5 Cara Membersihkan Mesin Motor yang Berkarat, Hasilnya Menakjubkan

Cara Membersihkan Mesin Motor yang Berkarat – Bagian terpenting dari motor dengan alumunium dan baja tidak peduli seberapa baik bahan digunakan untuk membuat mesin motor itu, karat tetap tidak dapat dihindari dengan mudah. Semua orang memikirkan banyak sekali cara membersihkan mesin motor  berkarat dan menjaganya tetap berkilau. Bahkan pengendara motor berpengalaman sekalipun harus berjuang keras untuk melakukannya.

Bahkan sisa-sisa sabun  tertinggal saat mencuci motor dapat menambah masalah pada perkaratan. Beberapa pengendara merekomendasikan wax untuk menjauhkan bagian luar dari karat. Namun cara tersebut tidak terlalu efektif dalam jangka panjang.

Berikut 5 cara membersihkan mesin motor berkarat dengan cepat ampuh dan efektif :

 

1. Air Cola dan Alumunium Foil

Pertama, tuangkan sedikit air cola langsung ke bagian berkarat. Kemudian, bulatkan selembar kertas aluminium foil lalu gunakan untuk membersihkan karat. Gosok secara memutar dan merata sampai karat menghilang. 

Alumunium foil tidak akan menggores krom motor namun cukup abrasive untuk menghilangkan karat. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat lalu lap dengan lap kering sampai bersih.

2. Amplas

Ketika ada karat pada blok mesin motor sedikit saja, segeralah membersihkannya dengan menggunakan amplas. Namun berhati-hatilah saat menggunakan amplas.

Pastikan untuk tidak menggosok cat dari body motor dan menyebabkannya ikut hilang. Jika tidak sengaja melakukannya, maka untuk menjaga penampilan motor tetap bagus, cat kembali bagian tersebut.

Cara membersihkan mesin motor yang berkarat
Cara membersihkan mesin motor yang berkarat

3. Cuka

Ya, ada banyak sekali kegunaan dari cuka. Menghilangkan karat pada mesin motor adalah salah satunya. Tuang cuka ke pada bagian  berkarat, atau rendam bagian-bagian kecil seperti mur atau baut ke dalam cuka.

Biarkan selama 15-20 menit. Lalu gosok dengan sikat yaa…

Setelah itu bilas dengan air atau lap dengan kain lembab hingga bersih. Hampir sama seperti air cola, cuka juga mengandung asam  bisa berbahaya bagi logam jika tidak dibersihkan dengan baik.

4. Pasta Gigi

Kegunaan pasta gigi  jarang diketahui orang adalah pasta gigi bisa menghilangkan noda karat. Begitu juga noda karat pada mesin motor. Oleskan pasta gigi pada kain lembab dan gosokkan pada bagian mesin motor  berkarat. Lalu bilas terlebih dulu sebelum dicuci. 

Atau dapat juga gosokkan pasta gigi langsung pada karat kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu baru bersihkan sampai karat benar-benar hilang. Cara ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali agar karat dapat benar-benar bersih. Gunakan jenis pasta gigi putih non-gel untuk hasil  maksimal.

atau bisa anda gunakan bahan penghilang karat yang ada di rumah seperti sunlight ataupun vixal

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Baret Pada Motor Doff, Mudah dan Berhasil!

5. Bahan Kimia Penghilang Karat

Beberapa jenis bahan kimia ini sangat kuat dan harus sangat hati-hati saat menggunakannya.  Bahan kimia penghilang karat  paling umum digunakan adalah asam fosfat.

Larutan tersebut menciptakan reaksi kimia saat diaplikasikan pada karat dan mengubahnya menjadi senyawa  larut dalam air  dapat dibersihkan dengan cepat dan mudah.

Membersihkan motor dengan bahan kimia penghilang karat adalah cara membersihkan mesin motor  berkarat paling efektif serta cepat bekerja. Tetapi penting untuk diketahui bahwa bahan tersebut sangat beracun.

Jika memilih metode ini, harap perhatikan bahan kimia  ada dalam produk dan perhatikan instruksi  diberikan dengan tepat. Jika perlu, gunakan sarung tangan, masker, sepatu, kaos lengan panjang, dan celana panjang saat menggunakan bahan kimia jenis ini.

Demikianlah cara membersihkan mesin motor berkarat murah meriah. Namun sebenarnya masih ada banyak cara lagi  dapat digunakan. Beberapa sangat ampuh namun mahal dan cukup berbahaya.

Beberapa lagi tidak begitu ampuh dan perlu pengulangan konsisten. Jadi, pilihlah cara  benar dengan pertimbangan dari banyak sisi untuk menjaga performa motor tetap baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.