Cara Mengatasi Busi Motor Basah Menyebabkan Motor Mogok

Mengatasi Motor Mogok Karena Busi Basah – Salah satu penyebab motor sobat mogok ketika melewati jalanan yang tergenang air atau kehujanan, karena busi motor sebagai pembakar uap bahan bakar tidak berfungsi dengan baik alias busi motor basah, ketahui cara apa saja untuk mengatasi motor mogok disebabkan oleh busi yang terkena oli atau air, agar tidak kerepotan jika ini terjadi.

Sobat jangan panik ketika mendapati motor sobat mogok di jalan, pertama lepaskan bagian busi lalu keringkan dengan lap bersih dan kering, gosok permukaan busi sampai benar-benar kering, jika busi hitam kering tandanya busi harus segera diganti dengan yang baru, jangan sampai busi motor basah dan hitam dibiarkan, motor mogok sobat tidak akan bisa jalan.

Salah satu penyebab busi motor basah selain karena kemasukan air, bisa juga kena oli karena adanya kompnen yang bocor, segera cek jika oli sudah membasahi busi tandanya ada komponen motor yang rusak, jika busi basah maka motor akan susah hidup dan cepat mati baik motor 2 tak atau jenis motor injeksi lainnya.

4 Cara Mengatasi Busi Motor Basah Dan Cepat Mati Penyebab Motor Mogok

Cara mengatasi elktroda busi hitam basah motor mogok

1. Lepas busi dari tempatnya

Semacam disebut di awal, sehabis melampaui banjir ataupun bualan air, mungkin motor akan mogok serta mungkin besar ini sebab busi berair. untuk mengantisipasi hal itu terjadi maka setelah melewati jalanan yang ada air menggenang maka lepas busi lalu keringkan, dan jangan sampai lupa untuk menutup kembali lubang busi di daerah mesin dengan kain bersih dan kering ya sob.

 2. Lekas lap busi dengan lap kering bersih

Bila telah di bebas serta kalian tutup lubang tempat menaruh busi di mesin, hingga lekas lap busi paling utama bagian eletrodanya dengan kain kering yang bersih. Dapat pula, kalian meniup busi yang berair supaya mempercepat cara pengeringan.

 3. Jika busi telah kering, gosok permukaan busi

Nah, jika busi telah kering hingga maanfaatkan gosok gigi ataupun ampelas lembut buat mensterilkan akhir elektroda ataupun kepala busi. Perihal ini butuh dicoba buat membersihkan kotoran yang melekat, yang dikenal sering menimbulkan kegiatan busi jadi tak maksimal.

4. Saat sebelum dipasang, jalani pembersihan lagi paling utama di bagian lubang

Jadi, saat sebelum busi kembali dipasang jalani pengasingan uap air yang bisa jadi sedang terdapat di mesin paling utama lubang busi. Triknya merupakan janganlah mencabut dahulu kain yang dipakai buat menutup lubang busi, setelah itu mengaktifkan motor dengan cara buku petunjuk dengan kick mengaktifkan dalam situasi kunci off. Jalani kesekian hingga kalian percaya lubang telah bersih dari air.

Setiap adanya masalah pasti ada solusi yang bisa sobat lakukan, tetap tenang jika motor mogok saat jalan yaa, jangan panik tetap lakukan perawatan secara rutin agar tidak adanya komponen yang beramasalah yang bisa mengakibatkan motor mati dan tidak bisa dihidupkan.

Dengan melakukan servis rutin maka motor sobat akan selalu sehat dan meminimalisir munculnya kendala, tingkatkan sistem keamanan motor anda dengan memasang gps untuk motor yang memiliki akurasi tinggi, anda bisa pantau dari hp jika motor dipinjam atau dibawa orang lain secara realtime lho, keren kan? Iyaa dong pastinya, banyak fitur selain melacak motor juga kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.