5 Cara Optimal untuk Menghilangkan Karat pada Mesin Motor Kamu

Cara Menghilangkan Karat Mesin Motor – Kamu punya kendaraan bermotor? Bagaimana keadaannya? apakah masih mulus? mesinnya masih bagus? Kamu harus perhatikan motor kamu ya. Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor harus memperhatikannya, baik memperhatikan penampilan bodi motor atau mesin motor.

Tentunya kamu ingin  motor kamu selalu terlihat bersih kan? yang terpenting adalah mesin motor yang baik supaya tidak mogok ketika digunakan. kalau kamu tidak memperhatikan motor kamu, keadaan motor kamu terlihat kusam, berkarat dan itu bisa merusak komponen motor.

Cara Menghilangkan Karat Mesin Motor

Ada beberapa bagain motor yang rawan sekali kotor dan berkarat, kamu harus sering mengecek dan membersihkannya ya.

Part Apa Saja yang Bisa Berkarat di Motor

Blok Mesin

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Dengan Mudah

Salah satu yang sering kotor adalah dibagian terpenting motor yaitu blok mesin, apalagi saat ini sedang musim hujan dan aktivitas motormu banyak diluar, ini akan menimbulkan karat pada mesin jika tidak dibersihkan.

Tentunya kamu tidak mau kan mesin motornya berkarat. Selain air hujan yang menyebabkan mesinmu berkarat, cipratan lumpur dan sabun bekas mencuci motor juga bisa menjadi penyebab mesin motor berkarat dan berkerak.

Shockbreaker

Biaya Service Shockbreaker Motor Murah, Tak Harus Ganti

Selain bagian blok mesin yang rawan sekali dengan karat, ada beberapa bagian suka berkarat dan ini harus diperhatikan juga. Seperti Shockbreaker, karena posisinya dekat dengan velg dan roda menyebakan sering terkena cipratan air dan lumpur.

kalau shockbreaker terkena karat, tentunya karet dibagian dalam tabung akan rusak dan menyebabkan bocor oli pada pada shockbreaker. Jika ini terjadi, maka kerja shokbreaker tidak akan maksimal dan pastinya akan berbahaya bagi kamu ketika sedang mengendarainya.

Rantai

5 Tips Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Meskipun bagian rantai sering diberikan pelumas rantai, tidak menutup kemungkinan pada musim hujan rantai menjadi berkarat. jika kamu tidak sering membersihkannya, maka rantai akan berkarat akan berkurang elastisitasnya dan itu akan membahayakan kamu.

Artikel Terkait :  Cara Mengecek Pulser Motor Yang Rusak Dengan Mudah

Bayangkan saja, kalau kamu sedang dijalan dan tiba-tiba rantai motor kamu putus karena berkarat itu sangat berbahaya. Salah satu tanda ketika rantai kamu berkarat yaitu ketika motor jalan berisik dan tarikan menjadi berat.

Knalpot

Knalpot Motor Kamu Bocor? Ini Efeknya

Bagian leher knalpot pada blok mesin hingga ujung pembuangan juga jadi sektor yang rentan terhadap serangan karat. Knalpot memang sudah ada lapisan pelindungya di bagian krom, namun tidak menutup kemungkinan jika terus menerus terkena air hujan dan tidak langsung dibersihkan lapisan pelindung tersebut akan pudar dan akan menyebabkan knalpot mengalami korosi atau berkarat.

Cara Membersihkan Mesin Motor yang Kotor dan Berkarat

Dari beberapa bagian motor yang rentan sekali terkena karat, apalagi saat musim hujan bisa diantisipasi supaya motor kamu tidak terserang karat. Pastinya kamu harus sering mengecek motor kamu dan membersihkannya, apalagi setelah terkena air hujan.

mungkin ada beberapa bagian yang sulit untuk dibersihkan, namun jika tidak dibersihkan itu akan merusaknya. kamu harus tetap sering memebersihkan bagian-bagian itu jika kamu ingin motormu tetap dalam keadaan baik. Berikut tips untuk membersihkan mesin kendaraan motor kamu dengan mudah agar tidak berkarat:

Menggunakan Air Detergent

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mebersihkan debu-debu yang menempel pada semua bagian motor kamu. Setelah itu persiapkan detergent atau cairan pembersih piring, air bersih dan spons/lap. Campurkan detergen dengan air dan bersihkan bagian-bagian yang berkarat dengan menggunakan lap atau spons sampai karat/kerak itu hilang. Setelah itu bilas dengan air bersih sampai busa dari detergen itu hilang.

Menggunakan Oli Bekas

Jangan buang oli motor kamu ketika habis diganti ya, oli bekas itu sangat berguna sekali loh. Salah satunya untuk membersihkan karak pada bagian besi motor kamu.

Artikel Terkait :  Cara Yang Benar Ketika Memanaskan Kendaraan Sebelum Aktifitas

Gimana caranya? Kamu cukup oleskan oli bekas pada bagian besi motor kamu yang berkarat menggunakan kuas, jika tidak ada kuas, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas. Setelah dioelskan ke semua bagian yang berkarat, diamkan sambil mesin motor dihidupkan ya. Ngga usah lama-lama, cukup 3-5 menit saja. Dengan bantuan panas, oli akan membantu meluruhkan karat pada bagian motor.

Menggunakan Bensin atau Solar

Selain sifatnya untuk membakar, bensin/solar juga mempunyai sifat membilas. Ini salah satu cara yang ampuh untuk membersihkan karat pada motor kamu.

Caranya hanya dengan menyiapkan bensin/solar dan kuas atau sikat gigi bekas, kemudian bersihkan dengan cara menggosok-gosokkannya pada bagian yang berkarat. Ulangi sampai karat terangkat dan hilang ya. Jangan lupa juga siapkan wadah untuk ditempatkan dibawah bagian yang kamu bersihkan, gunanya untuk melihat bekas bensin/solar pembersih itu berubah menjadi warna hitam, itu tandanya karat pada motor kamu terangkat.

Amplas Bagian yang Berkarat

Cara ini bisa kamu gunakan ketika bagian mesin berkarat parah. Karat yang terbentuk dari reaksi air pada blok mesin yang berbentuk besi sehingga bisa diamplas. Kamu bisa menggunakan amplas halus ketika karat tidak terlalu parah, namun jika karat terlalu tebal, kamu bisa menggunakan amplas kasar untuk menghilangkannya.

Mengecat Bagian yang Berkarat

Mengecat bagian yang berkarat ini adalah langkah terakhir ketika kondisi karat pada mesin tidak bisa diselamatkan lagi dalam artian sangat parah sekali.

Kamu bisa mengecat bagian mesin yang berkarat, tidak untuk menghilangkan karat, namun untuk menutupi karat agar tidak terlihat. Namun sebelum mengecat bagian mesin yang berkarat, kamu bersihkan dulu bagian itu agar terlihat sedikit halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami