Cara Mengatasi Lampu Motor Tiba-Tiba Mati dan Tips Sederhana Agar Lampu Awet

Cara Mengatasi Lampu Motor Mati – Lampu motor merupakan komponen yang penting bagi sepeda motor, sehingga harus terus dijaga

kenormalannya. Terutama lampu depan berfungsi untuk membantu pengelihatan pengendara saat malam hari, lampu depan yang menyala normal

juga merupakan salah satu syarat keamanan berkendara. Lampu motor, baik bagian depan maupun belakang, akan menyala apabila sistem

kelistrikan kendaraan termasuk baterai aki, masih berjalan optimal. Namun, tak jarang lampu depan motor mengalami masalah dan sering tiba-tiba

mati ketika dalam perjalanan.

Ketahanan lampu motor pabrikan umumnya bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Tetapi, apabila masalah timbul sebelum waktu yang ditentukan,

maka ada penyebab lain. Masalah ini bisa dialami oleh motor manapun, baik kelas atas maupun kelas bawah. Sebelum megecek lebih dalam,

pengendara lebih baik mengecek baterai aki terlebih dahulu. Baterai aki yang habis merupakan penyebab utama yang menyebabkan lampu motor

tiba-tiba mati. Apabila baterai aki sudah habis, maka isi ulang atau ganti terlebih dahulu. Akan tetapi, jika masih ada kendala pada lampu motor,

maka periksa lebih dalam penyebab lainnya. Ada beberapa penyebab umum yang membuat lampu depan motor bermasalah atau tiba-tiba mati saat

sedang dalam perjalanan. Nah, apa saja penyebab lainnya dan bagaimana cara mengatasinya? untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

  1. Periksa Kabel

cara mengatasi lampu motor mati

Kabel menyalurkan daya dari sumber listrik ke lampu motor. Bila saluran kabel bermasalah, maka akan menimbulkan masalah pula pada lampu

motor, seperti terlalu redup atau mati. Kabel terkadang putus, meleleh, atau lapisan pelindungnya terkelupas. Periksa dengan seksama saluran kabel

yang menyambung ke lampu depan, apakah ada saluran yang bermasalah atau tidak. Bila ditemukan lokasi kabel yang memburuk, maka potong

bagian kabel tersebut dan ganti dengan kabel khusus motor, dan yang berukuran sama. Bila kabel mengelupas, maka lepas pelindung kabel beberapa

sentimeter lebih panjang. Lalu, gunakan pita listrik yang aman untuk membungkus kembali kabel tersebut. Usahakan untuk membungkus serapi

mungkin agar tidak mudah kembali mengelupas. Selain itu, pertimbangkan untuk mengubah rute kabel agar tidak menggesek tempat yang sama dan

Artikel Terkait :  Cara Gampang Merawat Rantai Motor Agar Tidak Cepat Kendor

membuat kabel kembali terkelupas.

  1. Periksa Bohlam

kenapa lampu motor bisa mati

Bohlam juga kadang mengalami masalah. Terkadang menyala normal saat jarak pendek, namun mati saat menghidupkan dim, atau sebaliknya.

Bola lampu berfungsi mengubah daya listrik menjadi cahaya. Tegangan listrik yang diserap berbeda-beda, sesuai dengan spesifikasi dari masing-

masing bohlam. Sedangkan, setiap produsen motor punya klasifikasi sendiri-sendiri terhadap tegangan bohlam yang dipakai.

Bola lampu yang dipasang harus sesuai dengan klasifikasi tersebut. Bila memasang bohlam yang menyerap daya terlalu besar atau terlalu kecil,

maka bola lampu tidak akan berfungsi optimal. Informasi mengenai daya bohlam umumnya tertera pada cincin logam bohlam.

Periksa apakah daya yang tertera sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produsen motor. Cek spesifikasi lengkapnya pada buku panduan

pengendara, atau cek di situs resmi produsen.  Selain itu, jika motor anda menggunkan jenis LED,

periksa apakah ada bercak hitam atau warna ganjil lainnya yang menandakan bahwa lampu telah mati/tidak berfungsi.

  1. Periksa Fitting dan Bagian Belakang Lampu

tips memperbaiki lampu motor mati

Terutama pada motor yang menggunakan bohlam biasa, periksa fitting lampu dan bagian belakang bohlam.

Jika ternyata bohlam tidak putus, ada kemungkinan bagian belakang bohlam dan bagian fitting meleleh.

Periksa juga socket sambungan dari fitting lampu ke kabel induk. Karena bisa jadi shocket tersebut kendor atau tidak presisi.

  1. Periksa Saklar Utama/Saklar Dim

Jika kedua komponen di atas ada dalam kondisi baik, maka lanjut periksa saklar utama dan saklar dim (Saklar  lampu jauh dekat),

khusus untuk motor sistem AHO hanya ada saklar dim saja. Cobalah anda lepas saklar-saklar tersebut, kemudian lakukan sambungan langsung pada

shocket saklarnya. Caranya bisa dengan menyelipkan sepotong kabel (kawat) kedalam socket. Dengan cara itu, lampu akan menyala jika masalahnya ada pada saklar.

cara mengatasi lampu motor mati

Dalam situasi darurat, anda dapat membersihkan saklar-saklar tersebut dengan merendamnya sebentar menggunakan bensin.

Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran dan karat yang mungkin mengganggu kinerja saklar. Lalu, pernahkah anda melakukan cara

Artikel Terkait :  Tips Sederhana Cara Memilih Oli Motor Matic yang Bagus

pembersihan seperti itu dan berhasil? Tetapi anda harus ingat, jika saklar dibersihkan menggunakan bensin, pastikan saklar sudah benar-benar

kering sebelum memasangnya kembali, karena jika belum benar-benar kering, dikhawatirkan dapat timbul percikan api dari kelistrikan pada saat

anda menhidupkan saklar tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda menggunakan cairan penetran anti karat untuk membersihkan

saklar, jangan menggunkan bensin. Namun jika anda masih tetap ragu dengan cara pembersihan itu, anda bisa beli saja saklar yang baru.

Untuk harganya tidak mahal, di bengkel umum harganya hanya sekitar Rp10-15 ribuan saja.

Untuk menghindari hal-hal tersebut tentunya anda harus menjaga agar lampu motor tetap berfungsi secara normal dan tetap awet.

Lalu, bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

  1. Gunakan Bohlam Original

blank

Ini teori dasar yang sudah terbukti. Menggunakan bohlam KW (non-original) selain tidak tahan lama, juga sorot cahaya dari sinar lampu tersebut

kurang baik. Yang paling umum, sorot lampu bohlam KW itu “pecah” tidak fokus pada satu arah yang benar. Pecahnya sorot lampu dari bohlam

tersebut selain tidak baik untuk pandangan anda, juga mengganggu (menyilaukan) pandangan pengendara lain dari arah yang berlawanan.

Bohlam aftermarket juga ada yang bagus, tetapi spesifikasinya belum tentu sesuai dengan kelistrikan motor kita.

Oleh karena itu, gunakanlah bohlam original yang memang sesuai spesifikasi kendaraan motor anda.

  1. Gunakan Lampu Dim Jarak Jauh di Siang Hari

blank

Biasanya bohlam cenderung akan lebih cepat mati pada sorot jarak dekatnya, hal itu Itu wajar karena kebanyakan orang lebih sering menggunakan

lampu jarak dekat, baik siang hari ataupun malam hari. Menggunakan lampu dim jarak jauh pada siang hari dan menggunakan lampu jarak dekat

pada malam hari terbukti membuat bohlam lebih awet. Hal itu logis karena adanya keseimbangan pemakaian pada kedua sorot lampu.

Penggunaan lampu jauh disiang hari tentu karena pada siang hari sorot lampu tidak akan menyilaukan pengendara dari arah yang berlawanan, meskipun sorot lampu yang digunakan adalah lampu dim (lampu jauh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami