Tips Aman Mudik Naik Motor Agar Selamat Sampai Tujuan

Mudik Naik Motor – Bulan Ramadhan akan segera berakhir dan hari raya kemenangan atau lebaran akan menanti sebentar lagi, banyak yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman masing-masing alias mudik.

Tentunya alternatif transportasi yang dipakai beraneka ragam mulai dari transportasi umum sampai kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, agar perjalanan mudik sobat nyaman serta selamat sampai ditujuan perlu nih untuk memahami tips aman mudik menggunakan motor.

Dibandingkan dengan naik mobil, mudik naik motor memiliki beberapa efek seperti efek naik motor jarak jauh yang bisa menyebabkan pinggang jadi sakit sampai pegal dan kelelahan karena kondisi cuaca dll.

10 Tips Aman Mudik Dengan Motor Untuk Perjalanan Jauh Agar Aman Selamat Dan Nyaman

tips mudik naik motor perhatikan jalan keselamatan jarak jauh

1. Jaga kesehatanmu!

Jauh- jauh hari saat sebelum mudik, yakinkan situasi tubuhmu serius saja. Cek ke dokter terdekat buat mengenali situasi tubuhmu. Minum vit supaya kalian dalam situasi bugat walaupun dalam kondisi berpantang. Jika kalian sakit, mudikmu jadi tertunda dong!

2. Cek keadaan motormu!

Tidak cuma tubuhmu saja yang butuh ditilik, motormu pula butuh. Mulai dari rem, ban, oli, mesin, serta lain serupanya pula butuh di lihat. Janganlah hingga di tengah jalur kalian jadi belingsatan sebab motormu mogok.

3. Yakinkan dokumen komplit

Yakinkan SIM serta KTP kalian sedang dalam era gunakan. Keseluruhan pesan motor, semacam STNK serta BPKB pula butuh kalian membawa. Agaknya terdapat suatu yang tidak di idamkan terjadi dikala berkendara.

Baca Juga Posisi Duduk Saat Mengemudi Juga Ada Aturannya

4. Periksa kembali rumah kamu

Saat sebelum pergi mudik, janganlah kurang ingat cek kembali rumah kalian. Yakinkan kompor mati, jendela tertutup dengan rapat, pintu terkunci, serta betapa bagusnya menyudahi aliran listrik rumah.

5. Gunakan perlengkapan berkendara dengan komplit!

Perihal terutama merupakan gunakan helm! Helm mencegah kalian dari amat matahari yang panas serta hawa dingin menusuk di malam hari serta bisa mencegah kepalamu dari hantaman bila suatu yang tidak di idamkan terjadi.

Tidak hanya itu, maanfaatkan sarung tangan buat mencegah tanganmu dari hawa panas serta dingin. Tidak kurang ingat gunakan masker pula buat mencegah wajahmu dari abu serta kotoran di jalanan. Bila terdapat, gunakan penjaga dada supaya meminimalisir masuk angin.

6. Membawa obat- obatan pribadi

Untuk kalian yang memiliki penyakit spesial, janganlah kurang ingat membawa obat- obatan individu betul! Ini buat prediksi bila di tengah jalur kalian merasa sakit.

Baca Juga Tips Berkendara Dengan Motor Saat Hujan

7. Janganlah bawa bobot lebih

Jika mudik tentu mau membawakan sanak kerabat bawaan khas dari tanah rantau bukan? Janganlah hingga ini mempersulit ekspedisi kalian betul. Bila benda bawaanmu sangat banyak, hingga bobot pengemudi pula terus menjadi berat.

Beresiko pula bila lagi terletak di jalur dengan bobot berat. Bila benda bawaan amat banyak, lebih bagus kalian kirim memakai pelayanan pengiriman benda. Betul walaupun bisa jadi hendak sedikit mahal tetapi ini untuk keamanan kalian dikala berkendara.

8. Janganlah melampaui kapasitas penumpang

Janganlah mendesakkan kapasitas penumpang motor kalian betul! Bila dirasa ditumpangi oleh 2 orang telah terasa ketat, lebih bagus janganlah ditambah lagi sebab beresiko dikala ekspedisi. Belum lagi jika kalian perjalanan jauh, tentu hendak terasa tidak aman serta cepat letih sebab berboncengan melampaui kapasitas.

9. Janganlah lupa istirahat

Perihal yang kerap diabaikan oleh juru mudi, ialah rehat. Bila kalian merasa letih, janganlah lupa rehat ya! Dikala Idulfitri tentu banyak rest zona yang diadakan untuk pemudik. Bila terdapat posko kesehatan, kita bisa singgah buat lihat kesehatanmu. Kalian dapat bersantai terlebih dulu sambil mengistirahatkan mesin motormu. Motormu pula butuh rehat!

10. Uang saku

Yakinkan duit kantong kalian buat mudik cukup janganlah hingga kurang. Jika dapat kalian membawa duit lebih buat prediksi perihal yang tidak di idamkan.

Nah, biar selalu aman dan selamat sampai kampung halaman, jangan sepelekan tips diatas ya sob karena keselamatan harus diprioritaskan dan kenyamanan pun harus dijaga agar fokus mengemudi pakai motor tetap terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.