Simak Ulasan Cara Merawat Mobil Tua – Motuba

Cara Merawat Mobil Tua – Terdapat beberapa orang yang sengaja mengoleksi mobil tua atau Memang lebih memilih menggunakan mobil tua biasanya yang mengoleksi menyukai barang antik. Meskipun begitu harus tahu cara merawat mobil tua yang bisa irit bbm dan mudah perawatannya, apa saja yang harus diperhatikan walaupun hanya untuk digunakan pribadi atau untuk koleksi saja.

Mengoleksi mobil tua memang bukanlah masalah hanya saja jika tidak tahu cara merawatnya akan berakhir menjadi barang bekas. Mobil adalah barang yang memudahkan dalam beraktivitas makanya

Agar mobil tua tidak rusak ada beberapa cara dibawah ini yaitu:

 

1. Ganti Oli dan Filter Mesin

Mengganti oli untuk mobil usia 10 tahun ke atas contohnya carry tua ataupun charade idealnya 2.500 km merupakan salah satu cara merawat mobil tua. Untuk mencegah kotoran dalam mobil ganti juga filter mesin setelah ganti oli. Biaya Perawatan mobil tua lebih hemat bisa secara berkala di bengkel terpercaya sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi mobil prima. Jangan lupa setiap ke bengkel untuk bertanya jangka waktu untuk mengganti oli dan filter mesin di waktu apa.

Cara merawat mobil tua
Cara merawat mobil tua

2. Lakukan Tune up

Proses Tune up adalah proses dimana mobil akan dirawat secara menyeluruh baik dari segi perbaikan, pengecekan, penyetelan atau penggantian komponen. Hal ini dilakukan secara berkala dan bertahap agar mobil tidak mengalami kerusakan yang parah. Sebab jika mesin mobil sudah mengalami kerusakan bisa juga berimbas dengan performa mobil saat digunakan untuk berkendara. Sebagai pemilik, harus tahu bagaimana cara merawat mobil tua makanya tune up ini sangat penting sekali dilakukan terhadap mobil.

3. Memastikan Kompenen Mobil Baik

Memastikan komponen mobil baik adalah hal yang terpenting dalam merawat mobil tua karena spesifikasi mobil yang harus mendapatkan perlakuan khusus. Mengecek ring, kabel dan karet penyangga sangat perlu apalagi bertambahnya usia bisa membuat komponen penunjang tersebut menjadi berkarat bahkan rusak. Cek juga apakah mobil bisa digunakan seperti standar karena ditakutkan akan terjadi konsleting listrik karena kabel terbuka yang bisa menyebabkan kebakaran pada mobil.

4. Memeriksa Kompenen Kaki Mobil

Memeriksa kompemen kaki mobil seperti: ban mobil, tie rod, bullsing, ball joint, bearing atau laher dan suspensi sangat diperlukan, harus dicek apa dalam kondisi baik atau tidak. Ban mobil yang sudah terlalu licin juga bisa mengakibatkan kurangnya keseimbangan saat mobil digunakan.

Apalagi jika mobil sudah tua dan digunakan untuk bekerja tentu harus ekstra perawatannya karena bisa mengakibatkan kecelakaan sehingga merugikan. Mengecek tekanan udara pada ban dianjurkan dilakukan sebulan sekali selain itu lakukan spooring dan balancing agar berkendara lebih nyaman.

5. Jaga Kebersihan Mobil

Membersihkan mobil secara berkala itu membantu untuk menjaga mobil agar tidak rusak. Apabila tidak ada waktu membersihkannya bisa dibawa ke pencucian mobil. Menjaga cat agar tidak terkeropos, tidak kotor karena debu atau kotoran bisa menghindarkan hal-hal yang memicu keropos pada mobil.

6. Menghindari Suhu Udara Panas

Udara panas di dalam mobil bukanlah hal baik karena bisa mengakibatkan rusaknya interior di dalam mobil. Selain itu cat akan mudah kusam, karena itu dianjurkan jika berada di luar rumah memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Penggunaan sarung mobil sendiri masih belum efektif menghindarkan mobil dari suhu udara yang panas jadi bisa memilih tempat parkir yang tertutup atau atapnya terdapat kanopi.

Dengan menjaga mobil tua dengan baik akan menjaga kualitas mobil sehingga apabila ingin dijual masih mendapatkan harga tinggi. Di atas sudah dijelaskan perawatan mobil tua mudah dan murah walaupun tidak di jual saat digunakan akan menampilkan kesan berbeda dari mobil terbaru. Sehingga tetap bisa eksis meskipun hanya menggunakan mobil tua.

Baca Juga :  Tidak Perlu Beli Baru, Berikut 5 Solusi Kaca Mobil Retak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.