5 Penyebab Oli mesin Cepat Habis Pada Motor

Penyebab Oli mesin Cepat – minyak pelumas atau disebut oli untuk mesin seperti mesin untuk sepeda motor maupun mobil. Oli memiliki peran  sangat penting, selain sebagai pelumas oli juga memiliki fungsi sebagai pembersih mesin. Namun tak jarang juga oli akan cepat habis. Apa saja penyebab oli mesin cepat habis pada sepeda motor?

1. Kebocoran Pada Seal Oli

Salah satu  menjadi penyebab oli mesin cepat habis  pertama adalah kebocoran pada seal oli. Faktornya bermacam-macam. Salah satunya adalah karena pengisian oli  berlebihan. Jadi jangan mengisi oli melebihi kapasitas.

Tips cara menghindari kebocoran pada seal oli : Pertama pemasangan seal oli harus benar dan sesuai prosedur  tepat, kedua sebelum melakukan pemasangan pastikan seal oli tidak dalam keadaan penyok agar diameter dalam seal oli tidak berubah, ketiga pastikan oli tidak melebihi kapasitas  telah ditentukan.

2. Oli  Jarang di Ganti

Penyebab  kedua adalah oli  jarang di ganti. Oli harus diganti sesuai jadwal  telah ditentukan. Yaitu setiap pemakaian dengan jarak tempuh 2000 – 3000 km. Selain dapat menyebabkan oli cepat habis, oli  jarang diganti dapat berakibat fatal pada komponen mesin.

Karena dapat merusak komponen-komponen mesin. Maka dari itu pergantian secara rutin sangat diperlukan pada kendaraan maupun mesin  menggunakan oli.

3. Kekentalan Oli  Tidak Tepat Dengan Spesifikasi Mesin

Penyebab  ketiga adalah karena kekentalan oli  tidak tempat dengan spesifikasi mesin. Mesin memiliki spesifikasi  berbeda-beda, maka dari itu oli nya harus berbeda-berbeda sesuai dengan spesifikasinya masing-masing.

oli mesin motor cepat habis
oli mesin motor cepat habis

Jika menggunakan oli dengan kekentalan tinggi maka mesin tersebut akan menjadi berat. Begitu juga sebaliknya, jika menggunakan oli dengan kekentalan rendah mesin tersebut menjadi ringan. Sangat disarankan untuk membaca buku pedoman untuk mesin  akan di isi ilo nya agar tidal salah mengisi.

4. Piston dan Ring Piston Aus

Penyebab  keempat adalah karena kerusakan pada piston dan ring piston. Sebenarnya kerusakan pada piston dan ring piston tak hanya aus namun ada beberapa macam seperti kotor dan tergores. Penyebabnya karena pemeliharaan komponen  kurang rutin.

Ring piston memiliki fungsi untuk meminimalisir campuran bahan bakar udara agar tidak masuk. Jika rusak dapat menyebabkan udara masuk ke dalam ruang oli. Hal itu lah penyebab tekanan kompresi mesin. Selain itu oli akan terbakar dan cepat habis. Selain itu dapat menyebabkan pencemaran udara.

5. Pemakaian Motor  Tidak Normal

Penyebab  kelima adalah karena pemakaian motor  tidak normal. Salah satu nya adalah karena ugal-ugalan. Selain dapat mendekatkan diri kepada Tuhan  Maha Esa (Kematian) hal ini juga penyebab oli cepat habis. Selain itu Stop Go juga penyebab oli menguap dan cepat habis.

Penggunaan  kasar adalah penyebab oli cepat habis. Maka dari itu sai nyawa diri sendiri begitu juga dengan kendaraan bermotor. Asuransi dapat menanggung jika kecelakaan untuk biaya pengobatan. Namun jika nyawa mela apakah bisa kembali hidup di dunia? Tentu saja tidak!

Itu lah Syobat GAET 5 Penyebab Oli mesin Cepat Habis Pada Motor. Mesin kendaraan adalah seperti anak  harus dirawat. Apa salah nya jika menggunakan dengan baik dan wajar lalu hanya mengeluarkan sedikit uang untuk mengganti oli maupun memperbaiki Seal Oli maupun membeli oli dengan kekentalan  tepat? Karena jika mesin motor mengalami kerusakan biayanya akan lebih mahal.

Baca Juga :  Apakah Benar Oli Harus Diganti Saat Motor Telah Terendam Banjir?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.