Berikut merupakan batas aman sepeda motor untuk terobos banjir | GAET.co.id
Peristiwa, industri dan teknologi otomotif terlengkap Indonesia

Berikut merupakan batas aman sepeda motor untuk terobos banjir

GAET OTOMOTIF | Berita Otomotif Terlengkap– Beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Jakarta mengalami debit air hujan yang sangat tinggi selama beberapa hari ini. Yang mana mengakibatkan beberapa pengendara motor harus menerjang banjir yang sudah terjadi di jalan raya.

Beberapa kondisi motor yang terpaksa menerjang banjir menjadikan mesin motor dapat mati yang mana menjadikan motor tersebut mengalami kerusakan.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, jika terpaksa harus melintasi jalan yang tergenang banjir sebaiknya mengetahui ketinggian air terlebih dahulu. Pastikan ketinggian air masih aman untuk dilewati atau tidak melebihi tinggi dari ujung knalpot sepeda motor. “Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot sepeda motor masih aman melintas di lokasi yang banjir,” kata Endro kepada Kompas.com.

Tetapi, Endro menambahkan, jika ketinggian air dirasa melebihi dari lubang ujung knalpot sebaiknya pengendara tidak memaksakan untuk melintasinya. Hal ini cukup berisiko dan bisa saja sepeda motor mengalami mati mesin ketika dipaksa melewati genangan air yang cukup tinggi.

“Jika ketinggian air melebihi batas maksimal yakni ujung knalpot, sebaiknya pengendara tidak perlu memaksakan untuk melintasinya,” ucapnya. Apabila sepeda motor sudah mengalami mogok ketika melintas di jalan yang tergenang, sebaiknya juga tidak langsung dihidupkan.

“Jika air melebihi batas ketinggian yang aman, lebih baik motor jangan langsung dinyalakan. Dikhawatirkan ada air yang masuk ke bagian kelistrikan dan mesin,” tuturnya.

Sebelum melintasi jalanan untuk pengendara motor disarankan untuk melewati jalanana yang aman. Agar motor dapat berkendara dengan aman dan tidak mengalami kerusakan motor.

Berita Terkait
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.