Kupas Tuntas Seluk Beluk Modifikasi Kendaraan Mobil

Modifikasi mobil adalah sebuah aktifitas atau kegiatan merubah bentuk atau sistem kinerja pada mobil. Kegiatan ini membuat mobil berbeda dari versi asli atau pabrikannya. Seiring berjalannya waktu, kegiatan ini tidak lepas dari perkembangan zaman. Hal itu karena teknologi selalu berkembang. Banyak sekali teknik lama yang sudah tidak dapat diterapkan pada mobil keluaran terbaru. Oleh karenanya, sangat penting untuk selalu upgrade segala pengetahuan tentang teknologi otomotif terkini.

Beberapa Alasan Lakukan Modifikasi Mobil

Setiap orang yang akan mengadakan perubahan pada kendaraannya tentu memiliki motivasi sendiri-sendiri. Dasar dari motivasi tersebut adalah keadaan dan kebutuhan si pemilik kendaraan.

  1. Karena Kebutuhan

Pemilik kendaraan yang menghendaki perubahan pada kendaraan karena alasan ini biasanya memiliki urgensi. Misalnya seorang pemilik mobil yang tinggal di pegunungan yang mobilnya tidak kuat menanjak. Untuk mendapatkan kemampuan menanjak pada kendaraan yang sama diperlukan perubahan pada sistemnya.

Contoh yang lain adalah mobil yang dijadikan sarana berniaga atau bisnis. Mau tidak mau, bentuknya harus diganti sehingga dapat dengan mudah menunjang kegiatan bisnis.

  1. Untuk Menuangkan Kreatifitas

Bagi para pemilik mobil yang berjiwa dinamis, biasanya menginginkan perubahan pada kendaraan agar lebih nyaman dipakai dan lebih enak dilihat. Ada juga yang menginginkan keunikan sehingga mobil yang ditumpangi terlihat sangat berbeda dari mobil pada umumnya. Untuk alasan keunikah ini, modifikasi yang dilakukan bisa tidak terbatas dan memakan biaya melebihi harga mobil itu sendiri. Namun harga itu terbayar dengan kepuasan batin yang didapat.

Pada motivasi penuangan kreatifitas, ada beberapa perubahan yang sering dilakukan yang pertama adalah perubahan kecepatan. Ini dilakukan oleh pencinta kecepatan tinggi. Dengan melakukan perubahan pada kecepatan ini, kecepatan maksimal yang didapat bisa melebihi kecepatan pabrikan.

Yang berikutnya adalah model dan bentuk. Pemilik kendaraan dengan modifikasi ini bisa saja adalah seorang yang berimajinasi tinggi. Seorang seniman yang juga mencintai dunia otomotif juga dapat menggabungkan unsur estetika dengan teknologi yang ada sehingga tercipta sebuah mobil yang unik dan berteknologi tinggi.

Macam-macam Modifikasi Mobil

Berdasarkan level kerumitan, modifikasi untuk mobil dikategorikan menjadi 3 yaitu ringan, sedang dan rumit. Level ini juga yang nantinya akan menentukan biaya. Sedangkan menurut macamnya, modifikasi dibagi lagi menjadi 3 yaitu mesin, interior dan eksterior.

  1. Modifikasi Mobil pada Bagian Mesin

Ada dua jenis pada jenis perubahan ini yaitu street (perubahan pada mesin untuk keperluan sehari-hari), dan pro (untuk keperluan pembalap profesional).

Kemudian, perubahan yang dapat dilakukan pada mesin adalah sebagai berikut.

  • Pengurangan Berat (Weight Reduction)

Tujuan dari pengurangan beban ini adalah untuk membuat laju mesin semakin lincah. Langkah yang dilakukan adalah mengganti beberapa part mobil dengan bahan yang lebih ringan (biasanya dengan bahan fiber).

  • Rem (Brake)

Bagian ini adalah penghenti laju mobil dengan dua jenis: tromol dan cakram. Bagian-bagiannya sendiri adalah kampas, caliper dan master.

  • NOS

NOS atau nitrous oxide adalah gas tambahan di dalam sebuah tabung yang dapat menambah kecepatan laju kendaraan.

  • Turbo

Turbo berfungsi sebagai penambah power pada percepatan mesin. Pemasangan turbo pada mesin dibarengi dengan pendingin. Turbo biasanya dapat menyebabkan mesin panas.

  • Transmisi

Bagian ini terdiri dari gigi, persneling dan kopling.

  • ECU

Bagian ini adalah kelistrikan pada mobil. Perubahan yang dilakukan bisa dengan mengganti busi mau pun kabel yang ada.

  • Engine atau Mesin

Mesin adalah inti dari semua dan merupakan perubahan yang utama dibanding perubahan-perubahan kecil lainnya. Perubahan pada mesin dilakukan untuk mendapat percepatan mesin yang sempurna.

Modifikasi Mobil pada Bagian Eksterior

Perubahan ini bertujuan untuk merubah penampilan luar mobil. Yang paling ringan dan paling sering dilakukan oleh pemilik mobil (pencinta otomotif mau pun sekedar pemakai) adalah pengecatan. Kegiatan ini untuk memoles warna lama dan bisa juga untuk mengganti warna menuju warna yang sama sekali baru. Ada pun bermacam bagian eksterior yang bisa diubah adalah sebagai berikut.

  • Ujung Knalpot

Bagian ini bisa diubah menjadi bentuk yang lebih sporty dan dinamis. Pencinta gaya sporty biasanya melakukan perubahan ini. Efek lain selain memberi kesan berbeda pada nuansa mobil adalah suara yang dihasilkan. Perubahan ini dapat membuat suara semakin nyaring.

  • Per Mobil

Per mobi berperan pada suspensi. Perubahan yang dapat dilakukan adalah penambahan (lebih tinggi), bisa juga pengurangan sehingga kendaraan terasa lebih rendah.

  • Cat

Paint atau pengecatan adalah pemberian warna dasar pada keseluruhan badan mobil. Ini adalah yang telah disebutkan di atas yaitu hal yang sangat sering kita temui sehari-hari. Trik untuk membuat warna dasar sedikit berbeda dari yang biasa adalah pemberian iridescent (dapat berubah warna bila dilihat dari sudut berbeda), pearlescent (pewarnaan yang juga berfungsi sebagai pelapis atau coating). Dapat juga menggunakan zat fosfor yang membuat mobil berkilau di malam hari atau dalam ruangan gelap.

  • Grafis

Pada tampilan grafis yang bisa dilakukan adalah dengan pemasangan stiker mengikuti pola yang diinginkan oleh pemilik mobil. Metode lain adalah dengan air brush. Sebelum proses dilakukan, harus dikomunikasikan terlebih dahulu desain yang diinginkan. Penuangan ide bisa sangat cepat dan sederhana namun bisa saja rumit dan lama tergantung imajinasi sang pemilik kendaraan.

  • Lampu (Light)

Jenis lampu yang dapat digunakan untuk memodifikasi lampu mobil adalah xenon, crystal dan halogen. Jika owner menghendaki cahaya lampu yang lebih terang dapat menggunakan lampu LED. Lampu ini memiliki kelebihan yaitu awet dan hemat).

  • Kap Mesin (Hood)

Penggantian bahan dapat dilakukan pada bagian ini untuk mendapatkan bobot kendaraan yang lebih ringan. Dapat juga membuat lubang yang berfungsi untuk pergantian udara pada mesin. Lubang udara itu juga menambah kesan sporty pada mobil.

  • Kaca Mobil

Pada kaca mobil, pemberian warna atau window tint dapat dilakukan. Cara yang paling mudah adalah dengan menyematkan film.

  • Pintu

Di zaman sekarang, bagian ini sedang banyak digandrungi untuk dimodifikasi. Kebanyakan pemilik mobil menginginkan pintu model scissor. Pasalnya, model pintu ini digunakan oleh sebuah merek mobil sport mewah terkenal. Model yang lain adalah suicide yang cara membukanya kebalikan dengan pintu yang biasa ada pada mobil (dibuka ke belakang).

  • Atap

Atap biasa dapat diubah menjadi model convertible roof. Perubahan ini sering dilakukan oleh orang orang yang tinggal di luar negeri yang cuaca dan musimnya sesuai. Di Indonesia sendiri, perubahan pada atap ini jarang dilakukan.

Pada atap juga dapat dipasang sun roof. Seperti namanya yang berarti atap matahari, pemasangan atap ini memungkinkan pengemudi mendapatkan cahaya matahari meski sedang dalam keadaan tertutup.

Dengan kata lain, sun roof ini prinsipnya adalah memotong sebagian atap dan menggantinya dengan bahan transparan. Kesan yang didapat dari pemasangan sun roof adalah mahal dan elegan. Selain itu pengemudi akan lebih mudah melihat cuaca di atas sana.

  • Side Skirt

Yang termasuk bagian ini adalah bagian samping kiri dan kanan mobil. Perubahannya ada pada dimensi atau panjang, lebar dan juga model.

  • Bumper

Bumper berada pada bagian depan dan belakang. Owner dapat merubah ukurannya mau pun modelnya sesuai dengan selera.

Modifikasi Mobil di Bagian Interior

Perubahan dapat dilakukan pada bagian-bagian sebagai berikut.

  • Audio

Audio merupakan sistem suara. Yang paling pokok dilakukan perubahan biasanya adalah bagian audio internal yang digunakan untuk mendengarkan musik. Bagian ini adalah pemutar musik, speaker internal dan amplifier. Bagian external yang juga dapat diubah adalah suara klakson mobil yang dikeluarkan oleh speaker external.

  • Pelapis Pintu

Bagian ini dapat dipotong atau diganti dengan warna yang senada dengan warna jok atau disesuaikan dengan selera.

  • Seat atau Jok

Kulit jok dapat diganti dengan corak kulit sesuai desain yang diinginkan oleh owner.

  • Dashboard

Dashboard adalah bagian depan interior mobil ya terdekat dengan kaca depan mobil. Perubahan meliputi warna dan bentuk. Terkadang, ada juga owner mobil yang menginginkan kabin lebih besar dari pada pabrikan.

Kulit pada batang setir juga termasuk ke dalam bagian ini dan dapat diubah warna dan modelnya sesuai selera.

  • Alat Penunjuk (Gauge)

Alat yang dimaksud adalah penunjuk kecepatan (speedometer), turbometer dan tachometer (penunjuk rotasi per menit). Semua itu dapat diubah entah dari analog ke digital, atau pun penambahan zat fosfor agar terlihat bercahaya di kegelapan.

Para Pelaku Modifikasi Mobil

Owner kendaraan yang melakukan perubahan pada mobil sangat bervariasi tingkatan umurnya. Namun, ketika diperhatikan, ada pola yang terbentuk dari usia dan motivasi perubahan. Untuk yang sudah berumur senior, perubahan dilakukan karena kebutuhan. Meski banyak juga owner dengan usia senior merubah kendaraan karena kreatifitas, persentase menunjukkan bahwa mayoritas di usia matang mengadakan perubahan karena untuk menunjang fungsi.

Sedangkan kaum muda atau owner dengan rentan usia junior mengadakan perubahan karena motivasi sebagai berikut.

  • Menambah Pengetahuan

Misi atau tujuan ini sangat mulia karena dengan melakukan banyak perubahan dan eksperimen pada hal baru, pengetahuan akan teknologi akan bertambah. Itu merupakan sumbangsih tersendiri kepada kemajuan teknologi. Kaum muda yang melakukan ini biasanya adalah mereka yang memang mempelajari dunia otomotif secara formal.

  • Meningkatkan Skill

Kaum yang mempelajari otomotif dengan serius membutuhkan upgrading skill untuk membuatnya mahir dalam dunia mekanik. Mereka adalah calon-calon penerus baru yang nantinya siap memberikan solusi jika kita ingin perubahan pada kendaraan kita.

  • Lebih Responsif Terhadap Kasus yang Dihadapi

Ada berbagai masalah atau kasus otomotif yang membutuhkan pemecahan masalah. Dengan seringnya mengutak-atik kendaraan dan jam terbang yang tinggi membuat otak lebih lincah dalam pemecahan satu kasus. Misalnya, seorang owner meminta perubahan yang sama sekali belum pernah dilakukan. Hal baru tersebut akan merangsang otak untuk mengumpulkan berbagai informasi kemudian menggabungkannya jadi satu untuk mengadakan perubahan yang sama sekali baru tersebut.

  • Sebagai Tempat Berekspresi

Tidak dapat dipungkiri, usia muda memiliki kelebihan yaitu imajinasi yang tinggi. Mereka mempunyai pemikiran yang unik dengan ide-ide baru setiap harinya. Kreatifitas inilah yang nantinya menjadi tonggak majunya teknologi dan melahirkan berbagai inovasi baru yang mungkin di masa lampau tidak terpikirkan oleh kita.

Dengan melihat berbagai motivasi kaum muda dalam merubah kendaraan, dapat ditarik pula manfaat besar yang didapat dari kegiatan modifikasi mobil. Pentingnya manfaat ini untuk masa depan teknologi, maka kegiatan ini harus didukung supaya tetap berjalan dan meningkat.

Jenis Mobil sebagai Bahan Modifikasi Mobil

Pada dasarnya, semua jenis bisa diubah. Pada perubahan besar, bisa saja fungsinya berubah drastis. Misalnya mobil pribadi disulap menjadi mobil niaga, dan sebagainya. Oleh karena itu, perlu kita ketahui beberapa macam klasifikasi mobil dilihat dari bentuk badannya.

  • Mini Van

Mobil ini memiliki tempa duduk yang banyak. Fungsi utama mobil jenis ini adalah sebagai mobil keluarga atau mobil pengangkut penumpang. Bentuk badan belakang memanjang untuk menunjang akomodasi banyak orang. Perubahan banyak dilakukan pada komposisi tempat duduk. Itu dikarenakan banyak pemilik mobil ini yang menjadikannya sebagai mobil penumpang komersial.

Karena ukurannya yang lumayan besar, tak jarang pula orang menjadikannya sebagai mobil pengangkut barang dengan mengeluarkan semua tempat duduk yang ada di belakang.

Ada juga perubahan unik yang menjadikan bagian belakang sebagai tempat tidur dengan mengeluarkan semua tempat duduk dan menggantinya dengan tidur.

Ada pula para relawan yang peduli pada kemanusiaan menjadikan mobil ini sebagai mobil ambulan.

Bahkan banyak juga yang menjadikan mini van sebagai mobil niaga non penumpang seperti kafe berjalan, toko buah berjalan, dan lain-lain.

  • Jeep

Mobil ini digunakan untuk melalui jalanan yang sulit seperti tanjakan juga jalanan terjal. Mobil ini memiliki mesin yang kuat dan tangguh. Perubahan yang biasanya dilakukan adalah penambangan tinggi dengan roda yang besar dan suspensi untuk menghadapi medan yang sangat terjal. Itu dilakukan untuk menghindari goresan antara mobil dengan medan.

  • Sedan

Mobil ini benar-benar difungsikan untuk penumpang. Perubahan fungsi sangat jarang dilakukan, beda dengan mini van yang kadang menjelma menjadi kendaraan non penumpang. Dalam klasifikasi pajak, sedan biasanya bernilai paling tinggi. Perubahan yang biasanya dilakukan pada mobil sedan adalah penambahan kecepatan, penggantian penampilan dan lainnya.

Bagaimana dengan mobil yang sejak awal memang diperuntukkan sebagai mobil niaga? Perubahan jarang dilakukan pada mobil tersebut karena ukurannya yang besar dan fungsinya yang memang sudah tersegmen. Mobil-mobil tersebut antara lain minibus, bus, dan truk. Minibus lebih besar dari mini van, namun lebih kecil dari bus biasa. Fungsinya adalah untuk mengangkut penumpang dan kadang untuk barang.

Tidak banyak modifikasi mobil pada jenis ini karena memang tempat duduknya sudah ditata sedemikian rupa yang sempurna menunjang kenyamanan penumpang. Yang berikutnya adalah bus biasa. Bus ini berukuran besar dan tentu saja untuk mengangkut penumpang yang banyak. Yang terakhir adalah truk. Jenis ini digunakan untuk mengangkut barang dengan jumlah yang besar.

Barang yang dapat diangkut jenis ini sangat bervariasi mulai dari benda padat biasa, buah-buahan hingga hewan ternak. Karena kapasitasnya yang besar ini, bahkan beberapa orang mengalihfungsikan truk menjadi mobil penumpang. Tapi yang ini tidak disarankan lho ya, karena melanggar aturan dari pemerintah.

Demikian, telah dikupas tuntas mengenai semua yang berkaitan dengan modifikasi mobil. Untuk mendapatkan info selengkapnya, Anda dapat berkunjung ke website www.gaet.co.id karena ada banyak info seputar modifikasi mobil ini.

Jadi, modifikasi mobil yang mana yang akan Anda lakukan? Jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya agar modifikasi dapat berjalan lancar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.