Cara Merakit Audio Mobil yang Benar Agar Suara Terdengar Berkualitas | GAET.co.id

Cara Merakit Audio Mobil yang Benar Agar Suara Terdengar Berkualitas

GAET.co.id – Pemilik mobil yang tahu cara merakit audio mobil yang benar, bisa memberikan pengalaman yang nyaman bagi penumpangnya. Hal ini karena orang-orang yang ada dalam mobil dapat terhibur karena suara yang dihasilkan oleh perangkat audio di dalam kabin terdengar berkualitas selama perjalanan. Sobat GAET Yuk liat cara merakit audio pada mobil yang benar agar suara terdengar berkualitas:

1. Merakit Speaker Standar untuk Audio Mobil 

Beruntunglah, jika pemilik mobil sudah puas dengan speaker bawaan dari mobil yang dibeli. Namun, apabila sebaliknya mungkin keinginan untuk mengganti speaker akan terjadi. Speaker standar yang biasa dijual di gerai otomotif bisa menjadi opsi untuk audio mobil saat ini. Maksud standar disini merujuk kepada segi pemasangan speaker yang tidak rumit. 

Langkah pertama, pastikan jarak antar kabel penghubung banyak komponen (transmisi) tidak berjauhan dengan subwoofer amplifiernya, ini bermaksud agar memudahkan pemilik mobil melakukan proses pemasangan. Subwoofer amplifier sendiri memiliki fungsi sebagai penguat sinyal suara yang berbentuk cenderung melingkar.

Langkah kedua, dari sekian kabel maka hubungan kabel remote dengan head unit dan kabel plus dengan accu mobil. Langkah ketiga, setel bagian rear speaker menggunakan low pass filter atau LPF. Terakhir, pasanglah sekering pada aki mobil dan pastikan kabel yang sudah terpasang tersusun rapi.

2. Merakit Speaker Subwoofer Bazooka untuk Audio Mobil

Speaker subwoofer bazooka mulanya merupakan speaker rumah yang disulap menjadi audio mobil dan konon katanya memiliki fitur multimedia. Artinya, speaker rakitan ini bisa memiliki suara yang beragam. Mulai dari nada rendah, menengah, dan tinggi, yang dikenal  dengan sebutan full range. 

Cara Merakit Audio Mobil yang Benar
Cara Merakit Audio Mobil yang Benar

Langkah pertama, agar praktis siapkan power 150 watt OCL yang sudah jadi, kemudian buatlah filter subwoofer dengan menggunakan tegangan 12 volt dan 0 volt. Ketiga, rangkailah kabel dengan beberapa komponen seperti filter, kapasitor, dan power amplifier pada box speaker subwoofer bazooka.

Keempat, setelah semua komponen utuh masukan tiga buah kabel, yakni kabel 12 volt, 0 volt, dan remote pada head unit (HU) yang merupakan perangkat hiburan pada mobil. Terakhir, sambungkan power subwoofer bazooka dengan lighter yang sudah dirangkai sebelumnya.

3. Merakit  Speaker Simbadda untuk Audio Mobil

Perlu diketahui speaker simbadda adalah merek produk buatan tanah air yang cukup populer di pasaran. Speaker ini memiliki audio suara yang keras, sehingga sangat cocok untuk memutar musik rock dan metal. Selain itu penggunaan speaker ini tidak memakan daya aki yang terlalu banyak. 

Langkah pertama, buka speaker aktif simbadda guna menemukan rangkaian adaptor atau tegangan dari AC ke DC. Kedua, sisakan dua kabel untuk arus listrik DC selebihnya potong dan buang kabel di sekitar adaptor. Terakhir, sambungkan kabel yang sudah ditentukan dengan aki maka speaker sudah bisa diaktifkan.

4. Merakit  Speaker Rumah untuk Audio Mobil

Daya kreativitas sang pemilik mobil sangat diuji disini. Sebab speaker rumahan mesti disulap menjadi speaker untuk interior audio mobil. Mulai dari tata letak speaker sampai komponen dari dalam speaker rumah mesti dimodifikasi dengan cara dirakit sedemikian rupa. 

Langkah pertama, lepaskan trafo atau perangkat statis yang mentransferkan energi listrik sebanyak 220 V dengan arus AC di dalamnya. Kedua, ganti trafo dengan jalur paralel menggunakan power inverter DC ke AC. Ketiga, sambungkan power inverter tadi ke aki mobil. Keempat, tambahkan tweeter untuk memproduksi frekuensi audio yang lebih tinggi. Terakhir, pindahkan sensor remote pada speaker aktif ke bagian muka mobil agar lebih praktis.

5. Merakit Speaker Komputer untuk Audio Mobil

Alat dan bahan untuk merakit speaker komputer pada audio mobil cukup mudah didapatkan. Seperti, hanya perlu menyediakan tang potong, tang lancip, obeng, lem, kabel, multitester, baut, dan pastinya speaker komputer. Adapun cara merakit audio mobil yang benar dari speaker komputer:

Langkah pertama, gunakan alat multitester untuk mencari arus DC (Direct Current) pada kabel yang ada di kabin mobil. Kedua, masih menggunakan alat yang sama maka carilah kabel speaker disana dengan cara memutar saklar pada multitester ke posisi X1.

Ketiga, jika kabel s sudah terpasang maka sambunglah dengan power mobil. Terakhir, pastikan kabel rem dihubungkan dengan tape mobil  dan juga memasang kabel RCA dan kabel subwoofer pada power mobil yang sudah di pasang sebelumnya.

Nah itulah Sobat GAET mo rakit audi yg benar agar suara terdengar berkualitas. Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi buat para pemilik mobil yang ingin berkreasi dan ingin mengganti interior audio mobilnya.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.