Kenali Penyebab Motor Oleng Saat Dikendarai

Penyebab Motor Oleng – Motor kerap beberapa bagian motor mengalami masalah, yang menyebabkan motor mogok sampai motor terasa oleng atau tidak stabil ketika dikendarai, motor yang kurang perawatan menjadi penyebab utama masalah kerap muncul, agar motor kesayangan sobat tidak oleng ketika dikendarai, perlu kenali beberapa penyebab motor oleng ke kiri saat jalan.

Cara mengatasi motor oleng yang pertama sobat bisa cek bagian roda, terutama bagian as dan velg ban, velg ban yang bengkok bisa menjadi penyebab motor oleng, karena velg menjadi titik tumpu berat kendaraan, jika velg bengkok maka posisi ban pun tidak lagi lurus dan stabil, ini akan sangat berbahaya ketika motor berada saat kecepatan tinggi.

Penyebab lainnya yaitu komstir motor, dan terjadi di berbagai kasus penyebab motor oleng bagian depan yang mengakibatkan kemudi tidak stabil, jangan pernah membiarkan ini terjadi ya sob, segera cek dan serahkan pada ahlinya.

 6 Penyebab Setir Motor Oleng Bagian Depan Saat Menikung

penyebab motor oleng geal geol ban kempes

1. Komstir

Sobat sempat hadapi posisi stang sepeda motor susah dikontrol? Ataupun terdengar suara” dakk” keras dikala melintas polisi tidur. Bila iya, bisa jadi bagian yang satu ini faktornya. Bagian yang terdiri dari sebagian ball bearing yang berperan buat memudahkan kita dikala berbelok. Serta nyatanya akan dapat gesit mendahului ke kanan ke kiri apalagi ke belakang bila komstir masih wajar ya.

Tetapi dikala komstir telah mulai cacat, stang kendaraan susah di kendalikan serta motor jadi terasa tidak normal dikala kalian kendarai.

2. As Roda

Kerap tidak dipedulikan sebab memanglah as roda takkan ditukar jika belum patah. Sementara itu dapat ancaman amat sangat jika itu hingga terjadi. Serta bila tidak di cek dengan cara cermat tidak kan sedemikian itu nampak jika telah aus, tetapi terdapat metode gampang yang dapat kalian jalani.

Bila memanglah nampak telah amat longgar antara garis tengah as dengan lubang bearing, berarti as roda kalian telah aus ya. As roda yang aus umumnya diakibatkan sebab memanglah konsumsi ya.

3. Bearing Roda

Penyebab lainnya adalah karena beraring pada bagian roda yang terpasang bisa tidak presisi atau pas, yang menyebabkan motor menjadi oleng dan tidak stabil. Bagian ini hendak cepat cacat bila motor kerap menerobos banjir ataupun dapat dikatakan kubangan lah ya. Serta kesimpulannya ambyar pula deh. Pilu amat sangat ya, bearing pula pula dapat sertaan ambyar, tak cuman batin.

4. Velg Penyok

Velg penyok ataupun peang pula dapat menyebabkan motor jadi tidak normal. Putaran roda yang sepatutnya senter, jadi tidak berkeliling sebaiknya. Velg peang sendiri disebabkan seringnya motor menghantam lubang jalur ataupun keseringan menghajar pembatas jalur busway nama lain kerap ngebut serta kurang ingat menarik dongkel rem. Serta, terjadilah cerita velg jadi peang. Hayo, siapa yang kerap ngebut tanpa hirau velg motornya? Jadi tak normal, kan motornya.

5. Ban Gundul

Ban botak dapat pula jadi bibit keladi motor jadi tidak normal cocok dikendarai. Pattern ban yang telah habis atau yang telah berkurang, kerapkali memunculkan dataran tidak datar di tiap sisinya. Perihal inilah yang jadi faktornya, terlebih dikala hujan mendera, grip ban ke aspal kian menurun serta kesimpulannya terjadi slick.

6. Suspensi mati

Nah, buat permasalahan suspensi mati tidak sering amat sangat terjadi, tetapi bukannya tak akan terjadi ya. Suspensi motor mati sebab terdapatnya pembiaran dikala oli suspensi motor hadapi masuk. Jika hadapi suspensi motor mati, bukan cuma tidak normal, tetapi pula buat berkendara jadi tidak aman.

Motor oleh ke kiri atau goyang bukan pertanda baik ya sob, nah dengan mengetahui penyebab nya diatas, sobat bisa menghindari untuk terjadinya motor oleng, ban yang botak atau aus bisa menjadi pemicu juga lho, ketika motor di rem dan kondisi depan dan setir motor tidak stabil alias bergoyang, segera cek sistem suspensi depan bisa terjadi kerusakan yang lebih parah jika dibiarkan terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.