada Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI Jakarta saja. Sangat membantu untuk mengecek pemilik kendaraan dalam waktu yang singkat.

Anda hanya perlu mengetik dengan format khusus, dikirim ke nomor khusus yang menjadi nomor cek masing-masing daerah. Berikut formatnya.

  1. Jawa Barat

Ketik                : poldajbr(spasi)nomor polisi. Kirim ke 3977

Contoh             : poldajbr F3210UAH

  1. Jawa Tengah

Ketik                :JATENG(spasi)nomor polisi. Kirim ke 9600

Contoh             : JATENG H6789UC

  1. Jawa Timur

Ketik                : JATIM(spasi)nomor polisi. Kirim ke 7070

Contoh             : JATIM L2123MM

  1. DKI Jakarta

Ketik                : METRO(spasi)nomor polisi. Kirim ke 1717

Contoh             : METRO B7213ONI

Cara cek yang punya kendaraan dengan SMS ini merupakan cara paling cepat. Tidak memerlukan akses internet karena pengirimannya menggunakan pulsa reguler. Pastikan Anda memiliki pulsa sebelum mengirim format tersebut.

Cek Pemilik Kendaraan yang Dijual di Situs Jual Beli Kendaraan Online

Untuk Anda yang berniat membeli kendaraan bekas. Jangan tergiur dengan harga yang murah. Selain karena bisa jadi barangnya rusak, kemungkinan lainnya adalah kendaraan tersebut merupakan kendaraan curian. Inilah kenapa perlu mengecek identitas sebelum membelinya.

Pastikan mobil atau motor yang kita beli bebas dari penipuan. Cek pelat nomornya, cocokkan dengan data yang ada di situs SAMSAT. Bandingkan data yang Anda dapat dengan data yang diberikan oleh penjual. Jangan tergiur juga dengan kondisi yang masih mulus.

Di zaman yang segalanya serba modern ini. Jangan sampai kita kalah pintar dengan penipu. Seharusnya kita bisa memanfaatkan setiap informasi yang ada. Lakukan pengecekan yang teliti, supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Cek Pemilik Kendaraan yang Dijual Secara Langsung

Berbeda dengan situs jual beli online. Kita mungkin bisa langsung melihat fisik kendaraan yang akan kita beli. Melihat juga dokumen-dokumen yang menjadi identitas kendaraan. Jika kita lengah, mungkin pelayanan ramah calon penjual akan membuat kita terpedaya. Menawarkan mobil mulus dengan harga yang masuk akal (tidak mahal tidak terlalu murah).

Padahal penipuan bisa saja terjadi, dokumen yang diberikan bisa saja merupakan dokumen editan. Bukan dokumen asli. Karena itulah proses pengecekan dokumen harus dilakukan dengan mencocokkannya dengan data di SAMSAT.

Ya, kemajuan zaman membuatnya lebih mudah. Anda tidak harus datang ke kantor SAMSAT manapun. Anda hanya perlu menggunakan salah satu cara yang dijelaskan di atas untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Dokumen-dokumen Penting yang Berhubungan dengan Cek Kendaraan Bermotor, cek sebelum membelinya.

Beberapa dokumen penting yang berhubungan dengan identitas sebuah kendaraan bermotor adalah sebagai berikut.

  1. STNK

Surat tanda nomor kendaraan (STNK) berisi informasi terkait dengan kepemilikan kendaraan bermotor. Bentuknya berupa secarik kertas. Di dalamnya kita bisa melihat nama kendaraan, jenis bensin, tahun pembuatan, model/tipe, warna, nomor rangka, tahun perakitan, nomor mesin, nomor BPKB warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, pelat nomor atau nomor polisi pada logam besi tipis dan lain sebagainya.

Dokumen ini juga akan menunjukkan status pajak kendaraan yang akan dijual. Kita jadi tahu sebuah mobil atau motor apakah masih hidup pajaknya atau sudah mati. Informasi ini sangat penting untuk dilihat sebelum membeli kendaraan. Baik secara online maupun bertemu langsung dengan pembelinya.

Selain menghindar dari penipuan, Anda juga bisa memperkirakan berapa biaya pajak yang harus dibayar ketika membeli mobil atau motor bekas. Lalu data-data dari STNK ini juga bisa dibandingkan dengan data pada aplikasi atau situs web samsat. Tidak ada salahnya melakukan double checking untuk memastikan semuanya sesuai.

  1. BPKB

Bukti  pemilik kendaraan bermotor (BPKB). Seperti namanya, adalah dokumen yang bisa dijadikan bukti atau tanda kepemilikan kendaraan bermotor secara resmi. Buku ini hanya diterbitkan oleh kepolisian.

Motor atau mobil yang resmi pastilah memiliki BPKB. Jadi sebelum membeli kendaraan bekas, pastikan dokumen ini ada. Tidak sampai di situ, Anda juga harus mencocokkannya dengan data di situs web SAMSAT atau aplikasi pengecek identitas kendaraan bermotor. Double check lagi-lagi harus dilakukan untuk memastikan identitas kendaraan. Mengingat maraknya penipuan berupa BPKB palsu.

Jadi Kesimpulannya untuk Cek Pemilik Kendaraan

Itulah rangkuman tentang cara cek siapa yang memiliki kendaraan bermotor. Seperti yang sudah kita baca di atas. Informasi-informasi yang ada bisa kita manfaatkan untuk banyak alasan. Mulai dari alasan keamanan, alasan legalitas, dan alasan lainnya.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengecek identitas juga sudah beragam caranya. Hampir  masing-masing daerah memiliki aplikasi khusus untuk mengecek dan mengidentifikasi kendaraan. Tinggal kita saja bisa atau tidak memanfaatkan itu.

Dengan kemajuan zaman ini, diharapkan kita menjadi orang yang lebih pintar dibanding para penipu, kita juga bisa bergerak cepat ketika hal urgen dibutuhkan. Nah, informasi di atas lah yang akan membantu kita menjadi orang yang pintar dan bisa bergerak cepat itu. Jadi, jangan menganggap informasi ini sepele, karena siapa tahu di masa depan Anda sangat membutuhkannya.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.