5 Ciri Oli Motor Sudah Waktunya Wajib di Ganti

Sepeda motor sebagai kendaraan  paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk aktivitas sehari-hari, baik untuk bekerja maupun berkendara biasa. Harga  cukup terjangkau untuk beberapa jenis sepeda motor, motor dipilih karena mampu melewati macet lebih baik dari kendaraan mobil. Salah satu perawatan  perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan sepeda motor yaitu ciri waktunya ganti oli motor.

Oleh karena itu tidak heran jika kendaraan  digunakan dapat lebih optimal. Bahkan dapat memperpanjang waktu pemakaian sepeda motor.

Untuk lebih jelasnya, simak  5 ciri kondisi oli motor sudah waktunya di ganti berikut ini :

 

1. Oli Sudah Berwarna Hitam Pekat

Pada umumnya warna oli ketika baru diganti adalah sedikit kecoklatan, masih berwarna biru ataupun berwarna kuning. Setiap warna menyesuaikan dari jenis dan kualitas oli tersebut.

Namun, ketika oli sudah digunakan untuk pembakaran mesin pada sepeda motor, oli akan berubah warna menjadi hitam. Hal itu disebabkan oleh zat emisi atau zat panas dari sisa hasil proses pembakaran pada mesin selama motor digunakan.

Ketika oli sudah berwarna hitam pekat, oli tersebut sudah terkontaminasi oleh emisi atau zat panas sisa pembakaran dari mesin kendaraan. Sebaiknya, segera ganti oli mesin tersebut dengan oli mesin  baru, sehingga tidak menurunkan performa pada sepeda motor  digunakan.

Jika warna hitam pekat tersebut dibiarkan terlalu lama, mampu memberikan dampak buruk seperti kerusakan secara bertahap pada mesin sepeda motor  digunakan.

2. Suara Mesin Kendaraan Kasar

Ketika kualitas oli  sudah tidak baik digunakan untuk mesin sepeda motor tetap digunakan, mampu mengakibatkan performa mesin menjadi menurun.

Tentunya dapat menurunkan daya lumas pada gear transmisi terganggu dan akan mengakibatkan suara pada mesin sepeda motor menjadi kasar.

Suara kasar akan jelas terdengar ketika dalam kondisi mengoper gigi maupun ketika digas pada saat menggunakan sepeda motor di jalan. Ketika suara mesin dari sepeda motor terdengar kasar, akan menimbulkan rasa tidak nyaman dengan suara tersebut saat sedang menggunakan sepeda motor.

Ciri tersebut menandakan jika waktu ganti oli motor dapat segera dilakukan di bengkel biasa maupun di bengkel resmi kendaraan tersebut.

Karena jika tidak segera dilakukan, akan berdampak buruk terhadap cara kerja mesin pada saat sepeda motor digunakan untuk beraktivitas sehari-hari maupun pada saat bepergian jauh. 

3. Suhu Mesin Tinggi

Cara lain untuk mengetahui oli mesin harus diganti dengan  baru atau tidak, yaitu dari suhu mesin  terasa tinggi. Pada saat menggunakan sepeda motor, mesin akan mulai bekerja untuk menggerakan sepeda motor, mesin mampu menghasilkan panas dari hasil pembakaran.

Saat kualitas oli  sudah tidak baik tetap digunakan, oli tersebut dapat menimbulkan daya hantar panas menurun terhadap mesin kendaraan.

ciri oli motor waktunya sudah ganti
ilustrasi ganti oli yang sudah wajib diganti

Panas  dihasilkan dari pembakaran pada mesin sepeda motor tidak dapat menyebar secara merata ke seluruh bagian mesin kendaraan tersebut.

Sehingga hawa panas  muncul pada mesin akan terasa ketika sepeda motor sedang digunakan, terutama pada jenis sepeda motor gigi. 3 cara tersebut dapat menjadi patokan untuk mengganti oli pada mesin kendaraan.

4. Jarak Tempuh Kendaraan Lebih Dari 5.000 Kilometer

Selain 3 hal di atas, ada cara  paling mudah untuk mengetahui waktu ganti oli motor. Yaitu, oli motor harus segera diganti pada saat sepeda motor sudah digunakan di 3.000 sampai dengan 5.000 kilometer, dapat dilihat pada speedometer. Patokan kedua yaitu, saat pemakaian sepeda motor setiap harinya kurang dari 50 kilometer, oli sebaiknya diganti setiap satu setengah sampai dua bulan sekali.

5. Volume Oli Kurang

Pada umumnya, untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor dengan kapasitas 150cc, volume oli pada mesin dibutuhkan sekitar 1 liter.

Volume oli pada mesin akan berkurang seiring dengan intensitas pemakaian mesin pada kendaraan roda dua tersebut, jika terjadi pengurangan volume oli melebihi batasnya, segera periksa ke bengkel. 

Pergantian waktu ganti oli motor pada mesin kendaraan sangat diperlukan untuk merawat mesin sepeda motor  digunakan, terutama ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari.Perawatan  dilakukan dapat menentukan durasi penggunaan kendaraan. Apabila sepeda motor Sobat GAET sering mendapatkan perawatan  baik, durasi penggunaan sepeda motor tersebut bisa berlangsung lama.

Baca Juga :  Apakah Benar Oli Harus Diganti Saat Motor Telah Terendam Banjir?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.