Tidak Perlu Beli Baru, Berikut 5 Solusi Kaca Mobil Retak | GAET.co.id

Tidak Perlu Beli Baru, Berikut 5 Solusi Kaca Mobil Retak

Kaca mobil yang retak dapat mengganggu penglihatan, keretakan terjadi pada kaca mobil bagian depan pengemudi. Adanya keretakan akan mengganggu konsentrasi saat mengemudi, juga menurunkan kualitas tampilan mobil. Alih-alih mengganti kaca baru, tentunya membutuhkan biaya sangat mahal. Sehingga beberapa solusi kaca mobil retak bisa membantu Sobat GAET.

Keretakan pada kaca disebabkan beberapa faktor. Misalnya terjadinya benturan benda tajam sampai mengakibatkan kaca tergores sehingga kurang enak dilihat. Beberapa produk resin yang dijual baik secara offline maupun online dapat menjadi solusi untuk memperbaiki kaca mobil. Berikut cara perbaiki :

1. Memilih Resin yang Tepat Untuk Kaca Mobil

Langkah awal dilakukan sebelum memperbaiki kaca mobil yang retak adalah memutuskan pilihan resin yang tepat. berbagai macam resin yang dijual dipasaran, tentunya dengan harga dan kualitas berbeda. Misalnya resin vinylester, polyester, dan lainnya. Salah satu produk resin terbaik yang bisa digunakan pada kaca mobil yaitu Windshield repair kit.

2. Membersihkan Bagian Kaca yang Retak

Ketika terjadi keretakan pada kaca mobil, umumnya goresan tersebut akan meninggalkan serpihan-serpihan kecil dari sisa kaca.

perbaikan kaca retak dengan resin
perbaikan kaca retak dengan resin

Penting untuk membersihkan area kaca yang retak dengan hati-hati menggunakan vakum khusus. Tujuannya agar keretakan kaca tidak semakin melebar, sehingga proses memperbaiki daerah yang retak juga semakin mudah. Pastikan tidak ada serpihan kaca yang tersisa sebelum menggunakan resin.

3. Menggunakan Resin

Resin merupakan getah yang dihasilkan dari tumbuhan khusus yang dapat digunakan sebagai perekat yang tampak mengkilat. Memperbaiki kaca mobil yang retak dapat dilakukan dengan memanfaatkan resin, seperti Windshield repair kit. Resin akan bekerja dengan menarik udara yang terdapat diantara sela-sela retakan kaca dan menambal kaca mobil yang retak.

4. Mengaplikasikan Cairan Perekat

Penggunaan cairan perekat merupakan solusi kaca mobil retak yang paling penting dan harus dilakukan dengan hati-hati. Pertama, diperlukan bor untuk memperbaiki kaca mobil yang retak. Bagian yang retak dibor dengan perlahan, lalu disuntikkan cairan perekat sampai bagian retakan terisi penuh dengan perekat sehingga kaca mobil kembali menyatu.

Setelah perekat telah selesai dimasukkan, tekan bagian ini menggunakan piston press dengan pelan dan hati-hati. Tujuannya untuk meratakan perekat dengan kaca mobil. Terakhir, keringkan dengan cara menjemur dibawah terik matahari selama kurang lebih 5 menit hingga kering dan kaca benar-benar kembali menyatu.

5. Melepas dan Memperbaiki Kaca Mobil

Solusi kaca mobil retak terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan cara melepas kaca mobil dengan perlahan dan hati-hati menggunakan silet. Ketika kaca mobil sudah terlepas, bersihkan area kaca menggunakan kain hingga tidak ada debu dan sisa-sisa serpihan kaca yang menempel. Selanjutnya gunakan tabung khusus untuk menutupi permukaan kaca yang sudah retak.

Aplikasikan resin sebagai perekat untuk menyatukan kembali kaca mobil yang retak. Tidak perlu terburu-buru, karena langkah ini merupakan tahapan yang cukup susah dan perlu hati-hati. Tekan bagian tabung agar resin melekat dengan sempurna, keringkan dibawah sinar matahari selama kurang lebih 15 menit untuk hasil kaca melekat maksimal.

Demikianlah Sobat GAET OTOMOTIF menangi retak yang tidak terlalu parah. Cara-cara diatas akan terlihat hasilnya ketika keretakan kaca yang terjadi pada mobil tidak terlalu lebar. Namun keadaan parah, akan lebih baik bila menggantinya dengan kaca yang baru.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.