Banyak yang Belum Tahu, Inilah Perbedaan Oli Meditran SX dan SC | GAET.co.id

Banyak yang Belum Tahu, Inilah Perbedaan Oli Meditran SX dan SC

Perbedaan Oli Meditran SX dan SC – Mungkin sebagian besar pemilik kendaraan baru kerap menyamakan dua cairan oli ini, padahal ada perbedaan oli meditran sx berdasarkan jenis dan jarak tempuh sx dan sc. Merujuk kepada fungsinya sendiri, memang oli bertugas sebagai pendingin mesin, pelindung dari gesekan-gesekan antara mesin, dan penghemat energi pada kendaraan.

Lalu, lantas mengapa dua cairan tersebut dibedakan? Padahal fungsi utama kedua oli tersebut tetaplah sama sebagaimana  dipaparkan di atas.Nah, berikut paparan lengkapnya

Membedakan oli meditran sx dan sc dari berbagai aspek, agar pengguna kendaraan baru tidak salah kaprah lagi :

 

1. Definisi Produk

Sebelum mengetahui aspek lain dari oli, pengguna mesti tahu terlebih dahulu perbedaan oli meditran sx dan sc dari segi definisi. Jika ditelusuri, huruf S (Spark) pada oli merupakan huruf awal  menjadi kode mesin dan masuk bagian dari API (American Petroleum Institute). API sendiri merupakan sebuah institusi  mengatur tingkat kualitas kemampuan oli mesin kendaraan.

perbedaan oli meditran sx dan sc

Dalam peraturannya, API telah menetapkan bahwa semakin tinggi huruf terakhir sesudah S maka artinya oli mesin dikhususkan bagi kendaraan untuk pekerjaan berat. Biasanya, kode huruf abjad terakhir sesudah S dimulai dari huruf A sampai  terakhir saat ini adalah huruf abjad X.

Dengan begitu, definisi sx berarti pelumas oli mesin ( API CI-4 ) memiliki tingkat kinerja lebih tinggi daripada sc. Begitu pun sebaliknya, oli sc berarti pelumas  memiliki kinerja rendah karena dikhususkan bagi mesin kendaraan untuk pekerjaan tidak berat. Pemahaman istilah ini perlu diketahui agar pengguna mobil tidak salah kaprah dan tau mana oli  berfungsi maksimal untuk kendaraannya.

2. Keunggulan Produk

Oli meditran sc merupakan pelumas  untuk mesin  kendaraan  memiliki keunggulan dalam meminimalisir keausan atau mengurangi gesekan pada komponen mesin. Selain itu, cairan oli ini juga dapat menjaga mesin agar tetap bersih walaupun mobil telah dibawa dalam perjalanan jauh.

Keunggulan menguntungkan lainnya dari produk oli meditran sc, yakni dalam pemberian oli nantinya, pelumas ini dapat menyesuaikan temperatur mesin kendaraan. Hal ini tak dimungkiri karena formula dari oli tersebut memiliki kekentalan ganda,  memungkinkan pelumas dapat diberikan pada temperatur rendah maupun tinggi. 

Selain hemat dalam pemakaian, oli meditran sx juga mampu mencegah terbentuknya busa,  mana busa sendiri merupakan campuran air dengan oli pada mesin kendaraan. Nah, itulah beberapa perbedaan spesifik dari masing-masing produk oli pada mesin  kerap kali dianggap sama ternyata punya keunggulan tersendiri.

3. Penggunaan  Disarankan

Sebagai pemilik kendaraan, penggunaan oli pada mesin sangat perlu diperhatikan, sebab melakukan kesalahan dalam pengaplikasian oli akan menjadikan kendaraan tidak bertenaga. Bahkan kesalahan dalam menuangkan oli kepada jenis kendaraan  berbeda akan berujung pada kefatalan  dapat merusak komponen mesin. Sama seperti kendaraan, pada dasarnya oli memiliki jenis  beragam sehingga inilah perbedaan oli meditran sx dan sc  perlu diketahui.

Pertama untuk oli meditran sc sendiri, pelumas ini bisa direkomendasikan untuk kendaraan pribadi salah satunya  bisa  dipakai pada sepeda motor. Pengecekan lebih lanjut mengenai penggunaan oli meditran sc bisa dilihat lagi oleh pengguna kendaraan pada API Service di kemasan pelumas. Sedangkan, oli meditran sx cocok digunakan pada mesin diesel tugas berat dengan jenis  kendaraan seperti innova diesel,mobil panther, Bus, Truk, trailer dll, mesin genset, dan alat berat.

4. Tampilan Kemasan

Perbedaan oli meditran sx dan sc bisa dilihat langsung secara kasat mata dari tampilan produk kemasan  dibuat pada pabrik. Dalam segi pemasaran, kemasan menentukan identitas suatu produk  bisa dibedakan dari tampilan warna, tulisan, gambar, dan bentuk secara keseluruhan. Berdasarkan peninjauan pada google image maka didapati perbedaan  signifikan antara oli meditran sx dan sc.

Mulai dari segi warna, sebagian besar produk oli meditran sx  dijual cenderung menggunakan warna abu-abu sebagai identitas produk kemasannya. Sedangkan oli meditran sc kebanyakan ditampilkan menggunakan warna merah tua sebagai warna identitas produknya. Selain itu, warna tulisan pada logo pun berbeda, dimana oli meditran sx memilih warna putih pada kode sxnya sedangkan kode sc memilih menggunakan warna kuning. contoh pada oli tersebut dengan merk fastron diesel, sheel rimula, prima xp untuk 15w – 40

5. Harga Produk

Banyak  mengatakan bahwa harga menentukan kualitas produk, pada kasus ini oli pada kendaraan tergantung pada ketepatan pemberian pelumas oleh pengguna kendaraan. Seberapa mahal pun oli  dibeli tetapi tidak cocok dengan jenis kendaraan sebagaimana  tertera pada produk maka sia-sialah harga  telah dibayar.

Sehingga, inilah perbedaan oli meditran dan sc  perlu diketahui terutama oleh pengguna kendaraan baru dari segi harga produk olinya. Menelisik dari beberapa e-commerce di Indonesia, harga oli meditran sc itu dibanderol jauh lebih murah daripada oli meditran sx. Dengan perbandingan harga jual, yakni sekitar dua ratus ribu rupiah dan ini disesuaikan lagi dengan ukuran produk pelumas  ditawarkan.

Nah, itulah beberapa tips mobil pembeda oli meditran sx dan sc  bisa menjadi referensi khususnya buat pemilik kendaraan baru. Semoga tulisan ini dapat memberikan referensi bagi pembaca mulai dari harga produk, bentuk tampilan, hingga menkut keunggulan dari dua pelumas tersebut.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.