Pengertian Radiator Mobil dan Fungsinya
Pengertian radiator mobil yaitu salah satu dari beberapa sistem yang ada di kendaraan mobil adalah sistem pendinginan Sesuai namanya, sistem ini bertujuan untuk mendinginkan suhu mesin mobil yang meninggi, dengan kata lain menjaga kestabilan suhu mesin mobil.
Di dunia otomotif, sistem pendingin ada tiga macam yaitu sistem pendingin dengan oli, sistem pendingin dengan udara dan sistem pendingin dengan air.
Umumnya, sistem pendingin dengan air digunakan cukup banyak oleh kendaraan mobil masa kini.
Salah satu komponen yang berperan penting dari sistem pendingin adalah radiator
Radiator merupakan salah satu komponen penting pada sistem pendingin (cooling system).
Radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu dan temperatur air di dalam mesin agar mesin dapat bekerja secara normal di kisaran suhu 80-100 derajat celcius.
Panas yang dihasilkan mesin akan diserap cairan atau radiator coolant yang bersirkulasi lewat water jacket di silinder dan kepala silinder.
Lalu, cairan panas ini akan didorong menuju radiator untuk di dinginkan dan dialirkan kembali keseluruh bagian mesin.
Memanfaatkan udara yang mengalir melalui kisi-kisi radiator,
Radiator akan mendinginkan suhu air dari mesin yang berada di dalam pipa-pipa kecil (core) sehingga panas dari air pendingin bisa dilepaskan ke udara.
Dengan begitu, maka suhu air yang panas dari mesin bisa di turunkan untuk kemudian di sirkulasikan kembali kedalam mesin
Agar suhu mesin tetap terjaga dan mesin bisa bekerja dengan optimal.
Radiator umumnya dipasang di bagian depan mobil yang menghadang arah angin,
namun begitu radiator juga membutuhkan kipas radiator agar sirkulasi angin di kisi-kisi radiator bisa tetap mengalir dan mampu mendinginkan suhu air mesin.
Pada bagian radiator juga terdapat banyak bagian yang tak terpisahkan, salah satunya yakni tutup radiator yang fungsinya
adalah … mencegah air pendingin ini mendidih hingga suhu 100 derajat celcius.
Dengan pemasangan dan perawatan yang benar, maka radiator bisa bekerja efektif pada mesin mobil.
Selain tutup radiator, pada bagian pendingin mesin mobil ini juga terdapat banyak bagian lainnya yang perlu anda ketahui, khususnya bagi pecinta otomotif dan dunia mobil.
Yuk simak berikut ini beberapa bagian pada radiator mobil serta fungsinya:
- Upper tank
Pada bagian pertama, yang harus dikenal ialah upper tank yang terletak di atas radiator yang menjadi saluran masuk dari air pendingin sekaligus berfungsi sebagai penampungan air pendingin mesin.
Pada bagian ini, ada dua elemen utama meliputi: tutup radiator dan juga saluran reservoir.
Saluran ini berfungsi mengalirkan air pendingin radiator ke reservoir tank jika terjadi tekanan dalam cooling system yang berlebihan.
- Radiator core
Bisa dikatakan bahwa bagian ini adalah inti dari radiator dengan bentuknya berupa pipa-pipa kecil yang memanjang.
Fungsi bagian ini ialah sebagai saluran panas dari air radiator.
Bentuknya yang berupa pipa memanjang ini membuat proses pelepasan panas lebih cepat dan stabil.
Bagi pecinta otomotif juga harus tahu bahwa untuk inti dari radiator ini,
Ada 3 tipe umum yang ditemui, meliputi: Harison Type, Corrugated Fin Type, serta satu lagi yakni Plate Fin Type.
- Sirip pendingin radiator
Bentuk bagian ini adalah zig zag yang diletakkan di sela-sela radiator core yang membantu mempercepat pelepasan panas pada air pendingin.
Melalui sirip-sirip pendingin radiator inilah, panas akan dilepas ke udara hingga memungkinkan terjadi pendinginan radiator.
- Reservoir Tank
Reservoir tank adalah bagian tak terpisahkan dari radiator.
Fungsinya ialah untuk menampung air radiator dan juga melepas tekanan udara jika pada cooling sistem terjadi tekanan berlebih.
- Radiator Cap
Komponen ini sangat penting pada radiator.
Dikenal juga sebagai tutup radiator yang fungsinya cukup kompleks, yakni sebagai penutup lubang radiator, mengatur tekanan pada pendingin, dan juga sebagai tempat mengisi air radiator.
- Lower Tank
Fungsi bagian radiator ini ialah untuk menampung air pendingin yang sudah melalui proses tertentu yang disebut dengan cooling atau pendinginan.
Di sinilah panas mesin akan diserap. Letaknya ada di bagian bawah dari radiator.
Di sini pula terdapat saluran drain yang akan berperan pula sebagai penguras air radiator.
Enam hal di atas adalah komponen utama dari radiator
Namun ada satu lagi yang tak boleh dilupakan pada proses pendinginan mesin mobil ini, yaitu air.
Air pada radiator ini harus diganti secara berkala untuk menjaga mesin tetap stabil danterawat serta mencegah terjadinya korosi.
Air berfungsi sebagai pendingin yang mengikat panas yang akan menurunkan suhu mobil pada waktu tertentu.
Pada penggantian air radiator akan lebih baik jika diganti dengan jenis air radiator dengan merek yang sama, khususnya untuk mobil keluaran terbaru.
Hal ini sangat penting untuk memastikan radiator tetap terawat dan menghindari reaksi kimia akibat perbedaan merek air radioator sebelumnya.