Tips Merawat Kompresor AC Mobil Dengan Benar

Merawat Kompresor AC Mobil – Untuk menunjang kenyamanan didalam mobil atau ketika berkendara adalah dengan adanya AC mobil, terlebih jika cuaca panas pasti ac mobil sangat membantu mendinginkan suasana dan perjalanan pun akan nyaman, pada bagian ac terdapat kondensor dan kompresor, jika salah satu rusak maka ac tidak dingin lagi sob, agar ac awet dan dingin yuk simak bagaimana tips cara merawat kompresor ac mobil agar selalu dingin dengan benar.

Fungsi komporesor ac adalah sebagai pemompa freon kedalam sistem ac mobil, pada sistem ac ada dua bagian yaitu buang dan hisap, dan kompresor bekerja untuk memompa keduanya dan disalurkan ke kondensor. Namun kompresor pun bisa rusak lho jika tidak dirawat dengan berkala, rata-rata umur kompresor yang normal hanya bisa bertahan 5 sampai 10 tahun, selebihnya harus diganti dengan yang baru agar kualitas ac tetap terjaga, itu merupakan cara merawat ac mobil agar selalu awet.

Selain kompresor ac mobil, ada juga kondensor ac mobil keduanya sama sama harus dilakukan perawatan secara rutin ya sob, untuk ideal pergantian komporesor ac itu per 20.000 km atau minimal setahun sekali, tenang sob kita akan bahas secara detail tentang perawatanya dibawah ini.

5 Tips Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Tahan Lama

tips merawat kompresor angin ac mobil

1. Penggantian oli kompresor dengan cara berkala

Tidak hanya oli mesin serta oli transmisi buat mobil matic, nyatanya kompresor pada AC mobil pula menginginkan oli buat melancarkan kinerjanya dalam memompa freon loh. Banyak pemilik mobil yang belum mengenali perihal ini serta tidak sempat memerhatikan situasi oli kompresor hingga AC mobilnya bermasalah.

Lebih bagus lihat dengan cara rutin situasi oli kompresor mobil dengan mengubahnya tiap 20. 000 Kilometer ataupun sangat tidak tiap 1 tahun sekali. Walaupun hendak menaikkan bayaran perawatan, tetapi perihal ini jauh lebih ekonomis dari kompresor cacat serta wajib ganti yang baru.

2. Yakinkan bengkel mensterilkan kompresor dikala pergantian oli

Semacam perihalnya oli mesin, oli kompresor dikala ditukar pula wajib dibersihkan hingga berakhir supaya oli yang terkini tidak teraduk dengan sisa oli lama yang dapat kurangi kemampuan kompresor. Yakinkan ahli mesin pada bengkel AC yang kalian kunjungi membersihkan hingga berakhir oli kompresornya saat sebelum ditukar yang baru.

3. Cermati tipe serta detail oli kompresor

Dalam memilah oli buat kompresor pula tidak dapat asal- asalan. Semacam perihalnya oli mesin, oli kompresor pula butuh dicermati kekentalannya. Kalian dapat lihat pada buku petunjuk book mobil kalian berapa kepekatan oli kompresor yang direkomendasikan buat dipakai pada mobil kalian.

4. Cermati suara yang ditimbulkan oleh kompresor

Dalam memeriksa situasi kompresor, tanpa butuh ke bengkel kalian pula dapat mengeceknya dengan cara teratur di rumah. Triknya merupakan dengan menghidupkan mobil serta AC mobil, kemudian dengarkan suara kompresor yang menyala dari balik atap mobil. Bila suara kompresor terdengar lebih keras dari umumnya serta lumayan mengganggu hingga kalian butuh melaksanakan pengecekan ke bengkel apakah terdapat hambatan kepada kompresornya ataupun tidak.

5. Bila kompresor bocor, hendaknya ganti yang baru

Sering- kali terdapat masanya kompresor bocor alhasil oli menetes pergi serta AC jadi kurang dingin. Bila ini terjadi, biasanya terdapat pula orang yang mengutip tahap murah buat menyumpal kompresornya supaya dapat dipakai lagi.

Tetapi nyatanya itu bukan pemecahan terbaik sebab penambalan memanglah dapat membuat kompresor tidak bocor kembali, tetapi bila kompresor telah dibuka hingga kinerjanya hendak menurun serta tidak maksimum lagi menyejukkan kabin, alhasil betapa bagusnya buat mengganti kompresor dengan yang baru bila telah bocor.

Tetapi tenang, kompresor didesain buat bisa bertugas kuat lama sampai bertahun- tahun lamanya alhasil mengganti kompresor yang terkini tidak hendak menghamburkan pengeluaran kalian sebab bakal amat tidak sering dicoba penukaran kembali dalam durasi yang lama hingga rusak kembali.

Nah, jika sobat ingin tetap merasa nyaman dengan hadirnya ac, maka harus siap untuk melakukan perawatan dengan rutin ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.