Beginilah Cara Membersihkan Mesin Mobil Paling Efektif dan Murah

Cara Membersihkan Mesin Mobil – Merawat mobil adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil, hal ini bertujuan agar kondisinya tetap maksimal. Perawatan mobil sendiri terdapat bermacam-macam diantaranya servis, ganti oli, cek angin, membersihkan dan mencuci mobil bagian eksterior dan interior. Selain itu pada bagian mesin mobil juga tidak ketinggalan untuk dilakukan pembersihan.

Menyoal membersihkan, kebanyakan orang hanya memberikan perhatian lebih pada kebersihan eksterior dan interior mobilnya saja, padahal mesin mobil juga membutuhkan perhatian yang khusus juga. Kadangkala mesin Mobil tidak dibersihkan oleh pemiliknya dengan alasan tempatnya tertutup dan tidak terkena kotoran.

Padahal jika tidak dibersihkan akan ada debu dan kotoran yang menempel yang semakin lama semakin banyak dan mengganggu kinerja dari mesin mobil. Oleh sebab itu sangatlah perlu untuk membersihkan mesin mobil supaya kondisi mesin mobil tetap prima, awet, dan tidak mudah timbul karat.

Berbeda dengan cara membersihkan bagian eksterior dan interior mobil yang sudah umum diketahui cara membersihkannya, ada cara khusus yang perlu diketahui ketika anda ingin membersihkan mesin mobil. Sebenarnya membersihkan mesin mobil ini tidak perlu biaya yang mahal.

Oleh karena itu, simak ulasannya berikut ini mengenai cara membersihkan mesin mobil yang paling efektif dan tentunya murah agar anda tidak salah langkah:

Panaskan Mesin Mobil

Hindari membersihkan mesin mobil dalam keadaan mesin dingin terlalu lama atau mobil sudah lama tidak digunakan. Sebab, kotoran yang menempel pada mesin yang dingin sangat sulit dibersihkan. Oleh karena itu, panaskan terlebih dahulu mesin mobil selama 15 menit dan diamkan sebentar.

Setelah itu, barulah membersihkan mesin mobil bisa dilakukan. Hal ini akan memudahkan anda membersihkan kotoran yang membandel pada mesin.

Gunakan Sarung Tangan

Kotoran pada mesin mobil berbeda dengan kotoran pada bagian eksterior maupun interior mobil. Terdapat zat-zat berbahaya yang mungkin saja bila terkena tangan akan menimbulkan alergi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal itu gunakan sarung tangan saat ingin membersihkan mesin mobil menjadi solusi yang sangat tepat.

Selain itu, menggunakan sarung tangan saat membersihkan mesin mobil juga berguna agar tangan tidak tersetrum komponen yang memiliki daya listrik dan tangan juga terlindung dari panasnya mesin mobil.

Bungkus Bagian Mesin yang Memiliki Daya Listrik

Sebelum membersihkan mesin mobil, sebaiknya bungkus komponen-komponen mesin yang memiliki daya listrik. Anda bisa menggunakan alumunium foil atau benda lain untuk membungkusnya. Ini perlu dilakukan agar mesin tetap aman dan tidak kemasukan air yang bisa menyebabkan konsleting listrik pada mesin.

Siram dengan Air Bertekanan Rendah

Agar mudah mencucinya, gunakan selang untuk menyemprotkan air. Namun ingat, jangan gunakan air dengan tekanan tinggi seperti pada steam mobil. Ini bisa merusak komponen mesin mobil. Bagian pertama dapat anda bersihkan adalah bawah kap mobil.

Selanjutnya bersihkan satu persatu mesin mobil dengan hati-hati hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel pada mesin mobil.

Gunakan Spon dan Sikat

Untuk mempermudah saat membersihkan mesin mobil, gunakan spon yang lembut. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan goresan-goresan yang akan merusak mesin mobil.

Selain itu, menggunakan sikat kecil atau sikat gigi juga sangat dianjurkan untuk membersihkan area-area mesin yang sulit dibersihkan atau kotoran yang sulit dihilangkan. Namun pilihlah sikat yang lembut dan sikatlah dengan perlahan dan jangan terlalu keras.

Gunakan Sabun Colek

Untuk membersihkan kotoran dan sisa-sisa oli yang melekat pada mesin mobil, gunakan sabun colek yang          memang terbukti ampuh mengangkat dan melarutkan kotoran dan oli sehingga mesin mobil lebih mudah dibersihkan. Hasilnya, mesin mobil akan terlihat bersih, kinclong dan tak ada lagi kotoran yang menempel.

Jangan Sisakan Bekas Sabun

Setelah dibersihkan dengan sabun, jangan sisakan bekas sabun pada mesin mobil. Bilas semua sabun dengan air. Pastikan semua komponen mesin terbebas dari busa sabun.

Setelah itu, lap dengan kain bersih hingga kering. Apabila sudah tutup kap mobil dan hidupkan mesin untuk memanaskan mobil kembali. Dengan begitu, mesin mobil akan lebih cepat kering.

Untuk menjaga kebersihan pada mesin mobil, sebaiknya bersihkan mesin mobil dengan teratur. Buatlah jadwal khusus sebulan sekali atau dua kali untuk membersihkan mobil secara keseluruhan mulai dari bagian eksterior, interior hingga mesin mobil.

Dengan begitu, mobil tidak hanya terlihat bersih dan rapi saja, tetapi kondisi mobil juga terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.