Ini Dia Perbedaan KLX dan CRF, Mana Lebih Unggul

Kawasaki, GAET.co.id — Bagi para penyuka olahraga ekstrim seperti trail tentunya tidak asing lagi dengan KLX dan CRF. Honda tipe CRF150L serta Kawasaki tipe KLX 150 adalah yang paling populer di kalangan pecinta kendaraan trail. Namun mana sebenarnya yang lebih unggul? Berikut ulasan perbedaan KLX dan CRF:

Fitur yang Ditawarkan

Baik KLX maupun CRF tentu mengusung berbagai fitur yang menarik bagi setiap penggunanya. Salah satunya saja adalah adanya panel instrumen digital yang diusung oleh Honda CRF 150L sehingga membuat motor tampak lebih modern. Untuk fitur cakram sisi depan pada CRF adalah 240 mm serta pada sisi belakang menggunakan 220 mm.

Sedangkan Kawasaki tipe KLX 150 menggunakan cakram 240mm di bagian depan dan  sisi belakang menggunakan cakram 190 mm. Namun Kawasaki tentu tidak mau kalah, meskipun pada penggunaan cakram terbilang lebih kecil. Maka KLX memberikan berbagai fitur keren pada BF special edition.

Salah satunya adalah memberikan fitur hand guard yang berfungsi sebagai pelindung tangan khususnya di medan berat. Selain itu KLX juga memberikan kesan yang lebih berani dengan aksen velg warna hitam. Engine guard juga merupakan fitur yang ditawarkan oleh kawasaki KLX. Dimana fitur ini bisa melindungi mesin saat motor terjatuh.

Perbedaan dari Segi Desain

Jika dilihat dari segi desain tentu tidak jauh berbeda. Dimana motor KLX maupun CRF memang kendaraan yang di desain khusus untuk Off Road. meskipun tidak menutup kemungkinan digunakan di jalanan aspal biasa.

Namun bila dilihat lagi secara detail tentu kedua tipe motor ini memiliki perbedaan diantaranya adalah dari segi bobot, dimensi bahkan karakternya. Untuk dimensi yang digunakan KLX adalah 2.070 x 825 x 1.555 mm dan bobot 118 kg sedangkan pada CRF adalah 2.119 x 793 x 1.153 mm dengan berat 122 kg. 

Pada kapasitas penggunaan tangki CRF bisa dibilang unggul dengan kapasitas 7,2 liter dan jarak ke tanah sampai 285 mm. Sedangkan pada KLX memiliki kapasitas 6,9 liter dengan tempuh terendah pada tanah adalah 295 mm.

Spesifikasi Mesin

Torsi yang dikeluarkan oleh KLX 150 mencapai 11,3 Nm pada 6.500 rpm dengan maksimal tenaga 11,5 hm pada 8.000 rpm. Sedangkan pada mesin CRF 150L bisa mengeluarkan torsi sampai 12,43 Nm pada 6.500 rpm serta tenaga 12,7 hp pada 8.000 rpm.

Untuk penggunaan bahan bakar, CRF juga bisa dibilang lebih hemat. Dimana pada 1 liter  bisa menempuh sampai 40 km sedangkan untuk konsumsi bahan bakar KLX hanya mencapai 33 Kpl.

Perbandingan Kaki-kaki Tangguh

Sebagai pabrikan yang memproduksi motor atau bahkan kendaraan Off Road, tentu saja harus mengusung mesin serta desain tangguh. Salah satunya adalah desain pada kaki-kaki pada motor.

Penyematan suspensi berukuran 33 mm dan telescopic fork pada sisi depan serta Unitrack dipilih oleh pihak Kawasaki untuk memperkuat Kaki-kaki pada KLX. Selain itu Kawasaki juga menggunakan velg dengan ukuran 19 inci pada sisi depan serta 16 inci pada bagian belakang.

Sementara Honda CRF digunakan Sokbreker Upside Down berdiameter 37mm dan strok berukuran 225 mm sebagai bagian depan untuk suspensi. Dan pada sisi belakang adalah dengan sistem suspensi pro link  . sedangkan penggunaan velg depan Honda CRF adalah velg yang berukuran  21 inci  dan 18 inci pada sisi belakang.

Perbandingan Harga

Perbedaan KLX dan CRF ini tentu  juga akan berakibat pada harga. Kawasaki KLX menawarkan harga 30,7 juta untuk tipe standar sedangkan yang paling mahal adalah 37,3 juta untuk tipe BF Extreme.  Sedangkan Honda CRF sendiri mematok harga 34,45 juta pada satu jenis varian. Namun CRF memberikan 3 pilihan warna.

Itulah tadi 5 perbedaan KLX dan CRF yang tentu saja memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dengan berbagai fitur yang telah disematkan oleh setiap pabrikan tentu sudah melalui berbagai proses pertimbangan.

 

Baca Juga :  Ada 3 Motor Baru dari Kawasaki yang Muncul di Tahun 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.