5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Pada Malam Hari, Mudah Dilakukan! | GAET.co.id

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Pada Malam Hari, Mudah Dilakukan!

Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun – Salah satu hal yang sering diremehkan adalah masalah embun pada kaca mobil. Meski terdengar sepele namun nyatanya hal ini cukup membahayakan penggunanya. Embun pada mobil terkadang terjadi di malam hari. Namun jangan khawatir sobat GAET

berikut ini adalah cara mengatasi kaca mobil berembun di perjalanan malam :

 

1. Menghidupkan AC

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghidupkan AC. AC akan mengubah suhu udara menjadi dingin, meski di luar terasa panas. Dengan menyalakan AC embun pada mobil akan hilang. Bahkan jika dimungkinkan bisa mengatur kondisi AC ke posisi suhu yang paling rendah. Maka dengan begitu embun akan cepat hilang. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk mengatasi embun pada bagian dalam mobil saja.

2. Meletakkan Silica

Cara mengatasi kaca mobil berembun pada malam hari bisa juga dengan menggunakan silica atau produk lain yang bisa menyerap uap air. Oleh karenanya diharapkan kondisi mobil tidak lagi berembun. Pastikan juga untuk menjaga suhu dalam mobil tetap kering.

cara mengatasi kaca mobil berembun
cara mengatasi kaca mobil berembun

Usahakan juga untuk tidak menyimpan barang atau benda yang mengandung air, seperti diantaranya payung habis pakai atau sepatu basah. Karena hal ini juga menjadi penyebab adanya embun dalam mobil. Serta parkirkan mobil di tempat yang teduh dan tidak lembab.

3. Mengaktifkan Fitur Defrost / Defogger

Kebanyakan mobil canggih saat ini sudah dilengkapi dengan fitur yakni Defrost dan Defogger. Fitur ini sendiri bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilator Defrost secara umum terletak di kedua sisi paling ujung dari dasbor. Sedangkan bila embun terjadi di bagian belakang mobil. Maka pengguna bisa menggunakan tekan Tombol penghilang embun.

4. Memberikan Cairan Anti Embun

Jika tidak ingin repot atau apabila mobil yang dimiliki tidak mempunyai fitur Defrost atau Defogger. Maka pengguna bisa menggunakan cairan anti embun. Cairan sejenis ini sudah banyak dijual di banyak toko variasi mobil.

Harganya sendiri juga bervariasi tergantung kualitas produknya. Cara penggunaan nya juga sangat mudah. Yakni dengan menyemprotkan cairan tersebut dan ratakan ke bagian kaca mobil, lalu usap dengan kain bersih atau kanebo. Dengan cara ini mobil akan terhindar dari embun di waktu siang maupun malam hari.

5. Menggunakan Shampo

Cara lain yang bisa dilakukan apabila tidak memiliki cairan anti embun adalah dengan menggunakan shampo. Shampo ternyata bisa menghilangkan kaca mobil berembun. Hal ini lantaran shampoo mempunyai unsur PH yang berfungsi untuk mengeringkan uap.

Adapun caranya juga sangat mudah. Ambil sedikit shampo lalu oleskan ke bagian mobil dengan menggunakan kain bersih. Usahakan untuk mengusap searah untuk mencegah kaca agar tidak buram. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi dan menghilangkan embun pada kaca mobil.

6. Buka Kaca Dan Jendela Mobil

Yang terakhir yakni dengan membuka kaca dan jendela mobil. Hal ini bertujuan agar udara dari luar bisa masuk ke dalam. Sehingga diharapkan bisa menghilangkan embun yang menempel pada kaca mobil. Sirkulasi udara penting untuk pengendara dan juga berfungsi untuk mencegah adanya embun. Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan. Namun tentu tidak disarankan dilakukan pada waktu hujan.

Itulah beberapa cara mengatasi kaca mobil buram di malam hari. Sudah seharusnya pengendara sadar akan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Dengan mengabaikan hal sepele seperti ini, tidak jarang membuat pengendara celaka. Karena berkendara dengan keadaan kaca mobil berembun tentu mengganggu pandangan mata saat menyetir. Semoga bisa menjadi referensi dan sebagai pengetahuan untuk pengguna mobil di luar sana.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.