Tips Mengendarai Motor Saat Hujan Agar Tidak Mogok Di Jalan

Mengendarai Motor Ketika Hujan – Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki musim hujan, para pengendara motor maupun mobil harus tetap melanjutkan aktifitas walaupun sedang hujan,

namun perlu di ingat sob berkendara ketika hujan harus ekstra waspada dan fokus, jalanan yang licin bisa saja membuat motor menjadi oleng, agar tidak membahayakan dan motor tidak mogok di jalan, yuk cek tips ampuh cara mengendarai motor saat hujan.

Tips berkendara saat hujan yang pertama yang bisa sobat terapkan adalah selalu siap sedia jas hujan di box motor, sedia payung sebelum hujan, bagi pengendara motor sedia jas hujan sebelum hujan ya sob agar aktifitas tidak terhenti ketika diguyur hujan,

ketika mengendarai motor saat hujan selalu jaga kecepatan ya karena penglihatan akan terbatas dan itu berbahaya jika terlalu kencang mengendarai motor.

7 Tips Cara Berkendara Motor Saat Hujan Yang Benar

tips mengendarai naik motor saat hujan deras

1. Amati keadaan ban

Jalanan yang lagi ataupun sudah diguyur hujan hendak jadi berair serta licin. Buat itu berarti sekali memeriksa konidisi ban luar apakah sedang baik, ataupun telah mulai botak. Janganlah menunda ganti ban sebab musibah juga tidak tahu kata tunda. Komposisi ban yang mulai datar berpotensi anjlok dikala melampaui jalur berair, terlebih di titik turunan.

2. Jauhi konsumsi jaket hujan model jubah

Jaket hujan ada dalam 2 bentuk, yang awal semacam jubah serta satunya lagi berupa seperangkat atasan- bawahan. Bila di wilayahmu langganan hujan angin, jauhi pemakaian jaket hujan bentuk jubah. Perihal ini dapat membahayakanmu serta penumpang lain.

Bila angin berhembus kira- kira kencang, bagian pinggir jubah hendak berkibar serta dapat saja menutupi lampu ataupun hal pengemudi lain. Lebih ancaman lagi bila perbatasan jubahmu terbelit di rantai ataupun bagian yang lain.

3. Maanfaatkan helm berkaca jernih serta perputaran udara baik

Berkendara di tengah turunnya hujan menginginkan pandangan yang lebih teliti dari umumnya. Rintik air serta kabut hendak memperpendek jarak penglihatan. Buat lebih nyaman, seleksi helm becermin jernih, ataupun rajin- rajinlah mensterilkan bagian kacanya. Yakinkan sirkulasi hawa dalam helm bagus, supaya uap air yang kalian keluarkan dikala bernapas tidak menghasilkan embun dari dalam.

4. Lihat situasi lampu motor

Lampu pula jadi bagian vital yang wajib dicermati dikala masuk masa hujan. Yakinkan seluruh lampu bertugas maksimal, sebab turunnya air sanggup membiaskan sinar alhasil cahaya lampu memudar.

5. Lihat tutup busi

Busi merupakan bagian yang sangat dikhawatirkan dikala masa hujan datang. Jika hingga tergenang air serta sangat berair, mesin motor hendak susah ataupun apalagi tidak dapat dihidupkan. Buat itu rajin- rajinlah mengecek situasi penutup busi, supaya berkendara senantiasa nyaman serta mudah.

6. Lihat selang di dekat karburator

2 perihal yang bisa pergi masuk pada karburator merupakan bahan bakar serta hawa. Sebab itu berarti sekali memeriksa situasi selang- selang di sekelilingnya, apakah terdapat kebocoran ataupun tidak. Bila terdapat bagian yang bolong, dikala masa hujan berpotensi jadi jalur masuknya air. Siap- siap mogok, deh jika karburator kerasukan air ataupun hawa dingin berlebih.

7. Gunakan knalpot standar

Knalpot motor standar dilengkapi dengan sistem pengasingan air yang amat bermanfaat dikala masa hujan datang. Tetapi jika knalpotmu telah dimodif ataupun memakai jenis racing, sistem pengasingan air hendak tersendat.

Nah, kalo sudah tau tips diatas berkendara dengan motor ketika hujan pun tidak lah jadi masalah kan sob, selalu berhati – hati ketika berkendara motor saat hujan dan juga cek selalu kondisi motor agar tidak menimbulkan masalah yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.