Penyebab Keluar Asap Hitam Pada Motor

Asap Hitam Pada Motor – Munculnya asap hitam pada motor bukanlah pertanda baik, kebalikanya jika terdapat asap hitam keluar dari knalpot maka ada kerusakan atau masalah pada bagian motor, penyebab utamanya bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari busi yang kotor atau rusak, piston atau filter udara yang kotor.

Motor injeksi atau motor karburator sering mengalami permasalahan ini, untuk kejadian ini sobat perlu mengandalkan ahlinya alias mekanik bengkel yang handal, bukan hanya motor penyebab knalpot mobil keluar asap hitam juga sering terjadi, namun umumnya terjadi pada komponen yang sama, segera cek dan bawa ke bengkel motor terdekat untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Tips dan cara menghilangkan asap hitam pada motor terlebih ketika rmp tinggi, adalah dengan mengganti atau melakukan servis secara rutin dengan benar, permasalah ini lebih sering terjadi pada motor karburator, ini di sebabkan oleh terlalu banyak nya bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran karena setelan bensin yang salah. Tenang sob, untuk mencari apa penyebabnya sudah disiapkan untuk sobat dirumah dibawah ini.

5 Penyebab Motor Keluar Asap Hitam Dari Knalpot Motor

penyebab asap hitam pada motor supra 125 knalpot racing

1. Terdapat permasalahan pada busi

Bongkar serta cek busi bila kalian memandang asap gelap ataupun abu- abu pergi dari knalpot motor. Terdapatnya warna gelap pada kepala busi membawa alamat kalau kombinasi hawa serta bensin sangat banyak, alhasil menciptakan asap hitam.

Tidak hanya itu, timbulnya serat gelap, berair, serta mengkilap pada kepala busi umumnya dipicu oleh sangat banyak oli yang masuk ke ruang pembakaran, alhasil menciptakan asap hitam dari knalpot.

2. Filter udara tersumbat

Senantiasa cek serta bilas filter udara bila tersendat, dapat jadi perihal itu merupakan pemicu asap hitam timbul. Bila filter hawa telah sangat lama dipakai, hendaknya ditukar dengan filter terkini. Filter berperan selaku saluran supaya bensin serta udara teraduk dengan perbandingan yang serupa.

3. Terdapat permasalahan pada ring piston serta katupnya

Cek ring piston serta katupnya buat membenarkan terpasang dengan rapat. Bila kalian tidak ahli melaksanakannya serta buku instruksi buku petunjuk tidak menyediakannya, lekas cari dorongan handal. Katup yang tidak berperan hendak membuat oli dibakar, alhasil menciptakan asap gelap dari knalpot.

4. Sangat banyak oli

Coba cek bila terdapat sangat banyak oli pada tempat penampungnya, bila itu betul hingga rembesan keunggulan oli beresiko masuk ruang pembakaran, membuat mesin turut membakar oli serta menciptakan asap gelap dari kanlpot.

5. Cepat cari bantuan teknisi ahli

Bila kalian tidak percaya apa yang jadi pemicu timbulnya asap gelap dari knalpot, janganlah berupaya menanggulangi sendiri permasalahan motor ini sebab beresiko mematikan mesin. Lebih bagus cari bantuan teknisi pakar sedini bisa jadi.

Nah, asap hitam yang keluar dari knalpot motor terlebih ketika pada posisi tekanan rpm tinggi, pertanda bahwa settingan bensin bermasalah atau setelan bensin terlalu boros, segera perbaiki di bengkel motor terdekat untuk meminimalisir terjadi kerusakan yang makin parah, bukan hanya motor matic atau bebek, hal serupa terjadi juga pada motor 4 tak kok, intinya ini bukan pertanda baik ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.