Tips Ampuh Merawat Rem Cakram Motor Dengan Benar

Merawat Rem Cakram Motor – Fungsi rem cakram motor adalah salah satu metode sistem pengereman dengan menggunakan disc rotot atau piringin yang digepit oleh sebuah kanvas rem, yang bertujuan untuk memperlambat perputaran ban saat dijalan. Karena fungsi rem cakram pada motor yang vital, maka sobat harus menjaga dan merawat nya dengan benar agar tidak menyebabkan rem blong dan menyebabkan kecelakaan, kenali tips ampuh nya yang akan dibahas dibawah ini.

Keberadaan rem pada motor dapat dengan mudah pengemudi untuk mengatur laju kendaraan serta memperlambat dan menghentikan kendaraan, cara merawat rem cakram cukup mudah kok sob, jika kanvas rem sudah mulai aus maka segera ganti dengan yang baru, namun hal tersebut bisa diantisipasi agar kanvas rem selalu awet, salah satunya jangan dibiasakan untuk berhenti atau rem mendadak.

Selalu lakukan perawatan rem cakram sepeda motor agar terhindar dari bahaya kecelakaan akibat rem blong, penyebab rem blong bukan hanya dari kanvas yang aus aja sob, namun juga karena piringan cakram yang sudah tak layak pakai, misal piringan atau cakram terkunci, hal tersebut disebabkan oleh kotoran yang menempel yang tidak langsung dibersihkan.

5 Tips Cara Ampuh Merawat Rem Cakram Motor Agar Awet Dengan Benar

tips cara merawat rem cakram belakang motor gembok

1. Teratur menguras serta mengganti minyak rem

Minyak rem yang telah lama mengendap pasti saja hendak merendahkan tingkatan titik didihnya. Akhirnya, minyak itu tidak sanggup menahan tingkatan panas kemampuan rem yang digunakan tiap hari selalu.

Buat melindungi keawetan rem cakram, hendaknya menghabiskan minyak rem yang telah lama mengendap serta mengubahnya dengan minyak rem baru. Minyak rem yang telah berwarna gelap kental hendak membuat rem cakram terus menjadi menurun mutu serta kinerjanya.

2. Teratur memeriksa bagian cakram cakram

Bagian cakram cakram nama lain disc brike pula wajib kerap diperiksa dengan cara teratur buat menghindarinya dari keausan. Membersihkannya dari kotoran serta menjaganya supaya senantiasa berperan dengan bagus ialah salah satu metode buat melindungi keawetan rem cakram.

Kalian pasti tidak mau rem cakram bermasalah dikala kalian lagi berkendara di jalur raya bukan?

3. Janganlah kurang ingat cek selang rem yang mungkin terdapat kebocoran serta keretakan

Janganlah lupa pula sering- sering memeriksa selang rem yang mengaitkan tuas rem dengan cakram cakram. Sebab bermacam karena, kemampuan permasalahan selang rem dapat saja terjadi di dikala yang tidak di idamkan. Selang retak, bocor, tertekuk, merupakan sebagian mungkin yang terjadi pada selang rem bila tidak dapat merawatnya dengan bagus.

Selang rem yang terpelihara hendak membuat rem cakram dapat berperan dengan wajar.

4. Lekas ganti kanvas rem dikala permukaannya telah mulai menipis

Terlebih bila motor digunakan tiap durasi, mungkin menipisnya kanvas rem telah tentu hendak lebih besar terjadi. Bila dirasa kanvas rem telah mulai tipis, lekas ganti dengan kavas rem terkini supaya rem cakram senantiasa dapat dipakai dengan aman.

Janganlah menunggu sampai kanvas rem aus sebab musibah besar dapat saja terjadi dampak keadaan kecil yang kurang kalian perhatikan.

5. Ganti seal ahli rem bila telah keras dikala ditekan

Bila merasa handle rem telah keras serta susah buat ditekan, tidak terdapat salahnya mengganti seal ahli rem dengan yang terkini. Terlebih bila kalian tercantum orang yang biasa dengan bumi otomotif, mengganti bagian- bagian motor yang cacat pasti saja wajib kalian jalani bila tidak mau kerusakan lain terjadi.

Nah, Jalani kelima cara perawatan rem cakram motor diatas ya sob, jangan diabaikan kinjerja rem yang kurang maksimal demi keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara juga lho, jika terasa rem sudah tidak pakem lagi segera bawa ke bengkel motor terdekat untuk diperiksa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.