GAET Berita Media Otomotif untuk Semua Kalangan, Websitenya Keren ! | GAET.co.id

GAET Berita Media Otomotif untuk Semua Kalangan, Websitenya Keren !

Berita Otomotif – Berbagai macam berita disuguhkan kepada masyarakat. Beragam topik dapat ditemui pada portal media tertentu. Pemilihan topik berita otomotif kini tersedia secara khusus. Sehingga penggemar kendaraan bisa langsung menuju halaman yang tersedia.

Perkembangan Industri dan Berita Otomotif Indonesia

Industri otomotif yang melesat di Indonesia tak lepas dari sejarah kemunculannya. Berawal dari transportasi tradisional, Indonesia melaju pesat menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi ini membuat ibu pertiwi semakin berkembang.

  • Tahun 1927-1941

Pada tahun 1927 lahirlah perusahaan otomotif NV General Motors Java Handel Maatschappij. Pabrik ini berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta. Perusahaan ini menjadi pencetus perkembangan mobil dan motor di Indonesia.

pabrik mobil pertama NV General Motors Java Handel Maatschappi

Pabrik tersebut menghasilkan mobil Chevrolet yang dipasarkan ke kawasan Asia Tenggara. Dalam waktu setahun perusahaan berhasil memasarkan mobil ke Singapura, Thailand dan Malaysia sebanyak 5.732 unit.

Setelah itu, perkembangan kendaraan bermotor semakin cepat. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya jumlah kendaraan di Pulau Jawa. Termasuk juga jenis truk yang menurunkan pamor kereta api.

Di masa ini, keuntungan perusahaan kereta api merosot tajam. Tercatat di tahun 1933 mengalami penurunan 40%. Mayoritas pemilik kendaraan adalah bangsa Eropa yang menetap di Indonesia.

Salah satu merek yang legendaris adalah Buick 8. Mobil ini dirilis pada tahun 1938. Dan menjadi mobil kepresidenan pertama Indonesia yang digunakan oleh Ir. Soekarno.

  • Tahun 1942-1959

Penjajahan Jepang di Indonesia mengambil alih semua operasional General Motor. Hingga akhirnya diberhentikan pada bulan Maret 1942. Seluruh investasinya ditarik hingga hengkang dari Indonesia.

Setelah Perang Dunia II usai, perusahaan bergengsi ini membuat cabang lagi di Jakarta. Kali ini pabrik perakitan mobil yang dibangun. General Motors mengalami masa kejayaan melalui seri Chevrolet.

Chevrolet Deluxe
Chevrolet Deluxe

Sudah banyak unit Chevrolet yang dikeluarkan. Sehingga menjadi merek yang tak asing di telinga. Merek yang terkenal, adalah Chevrolet Deluxe, Corvette, Bel Air, Nova dan Impala.

  • Tahun 1960-1995

Pada masa ini, Kementerian Perindustrian Perdagangan Indonesia merilis aturan tentang impor kendaraan bermotor. Baik kendaraan dalam kondisi utuh (completely-built up) atau terurai (completely-knock down). Peraturan itu juga berisi perihal industri perakitan kendaraan dan agen.

Sehingga mulai muncul industri perakitan kendaraan bermotor di Indonesia. Diikuti dengan industri pendukung, berupa komponen, suku cadang, ACCU dan aksesoris. Di masa itu, las, pengecatan dan metal finishing mampu dikerjakan oleh pihak lokal.

Investor baru mulai berdatangan. Hingga General Motors tersisih oleh pangsa kendaraan Jepang. Pabrik mobil pertama di Indonesia ini terpaksa tutup. Alasannya, tidak mampu bersaing dengan perusahaan Jepang.

  • Tahun 1996-2015

Dalam tahun ini program “Mobil Nasional” diganti dengan “Program Intensif”. Pemerintah sengaja mempercepat pergantian program ini. Agar memperoleh potongan hingga free bea impor. Perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif harus mematuhi syarat tertentu.

mobil perkasa truk pertama kali di indonesia
mobil perkasa truk pertama kali di indonesia

Diberlakukannya bebas pajak untuk mobil mendorong tumbuhnya investasi. Banyak pabrik baru yang berdiri. Hingga ada setidaknya 20 merek di pasar domestik. Diantaranya ada mobil Timor, Kancil, Perkasa dan Astra.

  • Tahun 2016-Kini

Perkembangan kendaraan bermotor di era ini semakin maju. Pertumbuhan semakin pesat. Sejumlah daerah di Indonesia mengalami peningkatan terhadap kepemilikan kendaraan bermotor.

Kemajuan tersebut disertai dengan teknologi yang digunakan. Telah banyak kendaraan dimodifikasi untuk memudahkan penggunanya. Sehingga lebih praktis dan nyaman digunakan.

Kendaraan yang ramah lingkungan mulai bertumbuh. Untuk ke depannya pangsa kendaraan listrik mulai dikenalkan pada masyarakat. Berbagai literasi berita otomotif telah memaparkan hal ini.

Pertumbuhan Sajian Berita Otomotif

Pertumbuhan industri otomotif diiringi dengan berita terupdate. Perusahaan perlu mengenalkan produknya kepada masyarakat. Hal ini dapat dicapai melalui media. Sehingga muncullah portal berita yang mengulik bidang teknikal ini.

  • Media Cetak

Sama seperti berita lain, kabar tentang otomotif dimulai dari media cetak. Karena media cetak merupakan sumber bacaan yang paling relevan. Hingga saat ini juga masih tersedia bacaan otomotif, meski sudah tak banyak.

  • Surat Kabar

Surat kabar disebut juga dengan koran. Sumber berita ini dahulu tersedia dalam warna hitam putih. Tampilan gambarnya juga sama. Tapi, sekarang dapat dinikmati dengan nuansa gambar berwarna.

Dalam surat kabar tertentu hanya menyediakan rubrik otomotif yang terbatas. Berita otomotif yang lengkap bisa dibaca melalui surat kabar khusus. Koran seperti ini hanya membahas tentang dunia otomotif.

  • Majalah atau Tabloid

Penggunaan majalah hampir sama seperti koran. Hanya, bentuknya yang berbeda. Majalah terdiri dari beberapa halaman. Ukurannya lebih kecil dari koran. Tabloid khusus tentang otomotif juga masih ada di pasaran.

  • Buku

Keberadaan buku seolah tak pernah mati. Tapi, untuk memperoleh ulasan bidang otomotif, kemungkinannya kecil. Karena buku biasanya mencantumkan topik tertentu, ada tema tertentu yang diangkat.

  • Media Digital

Teknologi yang semakin maju, menumbuhkan teknologi digital. Media ini cukup praktis dan efisien. Terutama untuk mendapatkan berita terbaru.

  • Televisi

Kabar yang ditayangkan televisi dikuasai oleh kanal tertentu. Ada beberapa channel televisi yang dapat dipilih pemirsa. Penayangannya ditentukan oleh waktu. Sehingga setiap saluran memiliki program tersendiri untuk otomotif.

  • Internet

Era internet tak bisa dibendung lagi. Masyarakat mendapatkan informasi yang lebih luas dengan akses yang cepat. Sehingga dapat membaca berita tentang kendaraan di mana saja dan kapan saja.

Penggemar otomotif bisa membuat komunitas sendiri. Sehingga dapat terhubung satu sama lain. Dengan begitu, mereka dapat berbagi pengalaman menarik seputar kendaraan.

  • Aplikasi

Sistem operasi pada smartphone mempengaruhi perilaku masyarakat. Terlebih lagi teknologi Ios dan android mendukung pembuatan aplikasi dengan jangkauan luas. Tentu ini menjadi angin segar bagi pengguna telepon genggam.

Masyarakat bisa langsung menuju portal berita yang diinginkan. Developer tergerak untuk membuat aplikasi berbasis kabar otomotif. Bahkan semua peristiwa dapat disajikan segera menggunakan akses internet.

Manfaat Adanya Berita Otomotif

Berita otomotif disajikan untuk penggemar kendaraan bermotor. Ada banyak hal yang diperoleh dari informasi ini. Pada dasarnya rubrik otomotif berisi apa saja yang berkaitan tentang kendaraan. Ada banyak manfaat yang diambil dari berita tentang kendaraan bermotor.

  • Menyediakan Informasi Terkait Perkembangan Otomotif

News otomotif sama halnya seperti yang lain. Fungsinya menyampaikan informasi. Hanya saja topiknya lebih dikhususkan. Informasi yang disediakan berhubungan dengan dunia otomotif sehari-hari. Menyangkut kejadian unik dari kendaraan.

  • Memberikan Gambaran tentang Harga Mobil dan Motor

Informasi yang dibahas pada portal otomotif lebih dalam lagi. Portal berita ini dapat membantu masyarakat yang ingin membeli kendaraan bermotor. Karena berisi pula data harga pasaran kendaraan yang diimpikan.

Masyarakat tidak perlu repot mengunjungi dealer atau showroom. Berbekal akses internet, daftar harga sudah terpampang. Tentu harga tersebut bisa kurang atau lebih. Karena informasi biaya yang ditampilkan berupa kisaran.

  • Memberi Informasi tentang Kebijakan Pemerintah

Sudah menjadi kewajiban pemerintah mengatur pergerakan kendaraan dalam negeri. Oleh sebab itu, muncul kebijakan dan aturan terbaru. Berita tersebut bisa diperoleh dengan mengakses website https://gaet.co.id/

  • Menyajikan Informasi Produk Keluaran Terbaru

Kendaraan bermotor diproduksi oleh perusahaan-perusahaan terkemuka. Perusahaan tersebut akan mengeluarkan produk terbarunya tiap tahun. Kabar ini tidak boleh dilewatkan oleh pecinta otomotif.

Informasi unit terbaru selalu mencuri perhatian. Terlebih lagi penggemar otomotif selalu ingin mengupgrade kendaraannya. Sebagai penyedia informasi, website otomotif tidak boleh melewatkan peluncuran barang baru.

  • Menyediakan Tips Seputar Otomotif

Sebuah portal otomotif juga menyajikan tips dan trik. Tentunya masih seputar otomotif. Salah satu tema yang disukai adalah modifikasi. Ada juga tips memperbaiki bagian kendaraan yang rusak. Sehingga pemilik mobil atau motor dapat memperbaiki sendiri.

Sasaran Portal Berita Otomotif

Setiap benda yang dibuat, pasti memiliki tujuan. Begitu juga dengan layanan kabar otomotif. Portal berita ini memiliki sasaran pembaca. Sehingga pembaca mengetahui referensi yang tepat. Sasaran utama dari pusat informasi otomotif, antara lain:

  • Pecinta atau Hobi Otomotif

Penggemar otomotif dianggap sebagai hobi yang biasa. Terutama bagi kalangan menengah atas, ini sudah wajar. Kendaraan dinilai sebagai pelengkap gaya hidup. Sehingga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

  • Komunitas Otomotif

Komunitas otomotif merupakan kumpulan penggemar kendaraan bermotor. Biasanya mereka bergabung dengan nama sesuai dengan merek kendaraan. Saat tiba waktu berkumpul, hanya nampak satu merek kendaraan di sekitarnya.

Komunitas ini juga memiliki serangkaian kegiatan. Kegiatan mereka juga memiliki kepengurusan. Kumpulan ini tak hanya untuk mobil, tapi juga motor merek tertentu.

  • Makelar atau Jual-Beli Kendaraan Bermotor

Makelar akrab dengan sebutan broker. Profesi ini cukup menggiurkan. Karena komisi yang didapatkan dari hasil penjualan cukup menggiurkan. Terutama pada makelar mobil bisa mencapai jutaan.

Untuk mendapatkan harga yang cocok, makelar memerlukan referensi harga pasar. Karena kendaraan yang dijual bisa barang bekas maupun baru. Dari perkiraan harga tersebut, makelar bisa menghitung harga yang pas.

  • Pemakai Kendaraan Bermotor

Apabila kendaraan rusak, sebaiknya diperbaiki ke bengkel. Sayangnya, ini membutuhkan biaya yang menguras kantong. Untuk kendaraan tertentu, bahkan dikenakan tarif yang mahal.

Oleh karena itu, banyak yang ingin memperbaiki sendiri. Informasi seputar perbaikan part bisa didapatkan melalui layanan berita. Ini cukup membantu membetulkan kerusakan kecil.

Apa Saja Topik yang Dibahas dalam Berita Otomotif?

Sesuai dengan topiknya, berita otomotif hanya membahas tentang kendaraan. Sehingga bahan bacaan lebih tepat sasaran. Masyarakat juga akan selalu mengingat website atau aplikasi tersebut. Beberapa topik yang dibahas, antara lain:

  • Model Kendaraan yang akan Launching dari Berbagai Merek

Indonesia menjadi pangsa pasar yang empuk bagi dunia otomotif. Baik kendaraan keluaran Jepang dan Eropa berusaha memenangkan persaingan. Sehingga keluaran terbaru dikenalkan pada masyarakat Indonesia.

  • Permasalahan Mesin

Setiap unit kendaraan memiliki spesifikasi dan karakter berbeda. Bisa jadi mengalami masalah mesin yang berbeda pula. Hal ini perlu disampaikan kepada pembaca. Agar dapat menangani masalah tersebut sesuai referensi.

  • Harga Mobil dan Motor di Pasaran

Mobil dan motor edisi terbaru sering kali menjadi sasaran masyarakat. Bagaimana tidak? Desain dan teknologi terbaru cukup menggoda. Sehingga menjadi bahan perbincangan dikalangan penggemar otomotif.

Adanya topik tentang harga mobil dan motor sangat membantu. Terutama bagi orang yang mengincar merek terbaru. Mereka bisa mengalokasikan budget lebih awal.

  • Kebijakan Pemerintah

Bukan hanya pengguna, penyuka otomotif harus menaati peraturan pemerintah. Bukan saja tentang aturan pengendara di jalan raya. Tapi juga tentang kepemilikan kendaraan bermotor.

Untuk menertibkan kepemilikan dan penggunaan kendaraan, pemerintah menerbitkan kebijakan tertentu. Termasuk di dalamnya pajak, impor kendaraan dan lain-lain. Jangan sampai ketinggalan berita terkini.

Tantangan dalam Menyuguhkan Berita Otomotif

Suguhan berita tentang kendaraan bermotor tak lepas dari tantangan. Terlebih lagi, berita otomotif bisa berdiri sendiri. Tanpa campuran jenis informasi lain. Hanya tentang otomotif. itulah kenapa GAET OTOMOTIF selalu ada tantangan dalam menyajikan konsep khusus ini. Sementara itu, portal berita semakin berkembang pesat.

  • Kemampuan Mengikuti Teknologi

Perkembangan teknologi informasi melaju pesat. Kemajuan ini jelas sangat terasa. Semula berita tentang otomotif cukup dinikmati melalui media cetak. Kini telah berubah dapat dinikmati di mana saja, kapan saja. Tak dibatasi oleh jarak dan waktu.

Gadget tidak bisa lepas dari tangan manusia. Seolah-olah menjadi kebutuhan utama. Bila portal berita tidak sanggup mengikuti kemajuan ini, sudah pasti akan jatuh. Penyajian informasi harus mengikuti perkembangan zaman.

  • Penyajian Berita yang Up to Date

Hanya melalui gadget, manusia dapat mengakses informasi tanpa batas. Semua dilakukan dengan beberapa gerakan. Tanpa mengenal waktu dan tempat. Ini menuntut penyajian berita yang cepat.

Durasi pergantian berita di era digital dituntut segera. Sehingga harus selalu up to date. Informasi tentang dunia otomotif yang disajikan selalu diperbarui dalam hitungan jam. Ini menuntut jurnalis dan editor bekerja semaksimal mungkin.

Tulisan yang ditampilkan perlu dibuat oleh tangan kreatif. Menyebabkan munculnya artikel yang lebih bervariasi. Dengan berita yang tetap segar. Sehingga masyarakat tertarik membaca berita yang disuguhkan.

  • Tingkat Literasi Masyarakat

Menyediakan informasi seputar kendaraan bermotor bukan hal mudah. Terlebih lagi di era teknologi saat ini. Banyak peralatan canggih yang dikuasai. Sehingga berdampak pada kemampuan seseorang dalam mendapatkan informasi.

Ini membuat tingkat literasi masyarakat cukup tinggi. Segala bentuk berita dapat diakses secara bebas. Bisa jadi ini tantangan terbesar bagi jurnalis untuk menampilkan tulisan yang baik. Karena masyarakat yang tingkat literasinya cukup tinggi, biasanya semakin kritis.

  • Penyajian Data dan Informasi yang Akurat

Kemajuan teknologi digital semakin berpengaruh terhadap penerimaan berita. Informasi dari internet dapat diperoleh dengan mudah. Siapa saja bisa membaca. Penyajian data yang kurang tepat, menimbulkan salah tafsir.

Disinformasi ini dapat mempengaruhi masyarakat dengan kemampuan baca yang kurang baik. Sehingga orang tersebut rentan termakan berita hoax. Tentu hal ini perlu dihindari. Karena media online lebih mudah tersebar.

Maka dari itu, data harus disajikan akurat dan berasal dari sumber yang tepat. Sehingga jika terjadi masalah, dapat dipertanggungjawabkan. Juga mencegah masyarakat menerima berita bohong. Mengingat, persepsi manusia saat ini mudah terbentuk oleh media.

  • Menerapkan Kualitas

Ulasan kendaraan menjadi salah satu topik yang disukai masyarakat. Ini dipengaruhi oleh kesukaan terhadap perkembangan dunia otomotif. Sehingga portal berita yang up to date selalu dicari.

Kondisi ini menimbulkan dampak besar bagi kelompok jurnalis, penulis dan editor. Penyampaian informasi dituntut cepat dan akurat. Meski begitu, kualitas bacaan tidak boleh ditinggalkan.

Bacaan berkualitas memberikan tulisan yang bermakna. Kecepatan penyajian berita tidak berarti tanpa isi tulisan. Masyarakat mengapresiasi berita yang berbobot. Sebaliknya, mereka akan segera meninggalkan artikel yang tidak memberi nilai.

Informasi dunia otomotif terbaru akan selalu berkembang mengikuti tren. Serangkaian perubahan tetap terjadi. Berita otomotif yang update membantu masyarakat tetap terhubung dengan perkembangan zaman. Untuk itu, https://gaet.co.id/ berusaha menyampaikan ulasan terbaru dan berkualitas.

Bagaimana, sudahkah anda baca yang hari ini?

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.