Yuk Intip 6 Penyebab Air Radiator Mobil Keluar Terus Dari Selang | GAET.co.id

Yuk Intip 6 Penyebab Air Radiator Mobil Keluar Terus Dari Selang

GAET Otomotif – Radiator merupakan salah satu bagian terpenting pada mobil. Hal ini berkaitan dengan fungsinya sebagai pendingin dan menjaga suhu di mesin tetap stabil. Biasanya diletakkan di mobil bagian depan agar  saat berjalan terkena angin sehingga membantu pendinginan. Namun, terkadang sering ditemukan volume air  di radiator berkurang dengan cepat. Yuk Sobat GAET, kenali penyebab air radiator mobil keluar terus dari selang.

Air radiator yang cepat habis tentu akan mempengaruhi kinerjanya. Apabila hal ini terjadi  terus menerus akan berdampak buruk pada mobil. Pasalnya, jika radiator tidak dapat bekerja optimal maka mesin menjadi cepat panas  bahkan bisa sampai berasap dan meledak. Oleh karena itu, penting mengenali sejak dini apa saja yang membuat air radiator terus berkurang. Berikut ulasannya:

1. Water Pump Mengalami Kebocoran

Water pump berfungsi untuk memompa air sekaligus mensirkulasikannya pada mesin. Apabila water pump bocor maka air radiator akan menurun drastis dan jumlah air yang terbuang menjadi semakin banyak. Kebocoran bisa terjadi karena pemakaian yang sudah lama.

cek radiator mobil yang bocor

Kebocoran tersebut dapat dicegah dengan melakukan perawatan secara rutin. Misalnya  menguras air di radiator selang dua bulan sekali. Tujuannya agar mencegah pengendapan karat. Pastikan juga air yang digunakan berkualitas agar performa water pump semakin optimal.

2. Tutup Radiator Rusak

Pada umumnya radiator dilengkapi dengan tutup yang didesain bisa tahan terhadap panas dan memiliki pengunci tekanan. Dengan demikian, saat ada tekanan karena suhu tinggi tutup tersebut tidak akan terbuka. Salah satu tanda  tutup radiator sudah rusak adalah air radiator cepat habis.

Penyebabnya adalah daya kunci pada tutup radiator sudah melemah karena karetnya rusak. Hal ini mengakibatkan  air semakin cepat mengalir ke tabung cadangan. Cara mengatasinya dengan mengganti tutup radiator yang baru.

3. Sirip Radiator Bocor

Kebocoran pada bagian ini sulit untuk dideteksi karena biasanya air akan langsung menguap sehingga tidak ditemukan air yang menetes. Oleh karena itu, sebaiknya sirip radiator dicek rutin karena merupakan salah satu penyebab air radiator mobil keluar terus dari selang. Cara mengatasinya yaitu diperbaiki di bengkel yang terpercaya.

4. Thermostat Bermasalah Dan Kotor

Apabila sirkulasi air pada radiator terdapat kendala dan tidak berjalan lancar maka bagian thermostat mengalami gangguan. Contohnya thermostat tidak bisa terbuka ketika suhu kerja dari mesin sudah mencapai batas maksimal sehingga mesin menjadi overheat.

Penyebab lainnya adalah thermostat  bengkok dan kotor sehingga menyumbat sirkulasi air. Alhasil, air akan menguap dan hilang sia-sia akibat panas yang berlebihan pada mesin. Semua itu tidak akan terjadi apabila dilakukan perawatan secara berkala.

5. Kipas Radiator Melemah

Putaran kipas yang melemah akan membuat air di radiator habis dengan sangat cepat karena peningkatan suhu. Faktor penyebabnya antara lain carbon brush habis dan posisi magnet yang terdapat pada kipas terlepas atau bergeser. Apabila masalahnya adalah carbon brush maka harus menggantinya, namun jika penyebabnya komponen yang bergeser maka cukup diperbaiki posisinya saja.

6. Selang Radiator Bermasalah

Apabila pemasangan selang radiator kurang rapat maka air di dalamnya mudah keluar. Selain itu, perhatikan  bagian selang apabila kondisinya lembek maka sudah tidak layak pakai dan sebaiknya diganti selang yang baru agar air tidak bocor lagi.

Penyebab air radiator mobil keluar terus dari selang sangat banyak, oleh karena itu solusi untuk mencegahnya adalah selalu mengecek bagian tersebut dan rutin merawatnya. Dengan demikian, air tidak akan habis dalam waktu cepat, radiator pun berfungsi dengan baik dan mesin mobil menjadi tidak mudah rusak.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.