Cek 5 Komponen Motor Ini Usai Nekat Terobos Banjir

Rizal, Service Advisor Kawasaki Super, Kota Tangerang membeberkan, beberapa daftar komponen yang direkomendasikan untuk dicek, setelah nekat menerjang genangan air atau banjir.

1. Busi
Baik motor tipe matik, sport, dan moped (bebek) biasanya posisi busi akan langsung terkena cipratan air. Jika menerjang banjir atau genangan air yang lama potensi mesin mati bisa saja terjadi. Rizal menyebut kondisi mesin mati karena melemah atau hilangnya pengapian.
“Bisa dibuka tutup businya, dikeringkan sampai benar-benar kering. Gejala awalnya bila sudah melemah motor akan ‘brebet’,” katanya.

2. Filter udara
Untuk yang satu ini juga punya fungsi yang penting dan sering kemasukan air. Gejala yang timbul biasanya sama dengan busi yang terkena air. Motor akan terasa berat dan brebet ketika tuas gas sedang diputar.
“Kalau basah banget dan dibiarkan, motor bisa ngadat atau mati karena air masuk ke ruang bakar, kalau motor sekarang biasanya sudah pakai filter udara tipe basah yang ada pelumasnya, takutnya air terus nempel di situ,” ujarnya.

3. Oli mesin
Untuk motor di atas 150 cc biasanya sudah disediakan dipstick atau kaca untuk melihat oli di sekitaran blok mesin. Jika warnanya berubah menjadi putih, jangan kompromi langsung kuras dan ganti dengan yang baru.
“Parahnya bisa jebol (rusak) mesinnya bila tidak diganti,” ucapnya.

4. CVT (Continous Variable Transmission)
Meski Kawasaki tak mengeluarkan motor tipe matik, Rizal menyarankan untuk mengecek kondisi ruang CVT. Ya, air yang masuk ke ruang transmisi tipe motor ini, akan membuat kinerja penyaluran tenaga ke roda belakang akan berkurang performanya.
“Tidak perlu diganti fan belt atau roller-nya. Pastikan saja bagian driven face bersih dari air. Itu biasanya yang bikin suara kasar, atau putaran roda jadi berat,” jelasnya.

5. Kelistrikan
Terakhir kata Rizal, jika semua sudah dicek namun motor tak menyala, bisa juga melakukan pengecekan lebih teliti di bagian kelistrikan seperti sekring, dan aki. Kendati demikian, Rizal mengklaim motor tipe injeksi bagian pentingnya biasanya sudah dilapisi pelindung anti air.
Saran Rizal, agar kondisi motor tetap dalam keadaan prima, korbankan waktu sedikit untuk mencari jalan alternatif daripada nekat menerobos banjir. Bagaimana, Anda setuju?

Credit : Kumparan.com

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.