Ketahui Perbedaan Rem Tromol Dan Rem Cakram Pada Mobil

Perbedaan Rem Tromol Dan Rem Cakram – Sistem rem pada sebuah kendaraan berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat laju kendaraaan, pada sebuah kendaran jenis rem terbagi menjadi dua yaitu rem cakram dan rem tromol, agar lebih memahami sobat perlu ketahui perbedaan keduanya agar tidak salah kaprah ya.

Perbedaan yang pertama jika dilihat dari bentuknya maka rem tromol memiliki bentuk seperti drum dan tertutup apabila terlihat dari luar, dan rem cakram dengan bentuk seperti pirangan bulat. Lalu dari cara kerja kedunya pun berbeda untuk cara kerja rem tromol adalah dengan menggunakan sepasang kampas rem yang menggesek pada permukaan drum untuk menghentikan atau mempelambat laju kendaraan ketika pedal rem diinjak.

Salah satu kelebihan rem tromol adalah tidak mudah kemasukan debu dan tidak cepat kotor, karena posisinya yang didalam jadi tertutup dari luar dan kelebihan lainnya rem tromol dapat menampung beban kendaraan yang berat, oleh sebab itu rem tromol banyak dipakai untuk kendaraan berat sepeti truck.

5 Perbedaan Rem Tromol Dan Rem Cakram Pada Mobil

Perbedaan Rem Tromol belakang Dan Rem Cakram disc brake

1. Diamati dari kendaraan yang memakainya

Rem tromol biasa dipakai buat kendaraan lawas dekat tahun 1986 ataupun yang lebih berumur, sebaliknya pemakaian rem cakram dipakai oleh mobil- mobil era saat ini paling utama sebab mempunyai CC yang lebih besar alhasil membutuhkan energi rem yang lebih kokoh.

2. Metode kerja rem tromol

Metode kegiatan rem tromol diawali pada dikala kampas rem melekat pada sepatu rem( brake pads) yang membuat tromol( drum brake) berkeliling, hasil putaran tromol itu lah yang membuat laju mobil terus menjadi menurun.

Baca Juga Tips Mencegah Rem Mobil Blong Dan Pertandanya

3. Metode kerja rem cakram

Berlainan dengan rem tromol, rem cakram ini mempunyai metode yang lebih modern. Cara pengereman terjadi dikala cakram( disk brake) dijepit oleh kaliper( caliper) yang dipicu oleh piston buat menggerakkan kampas rem ke cakram itu sendiri.

4. Keunggulan serta kekurangan rem tromol

Keunggulan rem tromol itu sendiri merupakan wujudnya yang tertutup alhasil abu susah buat masuk dan sanggup menahan bobot kendaraan yang berat semacam truk. Tidak hanya ada keunggulan pasti pula terdapat kekurangan ialah tidak semua bagian kampas rem melekat sempurna pada tromol alhasil cara pengeraman jadi kurang maksimum.

5. Kelebihan serta kekurangan rem cakram

Tidak hanya rem tromol, rem cakram pula mempunyai keunggulan serta kekurangan. Kelebihan dari rem cakram merupakan cara pengereman yang lebih maksimum dan perputaran panas yang menyeluruh dampak banyak gerong pada cakram membuat rem cakram bebas dari overheat.

Sebaliknya kekurangannya merupakan sebab sifatnya terbuka hingga abu lebih gampang masuk serta butuh pemeliharaan teratur supaya tidak terjadi permasalahan pada cakram.

Jadi, sudah pada faham kan beberapa perbedaan dan kelebihan serta kekurangan dari rem cakram dan rem tromol? Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan sobat dirumah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.