Ketahui 6 Penyebab Kopling Bergetar Pada Mobil Saat Transmisi

penyebab kopling bergetar – Ketika dilakukannya transmisi atau perpindahan kopling pada roda empat, beberapa pengendara biasanya merasakan getaran pada mobil. Fenomena ini dimungkinkan terjadi bukan karena kondisi mobil  sudah tua, melainkan ada masalah  harus segera diperbaiki. Meski terkadang orang menganggap wajar, namun harus segera dicari penyebab kopling bergetar agar segera menemukan solusinya.

Kenyamanan saat berkendara tentunya harus selalu diutamakan, begitu pula masalah bergetarnya pedal kopling  akan mengurangi kenyamanan ketika mengemudi. Lebih parahnya lagi sobat gaet, mobil dapat rusak atau justru berhenti bila masalah sederhana ini tidak segera diperbaiki.

Ada 6 kemungkinan  menyebabkan bergetarnya pedal kopling, berikut penjelasannya

 

1. Adanya Kerusakan pada Release Bearing

Diantara sekian komponen mobil  harus segera diperiksa saat kopling bergetar adalah release bearing. Komponen ini berfungsi mengatur dorongan pada diafragma dan sangat berpengaruh pada kondisi mobil saat terjadi pergantian kopling.

Ketika komponen mobil  satu ini kocak atau rusak, maka akan menghasilkan getaran  kasar saat terjadinya perpindahan transmisi.

2. Permukaan Roda Gigi  Rusak

Salah satu penyebab kopling bergetar saat transmisi adalah permukaan flywheel atau  dikenal dengan roda gigi mengalami kerusakan. Pemakaian  terlalu lama menjadi penyebab roda gigi menjadi oleng. Sehingga kampas kopling  terhubung dengan roda gigi menjadi tidak sempurna dan menghasilkan getaran saat terjadi perpindahan kopling.

Penyebab kopling bergetar
Penyebab kopling bergetar

3. Pegas Diafragma  Semakin Melemah

Meski masalahnya sederhana, namun keadaan ini justru akan menurunkan kenyamanan berkendara. Adanya getaran pada kampas kopling juga bisa terjadi karena melemahnya pegas diafragma pada clutch cover. Kerusakan ini menyebabkan getaran  terjadi saat perpindahan transmisi sulit diredam, sehingga sangat terasa kasar.

4. Terjadi Kerusakan Pada Engine Mounting

Engine mounting memiliki peran penting dalam menahan serta menghubungkan mesin dengan frame pada kendaraan. Perlu diperhatikan bahwa komponen ini berbahan logam dengan disertai karet pada bagian dalam,  mana karet memiliki peranan untuk menahan adanya getaran  terlalu kuat pada kampas kopling.

Untuk itulah apabila karet telah rusak, perlu adanya pergantian engine mounting  baru.

5. Permukaan Kopling  Basah

Getaran pada kampas kopling bisa jadi dikarenakan sebuah masalah  sepele, seperti adanya air atau oli  menempel pada permukaan kampas kopling. Jalanan  dipenuhi dengan genangan air saat musim hujan juga berpotensi menyebabkan permukaan kampas kopling basah. Sehingga ketika terjadi pergantian kopling, mobil akan mudah bergetar meski getaran  dihasilkan ringan.

Oleh sebab itu, diperlukan pemeriksaan terjadwal untuk mengetahui keadaan setiap komponen mobil, apalagi sebelum mobil digunakan untuk berkendara jarak jauh. Permukaan kampas kopling  basah harus segera dibersihkan sebelum terjadi kerusakan.

Apabila tidak bisa melakukannya sendiri, pengendara dapat meminta bantuan pada seseorang  ahli dan mengerti akan setiap komponen mobil.

6. Pemasangan Baut Clutch Cover  Terlalu Kencang

Salah satu penyebab kopling bergetar pada saat transmisi bisa disebabkan oleh pemasangan baut clutch cover  kurang tepat.

Untuk itulah pemasangan baut tidak boleh asal-asalan, sebab pemasangan baut  terlalu kencang akan mengakibatkan munculnya getaran pada mobil saat perpindahan transmisi. Sehingga ketika terjadi getaran  terlalu kasar, ada baiknya pengendara segera memeriksa baut clutch cover.

Itulah sobat GAET 6 penyebab kopling bergetar pada mobil saat gas kopling diinjak maupun ketika dilepas. Untuk menghindari adanya kerusakan lebih lanjut pada mobil, sebaiknya rutin melakukan servis ke bengkel untuk memeriksa kondisi mobil. Sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan komponen mobil, serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

 

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jamur Di Mobil, Manfaatkan Bahan Sederhana!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.