Cara Merawat Motor Matic Agar Selalu Awet

Merawat Motor Matic – Perawatan pada motor perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan dini dan umur pakai motor tidak lama, merawat komponen matic injeksi seperti mesin, rem dan ban harus dilakukan secara berkala, Jika motor matic yang jarang dipakai dirawat yang benar seperti rutin memanaskan minimal seminggu sekali, maka komponen pada motor pun akan awet, yuk kenali bagaimana cara merawat motor matic kesayangan sobat dengan benar.

Salah satu cara perawatan motor matic biar awet adalah dengan melakukan servis rutin di bengkel resmi terdekat, ada beberapa komponen utama yang harus dicek, bagian motor yang perlu diservis paling utama adalah mesin, rem, pergantian oli, sistem injeksi dll. Bentuk perawatan tiap motor matic berbeda-beda seperti scoopy injeksi dan motor matic keluaran terbaru.

Merawat motor matic tanpa kick starter cukup mudah jika dilakukan pencegahan, jika menghidupkan motor matic tidak bisa dengan starter, maka komponen pertama yang perlu dicek adalah kondisi aki, namun enaknya jika starter motor matic bermasalah bisa menggunakan kick starter, lakukan servis honda beat berapa bulan sekali sih? Minimal sebulan sekali ya sob agar mencegah dari kerusakan komponen yang parah.

5 Cara Merawat Motor Matic Yamaha Agar Selalu Awet Yang Benar

cara merawat motor matic injeksi agar awet

1. Teratur panaskan motor saat sebelum dipakai

Janganlah menyepelekan Kerutinan memanasi motor di pagi hari saat sebelum memakai motor matic. Memanaskan motor sepanjang kurang lebih 5 hingga 10 menit saat sebelum dikendarai bermaksud supaya oli di dalam mesin sedia melumasi mesin motor. Dengan sedemikian itu penampilan mesin motor jadi lebih maksimal. Janganlah lupa pula buat menarik memanjangkan gas biar mesin dapat lebih cepat panas.

2. Teratur ganti oli dengan cara berkala

Janganlah kurang ingat buat teratur merencanakan mengganti oli dengan cara teratur. Umumnya buat motor matic penukaran oli dicoba tiap menggapai 1000 kilometer Sebaliknya buat oli gardan ataupun oli transmisi motor dapat ditukar maksimum kala telah menggapai 5000 kilometer.

Jika kalian kurang ingat dengan referensi km buat mengganti oli, lumayan dikira- kira saja dengan merencanakan mengganti oli tiap 2- 3 bulan sekali. Yakinkan memakai oli dengan yang cocok dengan detail motormu.

3. Maanfaatkan BBM yang oktannya cocok detail ataupun perbandingan kompresi motor

Memakai BBM yang oktannya cocok dengan detail motor amatlah direkomendasikan. Oktan BBM yang cocok hendak membuat cara pembakaran BBM jadi lebih sempurna, alhasil kemampuan mesin motor jadi lebih gampang serta efisien.

Akibat waktu panjangnya merupakan mesin motor jadi lebih abadi serta mengkonsumsi BBM jadi lebih hemat loh. Buat mengenali berapa perbandingan kompresi motormu, kalian dapat melihatnya di novel petunjuk persisnya pada laman detail motor.

4. Janganlah malas buat jasa teratur ke bengkel

Apapun tipe motornya jasa teratur ke bengkel merupakan suatu keharusan. Jasa teratur motor matic dengan cara teratur umumnya mencakup penukaran oli, mensterilkan karburator serta pula melaksanakan setting motor. Idealnya jasa motor ini dicoba tiap 3 bulan sekali, serta pula janganlah lupa tanyakan hal situasi bagian motor yang lain semacam aki, vanbelt, serta roler.

5. Upayakan janganlah sempat kehabisan BBM di tengah jalan

Biasakan buat senantiasa memuat full tong BBM, terlebih lagi buat tipe motor matic dengan sistem injeksi. Janganlah menahan- nahan memuat BBM hingga membuktikan penanda E, sebab kala mesin motor mati dampak kehilangan bensin di tengah jalur itu beresiko besar mengganggu mesin motor.

Seperti itu mulanya 5 panduan bawah menjaga motor matic supaya senantiasa abadi. Untuk kalian yang biasa dengan perkara motor, 5 panduan bawah di atas nyatanya tidak hendak buat kalian kesusahan buat merawat motor matic kesayanganmu.

Lakukan servis motor bulanan ya sob, jika tidak dan hanya menunggu sampai komponen rusak maka bisa merambat pada kerusakan lain, ingat juga sob motor matic baru ataupun bekas harus dirawat, mencuci motor, mengganti komponen motor yang mengalami kerusakan merupakan tips agar motor awet dan memiliki umur panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.