Tips Merawat Motor Di Musim Hujan

Jangan Remehkan Air Hujan Yang Selalu Membasahi Komponen Motor Anda

Bagi para pemilik kendaraan motor saat musim hujan sekarang ini kebanyakan orang sering kali menghiraukan kondisi bagian dalam kendaraanya, justru yang di perhatikan hanya bagian luar bodi kendaraan motornya saja.

Padahal pada saat musim hujan, kemungkinan bagian dalam motor kemasukan air sangat tinggi sehingga penting bagi anda melakukan perawatan. Jika anda membiarkan hal ini dalam waktu lama maka bukan tidak mungkin akan mempengaruhi performa motor anda akan menurun.

Nah, bagaimana sih cara merawat kendaraan motor yang mudah di lakukan saat musim hujan agar kondisi kendaraan tetap dalam performa yang baik dan tetap nyaman? Untuk itu, mari kita simak tips merawat motor saat musim hujan, sebagai berikut:

7 Cara Merawat Motor Agar Awet Saat Musim Hujan

Pertama, bersihkan motor setelah terkena air hujan dan genangan air. Tujuannya agar terhindar dari munculnya karat, tidak hanya itu, air hujan yang mengandung zat asam juga dapat membuat bodi motor cepat kusam. Jika mencuci motor dirasa merepotkan, sebaiknya bilas motor dengan air bersih sehabis dipakai.

Kedua, memeriksa tekanan udara dalam ban setelah menerjang genangan air atau banjir, jika tekanan udara ban motor anda kurang maka mengakibatkan permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak dan akibatnya ban motor menjadi tipis dan gundul.

Artikel Terkait :  Cek 5 Komponen Motor Ini Usai Nekat Terobos Banjir

Ketiga, memeriksa kondisi rantai dalam keadaan baik, karena air hujan yang masuk ke dalam bagian dalam motor akan menimbulkan karat terutama pada rantai motor, apalagi jika motor anda tidak menggunakan penutup rantai hal ini akan membuat rantai motor anda rentan terkena karatan akibat air hujan.

Untuk itu, sebaiknya anda mengencangkan kembali setelan rantai motor anda dan pastikan tidak lupa untuk dilumasi dengan grease khusus rantai. Selain itu anda perlu juga membersihkan bagian knalpot, karena pada musim hujan maka kotoran air hujan akan menempel pada bagian dalam dan leher knalpot.

Untuk itu, sebaiknya anda bersihkan bagian satu ini agar sistem pembuangan pada motor anda tetap berfungsi dengan baik. Caranya anda bisa semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease lalu panaskan kembali motor anda dalam waktu kurang lebih 5 menit.

Artikel Terkait :  5 Pertolongan Pertama Kendaraan Terendam Banjir

Keempat, memeriksa kanvas rem dan piston cakram rem, kanvas rem terbuat dari bahan asbes sehingga jika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras jika sudah kering.

Untuk itu, setelah motor dicuci sebaiknya anda sering menginjak pedal rem agar kanvas rem kering. Jika anda tidak melakukan hal tersebut, maka motor anda akan keras saat menginjak pedal rem.

Sementara di bagian cakram rem sebaiknya rutin dilakukan pembersihan karena cakram rem bersifat terbuka dan ketika anda melewati genangan air atau banjir maka kotoran akan menempel pada cakram rem motor anda.

Kelima,
Busi menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan saat musim hujan. Untuk itu, setelah membersihkan motor maka sebaiknya anda mencabut kop atau karet penutup busi kemudian tiup atau dibersihkan dengan lap. Karena jika busi motor basah maka akan menghambat pengapian motor ketika dinyalakan.

Itulah tips merawat motor yang bisa anda bisa lakukan dengan mudah saat musim hujan. Jangan karena musim hujan maka anda malas merawat kendaraan motor anda padahal kendaraan motor sering anda gunakan dalam kegiatan rutinitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami