Tips Ampuh Cara Merawat Motor Tua

Merawat Motor Tua – Motor tua memiliki perbedaan yang signifikan dari segi perawan dengan motor keluaran terbaru, motor tua di desain dengan teknologi kuno pada masanya, jadi ketika motor tua masih eksis sampe sekang, cara perlakuan dan cara merawatnya pun sangat berbeda, sobat pencinta motor tua harus faham dan sabar memahami tips ampuh perawatannya agar tidak salah sampai menyebabkan kerusakan.

Yaa namanya motor tua kan sob, spare part atau suku cadang nya juga susah untuk ditemukan, bahkan terbilang langka. Oleh sebab itu perlu perhatian khusus dari pemilik motor tua untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah, jika ada pun suku cadang yang dicari maka harga suku cadang nya akan mahal. bisa sobat hindari dengan menerapkan cara merawat motor tua agar selalu awet dan panjang umur dengan rutin dan berkala yang akan dibahas dibawah ini.

Nah, tidak ada yang repot kok jika sobat selalu memberikan perlakuan khusu dan perawatan seperti servis berkala, maka umur motor tua pun akan lebih panjang dan sobat dapat menghindari kerusakan yang akan terjadi, lalu apa saja sih cara merawat dan perlakuan khusus untuk motor tua apalgi vespa tua itu? Yuk kita bahas dibawah ini.

5 Tips Cara Merawat Motor Tua Agar Awet Dan Panjang Umur

cara merawat motor tua honda cb 100 klasik

1. Cegah suku cadang motor berkarat

Karat merupakan permasalahan terbanyak dari motor tua. Rantai motor salah satu suku cadang yang gampang teroksidasi, alhasil gampang aus serta rontok.

Pemecahan dari permasalahan itu simpel, kalian wajib melindungi rantai senantiasa terlumasi, serta maanfaatkan motor melaju dalam waktu durasi khusus supaya rantai senantiasa berperan wajar.

2. Cek situasi aki motor

Aki motor merupakan komponen vital untuk sepeda motor, karena fungsinya sebagai sumber kelistrikan pada motor maka jika sudah kadaluarsa atau berumur, aki motor sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru. karena aki suku cadang yang rentan maka lambat laun akan menurun fungsi dan kinerjanya.

Terdapat alternatif yang bisa dilakukan, yaitu dengan rutin mengisi ulang sumber daya aki agar tidak kosong, karena jika tidak diisi ulang dan sampai kosong maka sistem kelistrikan pada motor akan terganggu bahkan menyebabkan bagian motor menjadi rusak.

3. Ganti ban yang telah aus

Bila kalian kegemaran memakai motor tua dalam waktu durasi lama, lebih bagus ganti ban orisinalnya dengan yang terkini. Perihal ini dicoba buat menghindari kehancuran ban yang telah termakan umur. Cek tingkatan aus ban apakah sedang pantas dipakai.

4. Lumasi silinder serta piston

Walaupun motor tua, bila sedang berperan senantiasa wajib dijalani dalam gelombang khusus serta tidak dijadikan dekorasi. Motor yang bercokol diri sangat lama hendak mengganggu mesinnya. Selalu lumasi piston sesaat sebelum dipakai ya sob.

5. Membawa ke bengkel bila terdapat kerusakan lumayan berat

Bila motor tua milikmu menginginkan lebih dari semata- mata pemeliharaan teratur simpel, misalnya terdapat kerusakan di bagian mesin, janganlah sempat coba buat menanggulangi sendiri, tahap terbaik merupakan membawanya ke bengkel pakar. Perbaikan oleh pakar dicoba buat menghindari resiko melaksanakan motor tua.

Gimana sob? Sudah pada faham kan faktor krusial yang harus diperhatikan jika memiliki motor tua, susah susah gampang sih sebenernya, jika sobat rajin dan selalu merawatnya dengan baik maka motor tua akan selalu awet dan tidak mudah rusak. Selalu siap siaga jika ada komponen pada motor tua yang mengalami masalah, perbaiki segera jangan dibiarkan ya sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.