Cara Aman Merawat Kopling Sepeda Motor

Merawat Kopling Motor – Motor dengan transmisi manual memiliki kopling sebagai alat untuk memindahkan gigi, jika kopling motor ini rusak maka sobat tidak bisa jalan karena sistem transimisi manualnya bermasalah, untuk menghindari hal itu ketahui bagaimana cara merawat kabel kopling motor agar selalu aman dan berfungsi dengan normal.

Kopling motor tidak terdapat pada motor matic, untuk sobat yang memiliki motor kopling segera lakukan perawatan agar terhindar dari masalah yang akan muncul, walapun sedikit lebih ribet namun sobat jangan asal dalam merawat nya harus dengan aman, tips nya dengan melakukan servis motor bulanan maka kondisi motor manual seluruh bagian akan terjaga dengan baik.

Tali kopling juga perlu diganti jika terdapat keruskan atau sudah rusak karena faktor umur, ya kabel kopling bisa saja termakan usia dan kualitasnya menurun sama halnya dengan komponen lain, beberapa komponen pada kopling motor selain tali juga kampas rem, wajib diganti jika sudah aus dan ketahui cara cek kampas kopling motor.

5 Cara Merawat Kopling Motor Yang Baik Agar Awet

cara merawat handle kopling motor

1. Ganti oli dengan cara rutin

Ini bisa jadi merupakan ketentuan yang sangat penting buat melindungi mesin motor kopling senantiasa prima. Terlebih untuk motor yang biasa dibawa ekspedisi jauh, hingga oli yang terdapat di mesin hendak terus menjadi keruh serta pekat, yang kesimpulannya membuat mesin jadi rusak. Idealnya pergantian oli dicoba tiap 2000 km perjalanan.

2. Sering lihat kampas kopling

pemeriksaan kampas kopling merupakan harus ketetapannya untuk para konsumen motor kopling. Kampas yang bermasalah pasti hendak mengakibatkan kendala dikala transmisi serta pengaruhi laju motor. Bila telah aus ataupun terkikis, janganlah menahan- nahan lagi, segeralah ganti dengan kampas yang terkini.

3. Giat bersihkan kabel kopling

Bila ajakan kopling mulai terasa berat, ini disebabkan kabel kopling lagi dalam kondisi kering ataupun kotor dampak dari bahan di bagian dalam kabel. Buat menanganinya, maanfaatkan pelumas ataupun larutan pembersih karat lain buat motor ke dalam kabel. Masukkan larutan lewat tuas pada bagian handling kopling.

4. Dikala berkendara, janganlah berat kaki ganti gigi

Sebab dikendalikan dengan cara buku petunjuk, sebagian juru mudi kadangkala kira- kira berat kaki buat mengoper giginya, contoh pada dikala terletak di lampu merah. Sementara itu bila gigi tidak diturunkan dikala dalam kondisi menyudahi, mungkin besar motor hendak memerlukan tenaga yang lebih besar dikala melaksanakan gas dini. Situasi ini dapat membuat kampas motor jadi cepat aus.

5. Perhatikan bahan bakar

Janganlah acak dikala memilah bahan bakar buat motor kopling, sebab umumnya buat sebagian jenis motor khusus menginginkan bahan bakar spesial. jangan asal memakai jenis bahan bakar karena jika salah maka akan menyebabkan mesin menjadi panas berlebih. Bahan bakar yang cocok buat motor kopling dianjurkan merupakan Pertamax Plus.

Dengan merawat kopling motor injeksi makan sobat sudah selangkah lebih depan untuk menjaga motor tetap prima, element penting yang harus dicek utamanya adalah, kampas, ranti motor kopling, dan kabel.

Jangan anggap enteng masalah kopling ini ya sob, khususnya pengguna motor kopling biasa nya lebih ke motor sport, jika ingin lebih aman pasang gps motor terbaik , keuntungannya sobat bisa melacak keberadaan motor dimanapun lho hanya melalui hp secara realtime dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.