Para Pecinta Otomotif! Lihat 5 Mobil Listrik yang Beredar di Indonesia Sejak Tahun 2020

Mobil Listrik – GAET.co.id , Jangkauan industri otomotif semakin luas seiring banyaknya mobil listrik yang beredar di Indonesia beberapa tahun terakhir. Pandemi covid-19 yang melanda dunia di tahun 2020 juga tak menyurutkan semangat para pabrikan untuk terus berinovasi di bidang mobil listrik. 

Optimisme pabrikan dalam segmen mobil ramah lingkungan memang tidak perlu diragukan lagi. Sejak tahun lalu, beragam jenis mobil listrik terus meluncur tanpa henti di pasar Indonesia. Beberapa menggunakan teknologi full electric (listrik penuh), beberapa lagi menggabungkan teknologi hybrid. Berikut 5 daftar mobil yang patut dipertimbangkan ketika ingin membeli mobil listrik:

1. Lexus UX 300e

Lexus UX 300e adalah mobil listrik pertama yang dirilis oleh PT. Toyota Astro Motor (TAM) pada akhir tahun 2020. Sebelum masuk ke pasar Indonesia, mobil ini telah lebih dulu debut di Eropa dan China pada tahun 2019. Untuk harga, mobil ini memiliki harga yang fantastis, yakni Rp 1,245 Milyar.

Lexus UX 300e
Lexus UX 300e

Mobil ini dilengkapi dengan teknologi fast charging di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Dalam waktu 50 menit saja, Lexus mampu mengisi daya sepenuhnya dan kembali beroperasi. Motor listrik berkapasitas 54,35 kWh dan tenaga 201 hp turut membekali mobil listrik ini hingga mampu memiliki daya jelajah sebesar 300km.

2. Toyota Corolla Cross Hybrid

Daftar ke-2 untuk mobil listrik yang beredar di Indonesia adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Mobil ramah lingkungan ini mulai diluncurkan oleh PT. Toyota Astro Motor (TAM) pada 6 Agustus 2020 lalu. Meski telah diluncurkan sejak bulan Agustus, konsumen baru dapat menerima mobil ini pada bulan Desember tahun lalu.

Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid

SUV ramah lingkungan ini termasuk sangat terjangkau untuk masalah harga. Hanya perlu merogoh dompet sekitar Rp. 497,8 juta, Toyota Corolla Cross Hybrid ini sudah dapat dibawa pulang oleh konsumen. Untuk versi bensin sendiri, PT. Toyota Astro Motor menawarkan harga yang tidak jauh berbeda, yaitu Rp. 457,8 juta.

3. Nissan Kicks e-POWER

mobil listrik Nissan Kicks e-POWER
Nissan Kicks e-POWER

Pasar kendaraan ramah lingkungan Indonesia turut dimeriahkan oleh kehadiran Nissan Kicks e-POWER yang digarap oleh PT Nissan Motor Indonesia. Mobil ini masuk dalam kategori mobil listrik karena mesin konvensional pada mobil ini dapat digunakan untuk mengisi daya baterai. Hal ini akan memudahkan konsumen karena tidak perlu lagi melakukan charging eksternal.

Nissan Kicks e-POWER hadir dengan berbagai pilihan warna yang dapat dipilih customer, yaitu Gun Metallic, Black Star, Black Roof, dan Storm White. Harga mobil Nissan Kicks e-POWER ini juga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 449 juta (mengikuti harga Jakarta).

4. Hyundai Ionic Electric

Pernah mendengar brand mobil Hyundai? Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini turut meramaikan ragam mobil listrik yang beredar di Indonesia. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah meluncurkan Hyundai Ionic Electric pada penghujung tahun 2020 lalu.

Hyundai Ionic Electric
Hyundai Ionic Electric

Jika dilihat secara fisik, dapat dikatakan mobil ini merupakan mobil dengan hatchback 5-seater yang cukup modern. Terdapat LED DRL dan LED headlight yang menopang bagian depan mobil ini. Ada pula bagian interior yang berupa head-unit touchscreen 8 inci dengan beragam fungsi dan hiburan. Mobil ini dibanderol seharga Rp 624,8 juta.

5. Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric diluncurkan bersamaan dengan peluncuran Hyundai Ionic Electric. Dilihat dari namanya, tentunya mobil ini masih berasal dari pabrikan yang sama, yaitu PT. Hyundai Motors Indonesia. Kona Electric dilengkapi dengan motor listrik berperforma 120 ps dan torsi 295 Nm.

Hyundai Kona Electric
Hyundai Kona Electric

Bagian Eksterior mobil ini dilengkapi  LED headlight dengan auto light-control dan LED DRL. Pada bagian interior, mobil ini dilengkapi dengan head-unit touchscreen 8 inch serta instrument panel digital dengan gaya futuristis. Untuk harga, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 674,8 juta.

Itulah mobil listrik yang beredar di Indonesia dan patut diperhitungkan. Sobat GAET Jangan terburu-buru dalam memilih mobil ramah lingkungan yang diinginkan, perhatikan baik-baik mobil terbaik yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Mulai dari Lexus UX 300 E hingga Hyundai Kona Electric semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dipertimbangkan.

Baca Juga :  PLN Bersiap Untuk Transformasi Sambut Kedatangan Mobil Listrik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.