Penyebab Ban Mobil Pecah Secara Tiba-Tiba Saat di Jalan Tol | GAET.co.id

Penyebab Ban Mobil Pecah Secara Tiba-Tiba Saat di Jalan Tol

Penyebab Ban Mobil Pecah – Mobil adalah kendaraan beroda empat yang digunakan untuk mempermudah seseorang dalam membawa banyak barang atau orang. Semakin majunya zaman banyak mobil dengan kualitas yang lebih baik setiap tahunnya.  Ban mobil yang digunakan harus memiliki kualitas baik agar perjalanan seseorang berjalan lancar. Namun banyak kejadian yang menjadi penyebab ban mobil pecah baik faktor eksternal maupun internal.

Pada umumnya mobil memiliki kapasitas besar untuk angkutan bebannya. Selain itu mobil juga digunakan untuk menjadi lebih stylish. Salah satu hal yang paling penting dalam kendaraan mobil adalah bannya yang elastis dan kuat. Ban berasal dari karet yang kuat untuk menahan aspal yang panas dan juga hancur.

Sebagai pemilik kendaraan beroda empat seperti mobil harus lebih memperhatikan kan bannya agar perjalanan menjadi lancar. Salah satunya dengan melakukan servis yang rutin di bengkel resmi. Kondisi jalanan membuat ban mobil terkikis secara perlahan sampai kawat ban pun ikut keluar, sehingga menimbulkan ban lebih mudah pecah.

Langsung saja penyebab ban mobil pecah secara tiba-tiba, berikut ini.

  1. Kondisi Ban Yang Tidak Diperhatikan

Hal pertama yang paling sering terjadi adalah kondisi ban yang tidak diperhatikan oleh pemiliknya. Setiap barang termasuk mobil harus diperhatikan agar lebih nyaman dalam perjalanan dan dan tidak mengeluarkan biaya besar. 

Penyebab ban mobil pecah
Penyebab ban mobil pecah

Bisa berbahaya ketika mobil pecah ban di tol akibat dari tekanan udara dalam ban biasanya diisi secara berlebihan atau kurang. Selain itu adanya batu yang menempel di rongga ban mobil yang jarang diperhatikan menjadi salah satu terjadinya ban pecah.

  1. Terkena Benda Tajam

Selanjutnya terkena benda tajam menjadi salah satu penyebab ban mobil pecah secara tiba-tiba. Kondisi jalanan yang tidak dapat diperkirakan sehingga adanya benda tajam yang membuat ban mobil menjadi sobek samping. Salah satunya seperti paku yang berada di jalanan atau pecahan kaca yang tersebar. Jika kondisi ban sedang tidak baik dan mengenai benda tajam akan pecah secara tiba-tiba.

  1. Ban Yang Menipis

Mobil yang sudah lama digunakan akan memiliki ban yang tipis karena banyaknya perjalanan yang ditempuh. Panas aspal yang terkena matahari membuat ban menjadi tipis setiap harinya. Ketika ban semakin tipis maka ban mobil akan mudah pecah secara tiba-tiba. Untuk itu perhatikan ban mobil atau lakukan pengecekan rutin dalam beberapa bulan sekali.

  1. Melebihi Kapasitas Bawaan

Mobil dapat membawa banyak barang atau orang namun mobil juga memiliki kapasitas beban bawaan. Sebagai pemilik mobil harus mengetahui kapasitas beban yang dapat ditanggung mobil Selama perjalanan dekat dan jauh. Kapasitas yang berlebihan akan mempengaruhi bahan sehingga membuat ban mobil meletus tiba tiba di siang hari saat bawa muatan berlebih.

  1. Penggunaan Mobil Terlalu Keras

Salah satu penyebab Ban mobil pecah secara tiba-tiba adalah penggunaan mobil yang terlalu keras atau kasar. Hal ini terjadi ketika pengguna mobil membawanya dalam kecepatan yang tinggi lalu mendadak melakukan rem secara tiba-tiba. Ban mobil akan terhentak mengenai jalanan yang belum tentu minim resiko sehingga akan pecah secara tiba-tiba.

  1. Menggunakan Tambalan Cacing

Ketika ban mengalami kebocoran maka pemilik mobil otomatis mencari bengkel terdekat untuk melakukan tambal cacing. Adalah penutupan lobang pada ban dengan metode tusuk dan menyelipkan karet. Melakukan tambalan cacing yang terlalu sering akan membuat ban pecah secara tiba-tiba. Maka pastikan setelah melakukan penambalan untuk mengganti ban mobil.

Itulah beberapa cara menghindari pecah ban mobil yang bisa terjadi karena faktor internal dan juga eksternal. Faktor internal berasal dari pemilik mobil itu sendiri yang kurang memperhatikan kondisi bannya. Dan faktor eksternal adalah penyebab yang terjadi jadi akibat benturan, kondisi jalan, benda tajam yang dapat membuat ban pecah.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.